Aplikasi untuk Menentukan Arah Parabola

Aplikasi untuk Menentukan Arah Parabola
5/5 - (1 vote)

LABtekno.com – Aplikasi untuk menentukan arah parabola dapat membantu Anda untuk menemukan sinyal terkuat.

Aplikasi tersebut dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah semua saluran tv tidak ada sinyal atau channel TV tiba-tiba hilang.

Perlu diketahui bahwa sinyal parabola bisa diperoleh ketika Anda mengarahkannya pada titik kanal satelit yang tepat. Hal ini penting agar kualitas siaran TV dapat ditonton dengan jelas tanpa gangguan.

Anda dapat mencari sinyal parabola menggunakan hp saja. Hanya perlu mendownload aplikasi SatFinder saja di hp Anda.

Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi untuk menentukan arah parabola, antara lain:

Penentu Arah Parabola: DVBFinder

Rekomendasi aplikasi untuk menentukan arah parabola yang pertama adalah DVBFinder. Aplikasi ini dapat Anda gunakan untuk mencari sinyal parabola.

Salah satu kemampuan utamanya yaitu mengatur parabola menggunakan dongle, sehingga Anda dapat memperoleh titik koordinat satelit yang paling akurat.

Bahkan DVBFinder dapat menampilkan kekuatan sinyal dan kualitas saluran yang ditemukan secara real-time. Hal ini jelas akan sangat berguna ketika Anda sedang mencari sinyal terbaik untuk menonton siaran TV.

Look4Sat

Jika Anda mencari aplikasi yang menyediakan pilihan satelit yang lengkap, maka aplikasi Look4Sat adalah pilihan terbaik. Anda dapat mengakses lebih dari 3000 satelit dari seluruh dunia.

Aplikasi ini mampu memprediksi posisi dan lintasan satelit hingga 4 hari (96 jam) dan menampilkan kemajuan lintasan aktif, lintasan kutub, dan informasi transceivernya.

Anda juga bisa melihat data posisi satelit, jejak kaki, dan lintasan tanah di peta. Bukan hanya itu saja, aplikasi ini juga memberikan rekomendasi posisi dan arah pemasangan parabola agar sinyal satelit lebih optimal.

Satellite Director

Satellite Director bisa diandalkan ketika Anda ingin mencari sinyal satelit yang cocok dengan parabola yang Anda miliki. Sebab di dalamnya menawarkan fitur AR (Augmented Reality) yang akan membantu Anda untuk memperoleh informasi azimuth, arah kompas dan pelacak lokasi dengan GPS.

Tersedia lebih dari 280 satelit yang dapat Anda pilih untuk membantu mendapatkan sinyal parabola yang lebih optimal dan tanpa gangguan.

Terlebih lagi, aplikasi ini tidak menampilkan iklan dan tidak ada bug di dalamnya. Sehingga Anda bisa nyaman saat menggunakannya.

Satellite Dish Pointer

Anda juga dapat menggunakan aplikasi menentukan arah parabola ke satelit selanjutnya, yaitu Satellite Dish Pointer. Aplikasi ini dapat mempermudah Anda mencari sinyal parabola yang hilang. Jika dilihat dari tampilannya, aplikasi ini cukup sederhana. Sehingga sangat mudah dijalankan.

Aplikasi ini mampu diandalkan untuk mencari titik koordinat dan menampilkan hampir 230 satelit. Selain itu, Anda bahkan dapat mengatur posisi satelit secara manual untuk memperoleh pilihan satelit yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

SatFinder – Aplikasi Pencari Sinyal Parabola

SatFinder atau Satelit finder adalah suatu aplikasi yang dapat memudahkan Anda dalam mencari arah satelit, posisi azimuth dan elevasi parabola. Berikut ini cara tracking parabola pake hp android melalui aplikasi SatFinder:

  • Langkah pertama, jelas Anda harus mendownload dan menginstall aplikasi SatFinder terlebih dahulu di hp
  • Jika sudah, buka aplikasi tersebut
  • Lalu pastikan bahwa GPS dalam keadaan aktif, agar lokasi Anda dapat dideteksi
  • Jika lokasi telah terdeteksi, silakan klik menu pencarian untuk memilih satelit yang dibutuhkan
  • Dalam sekejap, aplikasi tersebut akan menampilkan beberapa satelit yang tersedia
  • Lalu pilihlah yang sesuai dengan parabola Anda
  • Kemudian Anda dapat mengetahui nilai dari azimuth, elevasi dan LNB skew dari satelite tersebut. 
  • Anda hanya perlu menggerakkan hp Anda untuk mencari arah satelit 
  • Jika arah satelit ditemukan, maka kompas pada aplikasi tanda hijaunya sejajar dengan tanda merah, artinya arah satelit sudah lurus sejajar dengan hp Anda.

Anda juga dapat mencari channel dan package setiap satelit, berikut ini caranya:

  • Klik titik tiga yang berada di pojok kanan atas.
  • Nantinya akan muncul beberapa opsi, lalu pilih Channels.
  • Pada menu Channels akan muncul dua opsi, yaitu Pay TV untuk TV berbayar dan All Channels untuk menemukan seluruh saluran yang tersedia.
  • Pilihlah opsi All Channel, tunggu beberapa saat hingga seluruh saluran ditemukan.

Demikian beberapa aplikasi untuk menentukan arah parabola dan cara menggunakannya. Silakan coba satu persatu atau pilih salah satunya saja yang menurut Anda cocok digunakan.


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine − 8 =

Social Media

PC dan Laptop

Tips n Trik

On Key

Artikel Terkait

Scroll to Top