Cara Menggunakan Repeater, Ternyata Mudah!

5/5 - (2 votes)

Labtekno.com – Koneksi internet hari ini sepertinya sudah menjadi kebutuhan utama setiap orang. Mulai dari daerah perkotaan hingga ke pelosok negeri. Kebutuhan ini dapat dijadikan peluang usaha yang pendapatannya lumayan besar sebagai tambahan penghasilan.

Terlebih lagi, dua tahun belakangan, kita dilanda pandemi yang mengharuskan untuk melakukan pekerjaan ataupun pembelajaran di rumah. Kebutuhan sinyal koneksi intenet menjadi lebih penting.

Jika ingin berlangganan wifi, bagi sebagian orang masih tergolong memberatkan. Namun bisa disiasati dengan menjual sambungan wifi tersebut kepada para tetangga yang membutuhkan. Bisa dimulai dengan harga 3 ribu/hari, jika perharinya ada 10 pelanggan saja, pemasukan harian sudah 30 ribu. Dalam sebulan, uang membayar wifi pun tertutup, bahkan masih lebih.

Masalahnya, jangkauan sinyal wifi idealnya hanya sampai 50 meter. Jika ingin menjangkau lebih jauh, maka harus menggunakan repeater. Repeater merupakan alat yang digunakan untuk melakukan pengulangan dalam konfigurasi hotspot. Dengan kata lain, repeater ini berfungsi untuk menguatkan sinyal.

Bagaimana Cara Menggunakan Repeater?

Cara menggunakan repeater atau extender yang bertujuan untuk memperkuat dan memperluas sinyal wifi, baik itu Indihome, Biznet, My Republic, atau provider lainnya. Cara kerjanya mirip seperti router, namun wifi repeater ini hanya berfungsi untuk memperluas jaringan dan fiturnya juga tidak selengkap router.

Sebenarnya, cara menggunakan repeater ini mudah, namun memang berbeda merk beda juga caranya sehingga sudah enggan lebih dahulu mempelajarinya karena dianggap sulit.

Berikut ini kami jelaskan cara menggunakan repeater:

  1. Pemasangan repeater dapat dilakukan menggunakan pipa atau bambu kemudian ditancapkan dititik yang mudah ditembakkan kea rah pusat Access Point.
  2. Konfigurasi ke settingan default repeater dengan cara menghubungkannya ke laptop menggunakan kabel LAN.
  3. Ketahui IP default alat tersebut. Biasanya IP-nya 192.168.1.254.
  4. Kemudian set IP address PC 192.168.1.200 lalu buka browser dan ketik 192.168.1.254. Nantinya akan otomatis masuk ke menu pengaturan.
  5. Masukkan username: admin dan password: admin
Baca Juga  Cara Melihat Riwayat Nama Akun Instagram Orang Lain, Gampang!

Cukup mudah bukan, cara menggunakan repeater tersebut. Jika ingin mengetahui cara lain dengan merk yang berbeda, maka akan kami jelaskan pula cara menggunakan repeater jenis wifi extender dari Xiaomi Wifi Extender Pro. Harganya bervariasi kurang lebih sekitar 150-200 ribu rupiah

Adapun jika menggunakan repeater dengan merk wifi extender dari Xiaomi Wifi Extender Pro, cara menggunakan repeater ini sebagai berikut:

  1. Download aplikasi Mi Home versi terbaru di Play Store.
  2. Buka aplikasinya, nanti akan diarahkan ke menu setting Mi Home, lalu klik Setuju dan Lanjutkan.
  3. Pilih wilayah yang digunakan untuk konfigurasi dengan mencarinya di address bar pencarian masukkan negara Tiongkok.
  4. Muncul beberapa permintaan izin, pilih saja semua dan klik Selanjutnya.
  5. Muncul pop up pemberitahuan akses, kemudian klik Izinkan.
  6. Masukkan nomor telepon dan kode verifikasi jika kamu sudah punya akun Mi.
  7. Jika belum, maka harus mendaftar dengan klik arahan pada aplikasi.
  8. Lalu akan muncul perangkat sinyal wifi dari Wifi Extender Xiaomi, klik saja dan kamu akan diarahkan ke jendela baru.
  9. Lalu klik pada ikon (+) pada pojok kanan atas.
  10. Router ke Wifi extender sudah terkoneksi, lalu memasukkan kata sandi yang diinginkan untuk memulai menggunakan wifi extender.
  11. Tunggu hingga konfigurasi selesai.
  12. Koneksikan device-mu dengan wifi extender, pilih nama yang sesuai pada sinyal wifi dengan keterangan Nama akses Wifi (router) dan diakhiri tulisan _plus (ini merupakan sinyal wifi extender).

Perlu diingat, menggunakan Wifi Extender dapat menurunkan kecepatan awal router. Jika sebelumnya memiliki kecepatan 20 Mbps, maka ketika menggunakan wifi extender tersebut akan turun menjadi 15 Mbps.


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen + 20 =

Social Media

Artikel Terbaru

On Key

Artikel Terkait

Cara Melihat Stalker di Instagram

5 Cara Melihat Stalker di Instagram

LABTekno.com – Cara melihat stalker di Instagram bisa dilakukan dengan bantuan tools maupun aplikasi checker. Instagram memang menjadi salah satu media sosial yang paling populer untuk meningkatkan eksistensi. Namun perlu diingat juga bahwa konsekuensinya adalah postingan yang telah dibagikan otomatis

Review ASUS VivoBook 16X OLED

Review ASUS Vivobook 16X OLED, Laptop 4K untuk Konten Kreator

LABTekno.com – ASUS Vivobook 16X OLED merupakan laptop yang diciptakan khusus bagi content creator digital. Semua hal yang dibutuhkan dalam proses pembuatan konten telah mendukung dengan baik. Laptop ASUS Vivobook 16X OLED dikelompokkan menjadi 2 kategori berdasarkan chipset yang digunakan,

Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip

Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip Segera Rilis

LABTekno.com – Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip, dua smartphone terbaru dari Oppo dikabarkan akan segera dirilis. Meski belum ada informasi resmi mengenai tanggal kepastiannya. Namun biasanya Oppo akan merilis produk terbarunya pada pertengahan Desember, yaitu pada acara

Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru

3 Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru dengan Mudah

LABTekno.com – Cara memindahkan kontak ke HP baru bisa dilakukan dengan mudah. Tak perlu menyimpannya satu per satu secara manual. Ada cara yang jauh lebih mudah, praktis dan cepat. Sehingga pekerjaan lebih efisien.  Salah satu masalah yang sering dihadapi ketika

Scroll to Top