Software Edit Video Ringan di Laptop

Software edit video ringan
5/5 - (1 vote)

LABtekno.com – Software edit video ringan mungkin harus Anda gunakan jika memiliki spesifikasi laptop yang biasa-biasa saja. Apalagi jika laptop Anda sudah tua, tentu sudah tidak sanggup menjalankan program-program baru dengan tuntutan grafis yang mumpuni jelas tak terelakkan. 

Software edit video yang tidak terlalu membebani perangkat biasanya sudah tersedia secara gratis.

Berbeda halnya dengan aplikasi edit video di laptop dengan kualitas terbaik, tentu mengharuskan Anda untuk merogoh kocek yang tidak sedikit.

Misalnya jika Anda ingin membeli Software VideoStudio Pro, maka harus merogoh kocek sebesar 1,1 jutaan. Ada lagi Adobe Premiere Pro, yang populer digunakan untuk mengedit video mengharuskan Anda untuk berlangganan Rp 283 ribuan per bulan atau 3,3 jutaan per tahun.

Dengan budget sebesar itu, apalagi jika Anda adalah kaum mendang-mending, tentu lebih worth it jika menggunakan software gratisan dan laptop seadanya.

Ukurannya yang ringan tidak memerlukan laptop baru dengan harga mahal berspesifikasi tinggi.

Berikut ini beberapa rekomendasi software edit video ringan di laptop:

Blender

Blender

Software edit video ringan untuk laptop yang pertama adalah Blender. Perangkat lunak ini dapat diakses secara gratis dengan kapasitas ringan, yaitu sekitar 128 MB hingga 190 MB saja.

Anda dapat mengaksesnya melalui semua jenis sistem operasi, baik itu Windows, Linux, maupun Mac.

Fitur-fitur yang tersedia juga sangat lengkap, sudah menyerupai aplikasi kelas pro yang berbayar.

Kebutuhan editing dasar seperti memotong video hingga proses editing yang rumit sekalipun tersedia di dalamnya. 

Adapun beberapa fitur lainnya seperti Live Preview, Audio Mixing, Syncing, Srubbing, dan Waveform Visualization.

Baca Juga  Software Kasir Minimarket Gratis Terbaik

Tersedia juga 32 slot yang berguna untuk menambahkan video, gambar, audio, scene, masks dan effect. Sehingga Anda lebih leluasa saat melakukan editing video.

Lightworks

Jika Anda mencari software ringan dengan paket kreatif video yang lengkap, maka Lightworks adalah pilihan yang tepat.

Apalagi jika ingin membuat video untuk keperluan channel YouTube maupun upload video TikTok yang membutuhkan video dengan resolusi tinggi. Lightworks mampu menggarap proyek film 4K.

Perlu diketahui bahwa software tersebut dapat diakses secara gratis dengan kapasitas yang ringan, yaitu 67MB hingga 90 MB saja. Tergantung sistem operasi yang digunakan, mulai dari Windows, Linux hingga Mac.

Avidemux

Avidemux

Jika software di atas masih terasa berat, maka cobalah software edit video yang lebih ringan lagi, yaitu Avidemux. Software tersebut dapat digunakan secara gratis untuk Windows dan Mac.

Anda dapat mengaksesnya secara gratis dengan ukuran aplikasi hanya 28MB hingga 39MB saja.

Tampilan interfacenya juga sangat sederhana, sehingga mudah dipahami oleh pemula sekalipun.

Adapun beberapa fitur yang ditawarkan oleh Avidemux, antara lain seperti de-noising filter, sharpening dan encoding.

Namun sayangnya, aplikasi ini minim dengan efek dan transisi. Hal tersebut akan kurang cocok jika Anda sangat mementingkannya di video Anda nantinya.

Perlu diketahui juga bahwa meskipun software ini gratis, namun hasil import video nantinya tidak memiliki watermark.

VSDC Free Video Editor

VSDC Free Video Editor

Software edit video ringan untuk laptop selanjutnya adalah VSDC Free Video Editor. Perangkat lunak tersebut layak Anda coba untuk menghasilkan video menarik. 

Anda dapat mengatur efek audio dan visualnya dengan mudah. Sebab aplikasi tersebut menawarkan tampilan antarmuka yang sederhana, sehingga mudah dimengerti oleh pemula sekalipun.

Baca Juga  Aplikasi Browser Tanpa Blokir

VSDC Free Video Editor dapat diakses secara gratis dengan ukuran yang tergolong ringan, yaitu 76 MB saja. Fitur yang ditawarkan juga termasuk lengkap, seperti transisi, efek dan pengeditan non-linear.

Demikian beberapa rekomendasi software edit video ringan di laptop terbaik yang layak Anda coba. Tak perlu membeli perangkat baru untuk mengakses software terbaik dan berbayar. Anda hanya perlu menggunakan laptop lama Anda dan mengunduh aplikasi yang lebih ringan dan ramah dengan spek perangkat yang Anda miliki saat ini.


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − 7 =

Social Media

Artikel Terbaru

On Key

Artikel Terkait

Cara Melihat Stalker di Instagram

5 Cara Melihat Stalker di Instagram

LABTekno.com – Cara melihat stalker di Instagram bisa dilakukan dengan bantuan tools maupun aplikasi checker. Instagram memang menjadi salah satu media sosial yang paling populer untuk meningkatkan eksistensi. Namun perlu diingat juga bahwa konsekuensinya adalah postingan yang telah dibagikan otomatis

Review ASUS VivoBook 16X OLED

Review ASUS Vivobook 16X OLED, Laptop 4K untuk Konten Kreator

LABTekno.com – ASUS Vivobook 16X OLED merupakan laptop yang diciptakan khusus bagi content creator digital. Semua hal yang dibutuhkan dalam proses pembuatan konten telah mendukung dengan baik. Laptop ASUS Vivobook 16X OLED dikelompokkan menjadi 2 kategori berdasarkan chipset yang digunakan,

Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip

Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip Segera Rilis

LABTekno.com – Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip, dua smartphone terbaru dari Oppo dikabarkan akan segera dirilis. Meski belum ada informasi resmi mengenai tanggal kepastiannya. Namun biasanya Oppo akan merilis produk terbarunya pada pertengahan Desember, yaitu pada acara

Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru

3 Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru dengan Mudah

LABTekno.com – Cara memindahkan kontak ke HP baru bisa dilakukan dengan mudah. Tak perlu menyimpannya satu per satu secara manual. Ada cara yang jauh lebih mudah, praktis dan cepat. Sehingga pekerjaan lebih efisien.  Salah satu masalah yang sering dihadapi ketika

Scroll to Top