Aplikasi untuk Mengecilkan Ukuran File Terbaik

Aplikasi untuk Mengecilkan Ukuran File
5/5 - (2 votes)

LABtekno.com – Aplikasi untuk mengecilkan ukuran file mungkin sesekali perlu Anda gunakan untuk menghemat memori penyimpanan pada perangkat Anda. Selain itu, ketika Anda ingin berbagi file dengan orang lain melalui aplikasi obrolan misalnya, file yang dapat dikirim ukurannya terbatas.

Oleh sebab itu Anda perlu menggunakan aplikasi kompres file. Sekarang ini, aplikasi untuk mengkompres ukuran file sudah banyak tersedia. Daripada Anda mencari tahu satu persatu aplikasi mana yang terbaik, silakan coba beberapa rekomendasi aplikasi untuk mengecilkan ukuran file terbaik berikut ini:

WinRAR

WinRAR

Aplikasi untuk mengecilkan ukuran file yang paling populer masih dipegang oleh WinRAR. Meski tampilan antarmukanya sangat sederhana seperti jaman jadul, namun penggunanya masih tetap setia mempercayakan urusan kompresi pada WinRAR.

Alasan para penggunanya masih mempercayakan urusan mengecilkan file pada WinRAR, salah satunya yaitu tingkat kompresi Arsip RAR yang luar biasa. Hampir semua aplikasi kompres mungkin dapat mengekstrak arsip RAR, namun tidak semua dapat membuatnya.

Hal inilah yang membuatnya masih dipercaya sebagai aplikasi kompres file terbaik, karena WinRAR mampu melakukan keduanya dalam tiap format yang diinginkan.

Hamster Zip Archiver

Hamster Zip Archiver

Aplikasi kompres file yang kedua, mungkin agak kurang familiar bagi Anda. Namun aplikasi tersebut memiliki fitur dan antarmuka yang bagus. Dukungan formatnya juga sangat baik, dan yang paling penting adalah aplikasi ini dapat diakses secara gratis.

Hamster Zip Archiver mampu memudahkan penggunanya dalam mengecilkan ukuran file atau dekompresi file. Anda hanya perlu melakukan drag and drop, untuk memilih file yang perlu dikompres.

Fitur tambahan yang tidak kalah praktisnya adalah tersedianya cloud support. Sehingga Anda dapat dengan mudah dan cepat dalam membuat file terkompresi sekaligus mengunggahnya ke Dropbox, OneDrive, maupun Google Drive. Nantinya Anda hanya perlu membuat tautan yang akan dibagikan secara otomatis.

Baca Juga  5 Aplikasi Scan Dokumen Di HP Gratis

7-Zip

7-Zip

Salah satu aplikasi kompres terbaik selanjutnya yaitu 7-Zip juga dapat diakses secara gratis. 7-Zip adalah aplikasi open source yang memiliki ukuran sangat kecil, yaitu 1 MB saja. Namun fitur yang tersedia sangat luas dan bisa men-zip maupun un-zip hampir seluruh format file terkompresi.

Tampilan antarmukanya yang ramping, membuatnya menjadi alternatif terbaik bagi aplikasi lain yang berbayar. 

Aplikasi 7-Zip memiliki fitur enkripsi AES-256 bit yang kuat, mampu mengekstraksi sendiri, memiliki manajer file yang terintegrasi, plugin untuk manajer FAR dan telah terintegrasi dengan Windows Shell. 7-Zip juga sangat cocok digunakan oleh sektor komersial dan peruntukkan bisnis.

Apalagi dengan hadirnya fitur yang mampu membagi file yang diarsipkan menjadi beberapa volume. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan manajemen ruang yang lebih baik. Nampaknya dengan segudang fitur yang sangat membantu ini, tidak salah jika merekomendasikan 7-Zip sebagai salah satu alternatif aplikasi kompres terbaik.

Zipware

Zipware

Aplikasi untuk mengecilkan ukuran file selanjutnya yaitu Zipware. Zipware memiliki reputasi sebagai aplikasi kompres file yang sangat efisien.

