4 Cara Mengatasi Jaringan Lemot Axis

5/5 - (1 vote)

Labtekno.com – Bingung cara mengatasi jaringan lemot Axis? Tenang, kami akan bisikkan beberapa cara mengatasi jaringan lemot Axis. Ngegame auto lancar lagi!

Koneksi internet cepat dan stabil sudah menjadi hal penting yang harus dimiliki saat ini. Kalau kita complain koneksi lemot, Costumer Service hanya akan menjawab, “Koneksi cepat buat apa? Segera restart device anda!” Benar-benar tidak membantu, ribuan pertanyaan hanya akan dijawab dengan satu template kalimat.

Penyebab Jaringan Lemot

Sebetulnya ada berbagai kemungkinan yang dapat menyebabkan jaringan AXIS lemot. Pertama, biasanya disebabkan karena pengaruh cuaca, baik itu hujan deras atau hujan angin yang dapat membuat proses penerimaan sinyal di hpmu jadi kurang maksimal.

Kedua, kuota bandwidth yang overload karena banyak pengguna AXIS yang online dalam waktu bersamaan.

Ketiga, adanya maintenance atau perbaikan.

Keempat, paket internet sudah masuk masa tenggang.

Cara Mengatasi Jaringan Lemot Axis

Lagi asyik mabar pakai paket jaringan internet AXIS tiba-tiba jaringan lemot, koneksi terganggu, bahkan sampai RTO (request time out) jelas membuat kesal. Tentu saja, sudah pasti resiko kekalahan di depan mata, kesal juga karena tidak mengetahui cara mengatasi jaringan lemot Axis sampai ingin membanting gadget sendiri.

Apalagi kalau bermain di rank tinggi, kemudian harus kehilangan poin yang didapatkan beberapa match sebelumnya. Dongkolnya bukan main pastinya. Nah, jika mengalami hal seperti ini, tenang saja! Berikut kami bisikkan beberapa cara mengatasi jaringan lemot Axis, antara lain:

Baca Juga  Cara Dark Mode Youtube, Agar Tampilan Lebih Estetik!

Pakai APN 4G LTE

Cara yang pertama, ialah menggunakan APN atau Access Point Name. Singkatnya, APN merupakan sistem protokol yang memungkinkan gadget untuk mengakses konektivitas internet melalui CDMA atau GSM. APN ini fungsinya sebagai jembatan penghubung antara gadget dan koneksi internet. Sehingga harus dicek lebih dahulu dan pastikan sudah benar.

Berikut cara mengatur setting APN Axis:

  • Cari menu “Setting” atau “Pengaturan” pada gadget
  • Pilih menu “Jaringan”
  • Klik “Kartu SIM”, dan lanjutkan ke dalam menu AXIS
  • Klik menu “APN”

Nah, untuk mengisi kolom yang masih kosong, ketikkan isi formulir dengan informasi berikut ini:

  • Name: Axis
  • APN: axis
  • Username: axis
  • Password: axis
  • Lainnya, abaikan saja.

Setelah semua informasi terisi dengan benar, kemudian klik opsi “simpan” dan aktifkan setting APN tersebut. Namun sebaiknya setelah APN tersetting, restart dulu gadgetmu. Baru silakan akses kembali game online atau pun media sosial seperti biasanya.

Refresh Ulang Jaringan Axis

APN sudah disetting seperti yang di atas namun masih bermasalah, maka cobalah untuk merefresh jaringan AXISmu. Cara mengatasi jaringan lemot Axis yang satu ini adalah cara yang paling mudah, hanya harus refresh kemudian jaringan kembali seperti semula. Ada beberapa cara untuk merefresh jaringan AXIS, antara lain:

  • Pertama, nonaktifkan koneksi internet dari paket internet selama beberapa saat. Kemudian  nyalakan kembali. Biasanya, koneksi internet sudah kembali normal.
  • Kedua, lakukan restart gadgetmu
  • Ketiga, aktifkan Airplane Mode atau Mode Pesawat. Tunggu beberapa saat, baru matikan mode tersebut dan kembali aktifkan koneksi internetmu
  • Keempat, matikan gadget dan cabut kartu SIM AXISmu. Tunggu beberapa saat, lalu masukkan kembali kartu SIM tersebut ke dalam slotnya. Aktifkan kembali gadgetnya dan coba nyalakan koneksi paket internet selulermu.
Baca Juga  Cara Memutus Koneksi WiFi Orang Lain

Matikan Seluruh Aplikasi Online

Jika semua kemungkinan di atas belum berhasil, mungkin penyebab jaringan AXIS lemot juga bisa disebabkan gara-gara kamu terlalu banyak buka aplikasi online. Banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang secara bersamaan, selain menguras baterai, memacu performa dibatas maksimal, juga menyebabkan jaringan internet terbagi ke beberapa aplikasi sehingga terjadi lag.

Cek aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang. Beginilah caranya:

  • Cari menu “Pengaturan” atau “Setting”
  • Pilih dan klik “Aplikasi”
  • Dari sini bisa lihat aplikasi apa saja yang menyedot paling banyak kuota data internet, lalu tutup semuanya.

Tunggu Hingga Jaringan Internet Kembali Stabil

Cara terakhir, setelah melakukan beberapa langkah di atas, jaringan Axis masih lemot, tidak berhasil. Maka cara yang terakhir adalah menunggu hingga jaringan kembali stabil.

Berarti memang masalahnya bersumber dari operator AXIS itu sendiri. Bisa jadi memang ada gangguan jaringan atau efek maintenance. Jika sudah begini, maka yang harus dilakukan hanyala sabar menunggu hingga koneksi internet dari operator AXIS kembali stabil.

Demikian beberapa cara mengatasi jaringan AXIS lemot. Banyaklah bersabar, jangan sampai hanya karena jaringan internet lemot, justru gadget kita dibanting, saking kesalnya. Ya memang sebagai konsumen di Indonesia memang harus banyak-banyak bersabar. Jika tidak, kita sendiri yang rugi.


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + six =

Social Media

PC dan Laptop

Tips n Trik

On Key

Artikel Terkait

Scroll to Top