Rekomendasi Repeater WiFi Jarak Jauh Tahun 2022

5/5 - (1 vote)

Labteno.com – Menggunakan repeater WiFi jarak jauh merupakan salah satu cara mengatasi terbatasnya jangkauan WiFi. Ada berbagai macam fungsi repeater, di antaranya memperluas jangkauan internet, mengoptimalkan sinyal WiFi, mempercepat pengiriman dan penerimaan data, mengurangi penggunaan kabel jaringan, dan pengganti alternatif dari router yang rusak.

Repeater WiFi jarak jauh biasanya digunakan pada area publik, seperti perkantoran, bis, kampus, mal, atau tempat bisnis lainnya. Hal ini disebabkan WiFi tidak menjangkau ke semua ruangan. Lalu bagaimana cara memilih repeater WiFi jarak jauh terbaik?

Tips dan Cara memilih WiFi Repeater Jarak Jauh Terbaik

Ada berbagai macam jenis repeater WiFi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Sebelum merekomendasikan repeater WiFi jarak jauh, perlu diketahui juga beberapa tips memilihnya, antara lain:

Pilih Repeater WiFi Jarak Jauh Dual Band

Jika kebutuhannya ingin memiliki koneksi WiFi yang cepat, sebaiknya pilihlah repeater WiFi jarak jauh dual band karena repeater tersebut dapat menangkap sinyal dari router pada salah satu band dan menyalurkan pada band lainnya.

Biasanya band pertama memiliki frekuensi 2,4GHz dan band kedua memiliki frekuensi 5GHz. Pastikan dual band itu bekerja dengan baik agar performanya maksimal, sebab jika hanya salah satu band yang bekerja maka ada kemungkinan kecepatan koneksi juga melemah.

Baca Juga  Cara Setting Ethernet Windows 10, Gampang

Pilih Tipe Repeater WiFi Jarak Jauh yang Sesuai dengan Tempat Pemasangan

Ada dua tipe Repeater WiFi, yaitu plug-in dan stasioner. Tipe repeater plug-in lebih praktis tanpa adanya kabel atau wireless. Repeater ini dapat langsung dicolokkan ke stop kontak sehingga tidak memakan tempat lebih untuk pemasangannya. Ada juga repeater tipe stasioner yang biasanya digunakan karena letak stopkontak cukup sulit dijangkau.

Pilih Repeater WiFi dengan tombol WPS

Tombol WPS atau WiFi Protected Setup ini akan mempermudah pemasangannya saat pertama kali digunakan. Meskipun biasanya setiap router utama dan repeater WiFi memiliki SSID (Service Set Identifier) yang sama secara otomatis karena adanya gelombang radio yang kuat. Namun, bisa terjadi gangguan sehingga harus mengaturnya secara manual.

Rekomendasi Repeater WiFi Jarak Jauh Terbaik

Ada bermacam-maca merk merk repeater WiFi yang dijual di pasaran dengan harga murah sampai mahal. Berikut beberapa rekomendasi repeater WiFi jarak jauh terbaik tahun 2022:

Xiaomi Extender Pro

Repeater WiFi Xiaomi Extender Pro
Xiaomi Extender Pro

Xiaomi memiliki berbagai produk selain gadget, salah satunya adalah repeater yang diberi nama Xiaomi Extender Pro. Alat ini memiliki dua antena external yang memiliki kekuatan pancar 2dBi sehingga daya tangkap dan daya pancarnya menjadi semakin kuat. Kecepatan transmisinya 300Mbps dan dapat digunakan 16 perangkat secara bersamaan. Repeater juga memiliki fitur update secara otomatis sehingga dapat selalu digunakan dengan update terbaru.

Huawei WS311C WiFi Extender

Repeater WiFi Huawei WS322
Repeater WiFi Huawei WS322

Repeater WiFi Huawei WS322 merupakan tipe Repeater WiFi plug-in tanpa kabel atau wireless, sehingga praktis dan tidak memakan banyak tempat. Huawei WS311C juga memiliki kecepatan yang sama dengan Xiaomi Extender Pro, hingga 300Mbps. Saat fitur WPS pada router Huawei WS311C ini ditekan, maka akan diikuti oleh range extender Huawei secara otomatis. Dengan begitu, sinyal WiFi dapat terdeteksi dengan lebih cepat.

Baca Juga  Cara Mengatasi Baterai Drop, Baca Ini Sebelum Beli Baru!

Wavlink AERIAL D4-AC1200 Range Extender Router

Repeater WiFi Wavlink AERIAL D4–AC1200
Wavlink AERIAL D4-AC1200

Wavlink AERIAL D4-AC1200 merupakan repeater WiFi dual band yang memiliki koneksi simultan 5GHz sebesar 867Mbps dan 2.4GHz sebesar 300Mbps dengan total bandwidth 1167Mbps. Selain itu, repeater ini tipe nirkabel yang memiliki tombol WPS untuk menangkap dan menyalurkan sinyal WiFi secara otomatis. Alat ini juga memiliki port LAN dan WAN yang dapat disambungkan ke berbagai perangkat. Anda tentu ingin mengakses internet dengan lancar, bukan?

