6 Software Edit Video PC Gratis Terbaik

Software Edit Video PC Gratis
Rate this post

LABtekno.com – Software edit video PC gratis dapat membantu Anda dalam proses pembuatan video yang menarik. Apalagi sebagai pemula yang masih memiliki keterbatasan modal dan perangkat seadanya.

Bagi seorang pemula, membayar mahal aplikasi edit video terkenal mungkin tidak semua orang dapat melakukannya.

Anda dapat mencoba software edit video gratis terlebih dahulu, tanpa mengeluarkan biaya sepersen pun.

Berikut ini beberapa software edit video PC gratis terbaik yang wajib Anda coba:

Blender 

Rekomendasi software edit video PC gratis terbaik yang pertama adalah Blender. Aplikasi ini sering digunakan oleh para profesional untuk mengedit video dan kompatibel di berbagai perangkat baik itu Windows, Mac, dan Linux. 

Tidak hanya menyediakan fitur dasar seperti memotong dan menyambung video, alasan banyak profesional menggunakan software Blender karena mampu membuat animasi video. 

Lebih jauh dari itu, Blender juga dapat membuat pemodelan 3D, animasi, rendering, simulasi, dan beberapa opsi kompleks untuk pembuatan game dan video.

Meskipun software gratis, Blender menawarkan semua fitur kompleks yang biasanya hanya ditawarkan oleh aplikasi profesional dengan harga mahal.

Blender boleh dikatakan sebagai software edit video PC yang sangat fleksibel, baik untuk pemula maupun profesional. Para pemula mungkin masih membutuhkan beberapa kali latihan untuk menyesuaikan diri dengan masing-masing fitur yang ditawarkan. Anda hanya perlu berlatih dan menonton video tutorial agar pekerjaan Anda dapat lebih maksimal.

Jika Anda tertarik menggunakannya, silakan download software video PC gratis bernama Blender tersebut.

VSDC Free Video Editor 

Jika Anda masih merasa bahwa Blender terlalu rumit dan PC Windows dengan prosesor AMD serta RAM 4GB Anda masih berat menjalankannya, maka rekomendasi software edit video PC gratis selanjutnya adalah VSDC Free Video Editor. 

Baca Juga  Aplikasi Nonton Piala Dunia Qatar 2022

Secara tampilan, VSDC menawarkan skema warna yang menarik dan tidak mengganggu mata, yaitu skema warna abu-abu gelap. Teks dan ikon yang tersedia juga mudah terlihat, sehingga masih nyaman digunakan berjam-jam.

Apabila Anda sering menemui aplikasi edit video yang menyematkan watermark pada hasil editing video. Namun tenang saja, VSDC tidak memiliki batasan waktu atau tanda air (watermark). 

Anda dapat lebih leluasa dalam membuat proyek video dari kombinasi klip video, gambar, dan file audio. 

Video yang mampu dihasilkan VSDC juga cukup bagus, yaitu hingga 1.980 x 1.080 (full HD) dan frame rate maksimum 30 fps. Walhasil, video yang dihasilkan terlihat jernih dan lancar. 

Tidak hanya itu, alasan VSDC pantas direkomendasikan karena software ini juga mendukung format video 3D dan VR 360 derajat. 

Fitur yang memudahkan bagi pengguna VSDC adalah tersedianya mekanisme docking, sehingga panel yang sering digunakan dapat disematkan ke bagian samping untuk akses yang lebih mudah. 

Berbagai fitur basic dalam editing video jelas tersedia di VSDC Free Video Editor, seperti pemangkasan dan pemotongan klip, penerapan efek transisi dan penambahan audio. 

Dengan kata lain, jika Anda masih pemula, software ini sangat direkomendasikan untuk Anda. 

Tertarik untuk menggunakannya? Silakan klik VSDC Free Video Editor download ini.

iMovie 

Aplikasi edit video PC bagi pengguna Apple yang paling populer adalah iMovie. Di dalamnya menawarkan berbagai fitur yang sangat lengkap, seperti organisasi media, gradasi warna, kecepatan, efek layar hijau, narasi, dan soundtrack dalam film. 

Tidak hanya itu, iMovie juga menawarkan fitur untuk memodifikasi dan meningkatkan pengaturan warna video, memotong dan memutar klip video, menstabilkan video yang goyah, menambahkan efek transisi video, dan mengubah kecepatan klip. 