Jika dibandingkan dengan aplikasi kompres lainnya, aplikasi Zipware memiliki tampilan antarmuka yang jauh lebih baik.

Selain itu, tersedia juga pemindai virus yang telah terintegrasi mampu mendukung file arsip hingga 32 GB.

Bukan hanya sebagai pengarsipan file, Zipware juga mampu membuat file yang terenkripsi kata sandi dan membagikan file arsip tersebut menjadi beberapa volume.

Meskipun Zipware merupakan tools kompresi file gratis, namun mampu mendukung berbagai format seperti RAR, Zip, ISO, CBR, WIM, TAR, PPMD, dan masih banyak lagi.

WinZip

WinZip

Rekomendasi aplikasi untuk mengecilkan ukuran file terbaik berikutnya adalah WinZip. Aplikasi ini juga memiliki berbagai fitur yang hampir sama dengan aplikasi lainnya.

Baca Juga  Aplikasi Edit Foto Menghilangkan Objek

Jika dibandingkan dengan seluruh aplikasi kompres yang telah disebutkan, WinZip merupakan aplikasi yang paling tua.

Saat ini WinZip sudah memiliki versi 22 dan masih selalu eksis hingga saat ini.

Tersedia versi gratis dan berbayar. Meski banyak sekali aplikasi gratis lainnya, namun WinZip memiliki keunggulan yang tidak bisa ditandingi dari aplikasi lainnya.

Sebab WinZip mampu terintegrasi dengan Microsoft Office untuk mengkompres file menjadi lebih mudah.

Pada versi standarnya, WinZip telah menyediakan pemisahan file sesuai dengan media, cloud support, dan berbagai pilihan untuk berbagi file tingkat lanjut.

Jika dilihat dari tampilan antarmukanya, WinZip sangat responsif bagi berbagai perangkat. Pada versi terbarunya, yaitu WinZip 22 menghadirkan banyak fitur menarik, di antaranya konverter format gambar, dukungan Slack, dan UI yang sudah ditingkatkan.

Demikian beberapa rekomendasi aplikasi untuk mengecilkan ukuran file terbaik yang wajib Anda coba. Daftar aplikasi di atas adalah aplikasi kompres serbaguna dan sering digunakan untuk mengefisienkan proses kompresi. Selamat mencoba!


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three + thirteen =

Social Media

Artikel Terbaru

On Key

Artikel Terkait

Cara Melihat Stalker di Instagram

5 Cara Melihat Stalker di Instagram

LABTekno.com – Cara melihat stalker di Instagram bisa dilakukan dengan bantuan tools maupun aplikasi checker. Instagram memang menjadi salah satu media sosial yang paling populer untuk meningkatkan eksistensi. Namun perlu diingat juga bahwa konsekuensinya adalah postingan yang telah dibagikan otomatis

Review ASUS VivoBook 16X OLED

Review ASUS Vivobook 16X OLED, Laptop 4K untuk Konten Kreator

LABTekno.com – ASUS Vivobook 16X OLED merupakan laptop yang diciptakan khusus bagi content creator digital. Semua hal yang dibutuhkan dalam proses pembuatan konten telah mendukung dengan baik. Laptop ASUS Vivobook 16X OLED dikelompokkan menjadi 2 kategori berdasarkan chipset yang digunakan,

Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip

Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip Segera Rilis

LABTekno.com – Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip, dua smartphone terbaru dari Oppo dikabarkan akan segera dirilis. Meski belum ada informasi resmi mengenai tanggal kepastiannya. Namun biasanya Oppo akan merilis produk terbarunya pada pertengahan Desember, yaitu pada acara

Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru

3 Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru dengan Mudah

LABTekno.com – Cara memindahkan kontak ke HP baru bisa dilakukan dengan mudah. Tak perlu menyimpannya satu per satu secara manual. Ada cara yang jauh lebih mudah, praktis dan cepat. Sehingga pekerjaan lebih efisien.  Salah satu masalah yang sering dihadapi ketika

Scroll to Top