Aplikasi untuk Menghitung Kalori Terbaik

5/5 - (2 votes)

LABtekno.com – Aplikasi untuk menghitung kalori dalam kebiasaan hidup kaum urban, keberadaannya amat penting. Sebab kaum urban saat ini, sangat memperhatikan asupan kalori setiap harinya demi menjaga agar tubuhnya senantiasa sehat, bugar dan ideal.

Ada berbagai macam aplikasi untuk menghitung kalori yang dapat digunakan untuk membantu mencatatat jumlah asupan kalori di tubuh. Dengan mencatatkannya, banyak orang yang percaya akan lebih banyak mengurangi berat badan yang berlebih sekaligus mempertahankan berat badan yang ideal dalam jangka panjang. Sebab biasanya, aplikasi tersebut digunakan oleh orang yang mencoba menurunkan berat badan dengan cara yang sehat dan berkelanjutan.

Perlu diketahui bahwa, kalori merupakan satuan ukuran yang digunakan untuk menentukan jumlah energi dalam makanan. Setiap jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh manusia memiliki jumlah kalori yang berbeda, beberapa di antaranya memiliki jumlah kalori yang lebih banyak daripada makanan lainnya.

Perlu diingat bahwa, kebutuhan asupan kalori setiap orang berbeda. Tergantung pada 4 hal, yaitu usia, berat badan, gaya hidup dan tingkat aktivitas. Jika Anda berniat untuk menurunkan berat badan dan membentuk tubuh ideal, maka perlu menghitung defisit kalori.

Memang tidak ada aplikasi untuk menghitung kalori yang akurasinya hingga 100%. Aplikasi tersebut hanya perkiraan untuk memberikan gambaran tentang seberapa banyak kalori yang masuk ke tubuh dan juga sumber kalorinya.

Berikut ini beberapa aplikasi untuk menghitung kalori terbaik yang patut Anda coba, antara lain:

MyNetDiary

Aplikasi yang pertama, MyNetDiary memungkinkan penggunanya untuk memindai barcode makanan untuk menghitung asupan kalori secara langsung. Tersedia lebih dari 988.000 makanan dalam databasenya.

Hal ini tentu akan membuat tingkat akurasinya jauh lebih baik, dibandingkan sebagian besar aplikasi diet lainnya. Di dalamnya juga terdapat forum komunitas yang memfasilitasi Anda untuk berdiskusi dengan sesama pengguna yang ingin berbagi kiat, motivasi, dan ide resep.

Baca Juga  Aplikasi Untuk Membuat Flowchart

Jika Anda sering travelling ke berbagai tempat dan mencicipi makanan khas daerah tersebut, aplikasi ini cocok untuk digunakan. Anda perlu merogoh kocek sekitar US$5,47 atau Rp78.000 untuk dapat mengaksesnya secara penuh.

Cronometer

Aplikasi selanjutnya yang dapat Anda gunakan untuk menghitung kalori adalah Cronometer. Aplikasi ini mampu melacak diet, olahraga, dan berat badan dengan mudah. Selain itu, Cronometer juga menawarkan ukuran porsi yang pas beserta database latihan yang kuat.

Misalnya jika Anda sedang hamil atau menyusui, maka perlu memilih profil yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan kalori yang lebih tinggi. Masukkan juga jenis diet tertentu yang sedang Anda ikuti, seperti diet paleo, diet rendah karbohidrat, atau diet vegetarian rendah lemak. Sehingga nantinya, aplikasi ini akan mengubah rekomendasi makronutrien.

Aplikasi Cronometer ini akan sangat berguna untuk melacak mikronutrien, seperti vitamin dan mineral. Pada situs webnya fitur semacam ini disediakan secara gratis. Namun jika Anda ingin memilikinya dengan menginstal aplikasi tersebut dalam smartphone Anda, maka perlu merogoh kocek US$2,99 atau sekitar Rp43.000.

Spark People

Aplikasi selanjutnya adalah SparkPeople yang memiliki fitur lengkap. Aplikasi ini dapat membantu melacak nutrisi, aktivitas, tujuan, dan kemajuan. Layaknya seperti buku harian makanan yang relatif mudah digunakan.

Jika Anda sering makan makanan yang sama, maka dapat menempelkan entri tersebut ke dalam beberapa hari. Setiap harinya Anda dapat melihat total kalori, karbohidrat, lemak, dan protein di bagian bawah entri. Data tersebut bisa ditampilkan sebagai diagram lingkaran. Sehingga laporan konsumsi hariannya akan lebih menarik.

Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan pemindai barcode yang memungkinkan untuk mendaftarkan makanan kemasan. Terdapat dua versi yaitu gratis dan berbayar.

Baca Juga  Aplikasi Edit Foto Android Terbaik dan Terlengkap

FatSecret

Aplikasi terakhir yang bisa Anda coba adalah FatSecret. Aplikasi ini juga seperti buku harian makanan. Di dalamnya berisi database nutrisi, resep sehat, log latihan, grafik berat badan dan jurnal.

Anda dapat melacak makanan kemasan dengan memindainya lewat barcode. Tampilan berandanya akan menunjukkan total asupan kalori, serta pemecahan karbohidrat, protein, dan lemak yang dimakan setiap hari.

Selain itu, FatSecret menawarkan report bulanan, yang memberikan data tentang total kalori yang dikonsumsi setiap hari dan total rata-rata untuk setiap bulan. Fitur ini akan cocok untuk melacak kemajuan Anda secara keseluruhan.

Demikian beberapa aplikasi untuk menghitung kalori yang dapat Anda coba untuk membantu Anda dalam mempertahankan bentuk tubuh ideal Anda. Sebagai kaum urban, tentu aplikasi di atas wajib diinstall pada smartphone Anda.

Ikuti Kami

Artikel Terbaru

Artikel Tterkait

Continue to the category

Aplikasi Edit Foto Instagram Kotak Kotak

LABtekno.com – Aplikasi edit foto instagram kotak kotak atau grid memang cukup banyak diminati di kalangan anak...

Aplikasi Untuk Melihat Status WA yang di Privasi

LABtekno.com – Aplikasi untuk melihat status WA yang di privasi bisa digunakan untuk mengobati rasa penasaran Anda...

Cara Melihat Barcode WiFi di HP Vivo

LABtekno.com – Cara melihat barcode WiFi di HP Vivo mungkin bisa Anda gunakan ketika tidak mengetahui atau...