Baca Juga  Aplikasi Edit Foto Kolase Kekinian

Salah satu fitur terbaik dari iMovie adalah efek layar hijau (green screen) yang memungkinkan pengguna untuk mengganti latar belakang warna hijau atau biru menjadi gambar lain sesuai pilihan. Anda dapat mengeksplorasi secara maksimal kreativitas yang Anda miliki tanpa batas. 

Banyak juga musik soundtrack bawaan dan efek suara yang tersedia secara gratis. 

Bagi pengguna Mac atau produk Apple lainnya, iMovie cocok digunakan oleh semua kalangan yang mendambakan editing video secara mudah, sederhana dan praktis.

Shotcut 

Apabila Anda masih belum menemukan software edit video PC gratis yang cocok untuk Anda, maka cobalah aplikasi Shotcut. 

Aplikasi ini nyaman digunakan bagi seorang pemula yang tidak begitu akrab dengan aplikasi edit video. 

Apapun perangkat yang Anda gunakan, baik itu Linux, Mac, Windows, Shotcut sudah kompatible dan gratis digunakan. 

Meski aplikasi ini terlihat cukup sederhana, namun memiliki banyak fitur yang kompleks. 

Semua perintah sudah ditampilkan pada layar sehingga mudah diakses. Anda dapat mengatur panel pada posisi yang diinginkan, atau bahkan dibuat sebagai jendela mengambang, dan panel tambahan dapat dibawa ke depan untuk menambahkan lebih banyak informasi di layar pada satu waktu. 

Tidak hanya itu, yang menarik dari Shotcut adalah mampu mengambil gambar dari kamera web, merekam audio, mendukung resolusi video 4K, filter audio, filter video, transisi video, dan masih banyak lagi. 

Filmora 

Software edit video PC gratis selanjutnya adalah Filmora. Aplikasi ini benar-benar dikenal sebagai software edit video yang mudah digunakan. 

Semua fitur yang Anda butuhkan untuk mengedit video secara teliti telah tersedia di dalamnya. 

Apalagi jika tujuan Anda adalah membuat video tutorial, maka aplikasi ini sangat cocok Anda gunakan. 

Baca Juga  Cara Edit Foto Halu Challenge di PicsArt

Fitur menarik dari Filmora yaitu memiliki fitur efek layar hijau dan pengeditan video 4K. 

Filmora dapat direkomendasikan untuk pemula bahkan profesional sekalipun, karena memiliki desain yang mengesankan dan daftar fitur yang solid. Namun sayangnya, hasil videonya nanti akan ada watermark. 

Jika ingin menghapus watermark dari video tersebut, Anda harus beralih ke versi pro. 

Demikian beberapa rekomendasi software edit video PC gratis terbaik yang layak Anda coba. Pilih salah satu di antaranya, dan selamat mencoba!


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 − one =

Social Media

Artikel Terbaru

On Key

Artikel Terkait

Cara Melihat Stalker di Instagram

5 Cara Melihat Stalker di Instagram

LABTekno.com – Cara melihat stalker di Instagram bisa dilakukan dengan bantuan tools maupun aplikasi checker. Instagram memang menjadi salah satu media sosial yang paling populer untuk meningkatkan eksistensi. Namun perlu diingat juga bahwa konsekuensinya adalah postingan yang telah dibagikan otomatis

Review ASUS VivoBook 16X OLED

Review ASUS Vivobook 16X OLED, Laptop 4K untuk Konten Kreator

LABTekno.com – ASUS Vivobook 16X OLED merupakan laptop yang diciptakan khusus bagi content creator digital. Semua hal yang dibutuhkan dalam proses pembuatan konten telah mendukung dengan baik. Laptop ASUS Vivobook 16X OLED dikelompokkan menjadi 2 kategori berdasarkan chipset yang digunakan,

Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip

Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip Segera Rilis

LABTekno.com – Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip, dua smartphone terbaru dari Oppo dikabarkan akan segera dirilis. Meski belum ada informasi resmi mengenai tanggal kepastiannya. Namun biasanya Oppo akan merilis produk terbarunya pada pertengahan Desember, yaitu pada acara

Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru

3 Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru dengan Mudah

LABTekno.com – Cara memindahkan kontak ke HP baru bisa dilakukan dengan mudah. Tak perlu menyimpannya satu per satu secara manual. Ada cara yang jauh lebih mudah, praktis dan cepat. Sehingga pekerjaan lebih efisien.  Salah satu masalah yang sering dihadapi ketika

Scroll to Top