Aplikasi untuk Mengecilkan Ukuran Video

Aplikasi untuk Mengecilkan Ukuran Video
5/5 - (1 vote)

LABtekno.com – Aplikasi untuk mengecilkan ukuran video merupakan salah satu aplikasi wajib bagi konten kreator. Sebab biasanya rekaman video asli memiliki ukuran yang cukup besar.

Sedangkan beberapa platform media sosial membatasi ukuran dan bandwidth. Sehingga membagikan video berkualitas tinggi pada media sosial tersebut tidak memungkinkan.

Seperti pada Gmail yang membatasi file yang diunggah tidak boleh melebihi dari 25 MB dan pada WhatsApp maksimal hanya 16 MB saja.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, konten kreator biasanya menggunakan aplikasi kompres video. Aplikasi ini sangat berguna untuk menambah ruang kosong pada smartphone dengan mengkompres video yang disimpan.

Berikut ini beberapa aplikasi untuk mengecilkan ukuran video:

Aplikasi kompres video tanpa mengurangi kualitas

VidCompact – Konverter & Kompresor Video

VidCompact Konverter Kompresor Video

VidCompact merupakan salah satu aplikasi kompres video android terpopuler yang sudah diunduh lebih dari 100 juta kali. Aplikasi ini menyediakan banyak fitur seperti pemangkasan video, mengkompresi video, mengganti nama dan lain-lain.

Anda dapat memilih video yang ingin dikompres dari menu sub-folder pada perangkat. Selain itu, Anda juga dapat memilih resolusi yang diinginkan sebelum mengkompres video tersebut. 

Jika ingin melakukan pengeditan durasi video, Anda dapat juga bisa memilih untuk memotong video ketika proses mengkompres sedang berjalan jika diinginkan.

Hal yang tidak kalah penting dari aplikasi ini adalah aplikasi ini dapat diakses secara gratis dan tidak terlalu banyak iklan yang muncul.

Ada beberapa format video dengan kualitas tinggi yang disediakan, antara lain MP4, MOV, dan GIF. Bukan hanya itu saja, aplikasi VidCompact juga mendukung berbagai format, seperti AVI, MKV, FLV, RMVB, 3GP, MPEG, WMV, MOV dan format lainnya.

Smart Video Compressor and Resizer

Smart Video Compressor and Resizer

Aplikasi kompres video android gratis selanjutnya adalah Smart Video Compressor and Resizer. Melalui aplikasi ini, Anda dapat mengecilkan ukuran video yang diinginkan secara sederhana dan cepat.

Aplikasi ini mampu mengkompres video HD dengan mengurangi ukuran file lebih dari 70% hingga 80%. Ukuran video 720p, VGA dan kualitas video lainnya juga tersedia. Penggunanya bisa memeriksa progres kompresi file secara langsung.

Perlu diingat juga bahwa metadata tetap dipertahankan dengan menggunakan aplikasi ini. Anda tak perlu khawatir jika proses mengecilkan ukuran video ini akan mengurangi kualitasnya.

Video Transcoder

Video Transcoder

Rekomendasi aplikasi kompres ukuran video berikutnya adalah Video Transcoder. Melalui aplikasi ini, Anda dapat mengubah video di smartphone ke dalam berbagai format, memotong video, atau mengekstrak audio.

Aplikasi ini mendukung berbagai format, antara lain Avi, Flv, Gif, Matroska, Mp3, Mp4, Ogg, Opus, WebM, H.264, MPEG-1, MPEG-2, MPEG-4, VP8, VP9, ​​hingga Xvid.

Meskipun mendukung banyak opsi format yang tersedia, Anda dapat dengan leluasa mengkompres ukuran video di Android tanpa menemukan banyak iklan. 

Sebab Video Transcoder merupakan sebuah aplikasi yang bersifat open-source dan bebas iklan, Aplikasi ini berfokus pada memberikan pengalaman yang lebih baik dalam kompresi video.

Semua parameter dalam video juga dapat diatur sesuai kebutuhan. Anda dapat mengubah codec, FPS, kecepatan bit, resolusi dan audio. Hanya dalam beberapa saat proses pengkodean, file akan disimpan ke memori internal.

Compress Videos & Resize Videos

Compress Videos & Resize Videos

Bagi pengguna iPhone maupun iPad, Anda dapat melakukan kompres video menggunakan aplikasi Compress Videos & Resize Videos. Aplikasi untuk mengecilkan ukuran video iPhone ini mampu mengubah ukuran video hingga 80% lebih kecil, namun tetap menjaga kualitasnya. 

Hal ini tentu akan sangat membantu Anda dalam menghemat ruang penyimpanan di iPhone atau iPad. Anda hanya perlu membuka aplikasi ini dan memilih semua video yang ingin diubah ukurannya. 

Jika sudah, kemudian pilih video yang akan dikompres dengan menekan tombol Next. Selanjutnya, Anda hanya perlu mengaturnya sesuai kebutuhan, lalu klik tombol kompres. Maka aplikasi ini akan mengecilkan ukuran video dan menyimpannya ke album video terkompresi.

Video Slimmer

Video Slimmer

Aplikasi untuk mengecilkan ukuran video iOS selanjutnya adalah Video Slimmer. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memotong, merotasi, atau menggabungkan video. 

Aplikasi ini terbilang memiliki kemampuan pemrosesan batch yang sangat bagus karena Anda dapat mengekspor video yang diubah ukurannya dengan cepat.

Selain itu, karena memori iPhone atau iPad biasanya terbatas, maka aplikasi ini sangat penting. Sebab bisa menghemat ruang penyimpanan hingga 80%. 

Sebelum memutuskan untuk mengkompres video, Anda akan diberikan dua opsi. Yaitu menghapus video asli dari perangkat setelah kompresi atau menambahkan salinan video ke galeri foto.

Hanya dengan klik tombol Slim Now, proses kompresi pada video yang dipilih langsung dimulai. Jika ukurannya sudah lebih slim, maka proses pengiriman file tersebut menjadi jauh lebih cepat. 

Demikian beberapa rekomendasi aplikasi untuk mengecilkan ukuran video baik Android maupun iOS. Anda dapat memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 3 =

Social Media

PC dan Laptop

Tips n Trik

On Key

Artikel Terkait

Scroll to Top