Asus RT-N12HP Wireless Router

Asus RT N12HP
Asus RT-N12HP

Lebih gahar lagi dari ketiga repeater WiFi di atas, Asus RT-N12HP ini memiliki tiga mode, yaitu mode router, repeater, dan access point cukup dengan satu sentuhan.

Selain itu, perangkat ini dapat membuat sinyal wireless dapat meningkat dan memperbesar range jangkauan sampai dua kali lipat karena dibekali dengan fitur high power technology. Alat ini dapat mengatur penggunaan akses yang berbeda-beda berdasarkan empat tingkat networking wireless yang dapat diakses oleh manager, staff, dan tamu.

Tenda AC6 Router WiFi

Repeater WiFi Tenda AC6
Tenda AC6

Perkenalkan salah satu repeater WiFi jarak jauh terbaik yang koneksinya tidak terganggu oleh dinding. Adanya amplifier dengan daya tinggi dan antenna pada Repeater WiFi Tenda AC6 memiliki fungsi sebagai penguat sinyal WiFi yang menembus dinding dua kali lipat lebih baik dibandingkan router normal lainnya. Sehingga dapat menjangkau seluruh bagian ruangan.

Repeater WiFi Tenda AC6 merupakan router WiFi dua band yang dibekali Chip Broadcom dengan CPU 900MHz sehingga memiliki sinyal kuat dan performanya stabil karena kecepatannya dapat mencapai 1.167Mbps.

Netgear Orbi RBS50

Repeater WiFi Netgear Orbi RBS50
Netgear Orbi RBS50

Berbeda dengan repeater WiFi sebelumnya, Repeater WiFi Netgear Orbi RBS50 merupakan WiFi satelit yang dapat menjangkau area yang sangat luas sehingga memungkinkan semua bagian ruangan dapat mengakses internet dengan tenang karena kecepatannya juga tinggi dan stabil.

Baca Juga  Cara Mendapatkan Nomor Luar Negeri Untuk Telegram Gratis

Selain itu, Repeater WiFi tersebut dibekali dengan aplikasi khusus yang dapat diinstall melalui gadget untuk mengetes kecepatan internet, membatasi jumlah perangkat yang tersambung, mengatur Smart Parental Controls, Internet Filtering, dan sebagainya.

Fungsi fitur Smart Parental Control dan Internet Filtering tersebut adalah untuk membatasi jenis konten yang dapat diakses oleh anak dan mengatur waktu internet mati secara otomatis. Dengan tambahan fitur tersebut, perangkat ini juga dibanderol jauh lebih mahal dari perangkat-perangkat sebelumnya.

Demikianlah beberapa tips memilih dan rekomendasi Repeater WiFi terbaik tahun 2022. Mudah-mudahan dapat menjadi pertimbangan utama bagi Anda sebelum membelinya. Perhatikan juga lokasi pemasangan yang ideal agar performa repeater WiFi jarak jauh ini dapat bekerja maksimal.


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × three =

Social Media

Artikel Terbaru

On Key

Artikel Terkait

Cara Melihat Stalker di Instagram

5 Cara Melihat Stalker di Instagram

LABTekno.com – Cara melihat stalker di Instagram bisa dilakukan dengan bantuan tools maupun aplikasi checker. Instagram memang menjadi salah satu media sosial yang paling populer untuk meningkatkan eksistensi. Namun perlu diingat juga bahwa konsekuensinya adalah postingan yang telah dibagikan otomatis

Review ASUS VivoBook 16X OLED

Review ASUS Vivobook 16X OLED, Laptop 4K untuk Konten Kreator

LABTekno.com – ASUS Vivobook 16X OLED merupakan laptop yang diciptakan khusus bagi content creator digital. Semua hal yang dibutuhkan dalam proses pembuatan konten telah mendukung dengan baik. Laptop ASUS Vivobook 16X OLED dikelompokkan menjadi 2 kategori berdasarkan chipset yang digunakan,

Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip

Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip Segera Rilis

LABTekno.com – Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip, dua smartphone terbaru dari Oppo dikabarkan akan segera dirilis. Meski belum ada informasi resmi mengenai tanggal kepastiannya. Namun biasanya Oppo akan merilis produk terbarunya pada pertengahan Desember, yaitu pada acara

Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru

3 Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru dengan Mudah

LABTekno.com – Cara memindahkan kontak ke HP baru bisa dilakukan dengan mudah. Tak perlu menyimpannya satu per satu secara manual. Ada cara yang jauh lebih mudah, praktis dan cepat. Sehingga pekerjaan lebih efisien.  Salah satu masalah yang sering dihadapi ketika

Scroll to Top