6 Aplikasi untuk Mencatat Pengeluaran Terbaik

Aplikasi untuk Mencatat Pengeluaran
5/5 - (1 vote)

LABtekno.com – Aplikasi untuk mencatat pengeluaran nampaknya sudah harus menjadi aplikasi wajib bagi generasi milenial. Sebab banyak yang mengeluhkan gajinya yang cepat habis entah kemana perginya.

Niatilah mulai saat ini untuk mencatat segala pengeluaran maupun pemasukan finansial Anda agar uang Anda lebih terkontrol.

Paling tidak, dengan mencatatnya, uang Anda bisa di-tracking dengan baik. Hal ini penting untuk mengevaluasi keuangan Anda pada masa berikutnya.

Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi untuk mencatat pengeluaran:

Wallet

Aplikasi untuk Mencatat Pengeluaran - Wallet
Aplikasi untuk Mencatat Pengeluaran – Wallet

Wallet merupakan salah satu aplikasi pengatur pengeluaran terbaik yang cocok digunakan khususnya bagi keuangan usaha. Aplikasi ini dapat dinikmati secara gratis di Android. Tersedia juga layanan aplikasi berbayar dengan fitur yang jelas lebih lengkap. Biaya langganannya masih cukup terjangkau, yaitu Rp 28.000 per bulan.

Salah satu fitur unggulan dari Wallet yaitu memudahkan pengguna untuk mengimpor transaksi dari file jenis spreadsheet. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot merekapitulasi satu persatu rincian pengeluaran Anda secara manual. 

Aplikasi Wallet juga dapat dihubungkan dengan berbagai aplikasi mobile banking. Hal ini tentu semakin praktis, sebab saat ini banyak yang sudah terbiasa melakukan transaksi mobile banking. 

Semua transaksi yang dilakukan di m-banking akan tercatat dalam Wallet secara otomatis. 

Menariknya lagi, aplikasi ini memiliki fitur untuk membuat rencana pembayaran yang disertai dengan pengingat. Anda dapat memasukkan tagihan rutin rumah tangga seperti listrik, PDAM, BPJS, dan sebagainya.

Spendee

Aplikasi untuk Mencatat Pengeluaran - Spendee
Aplikasi untuk Mencatat Pengeluaran – Spendee

Aplikasi untuk mencatat pengeluaran selanjutnya bisa dipercayakan kepada Spendee. Bagi Anda yang memiliki banyak rencana di masa depan, aplikasi ini jelas akan sangat cocok. 

Baca Juga  Aplikasi Memperkecil Ukuran Video Terbaik

Misalnya jika Anda ingin mengalokasikan dana Anda untuk keperluan liburan, pernikahan, dan lain sebagainya. Nah, melalui aplikasi Spendee, Anda bisa membuat rencana finansial untuk berbagai momen penting tersebut.

Spandee juga menyediakan reminder atau pengingat untuk menyisihkan sebagian pemasukan guna mewujudkan rencana tersebut. 

Dari segi tampilannya, Spendee terlihat sangat atraktif dan cocok untuk anak muda. Apalagi dengan adanya infografis dari keuangan Anda dalam beberapa waktu terakhir, tentu menjadikannya semakin menarik.

Jika Anda ingin mengecek data keuangan dalam rentan waktu tertentu, Anda bisa memilih data keuangan dalam satu bulan atau satu minggu terakhir.

Mint

Aplikasi untuk Mencatat Pengeluaran - Mint
Aplikasi untuk Mencatat Pengeluaran – Mint

Aplikasi budgeting pengeluaran selanjutnya yaitu Mint. Aplikasi ini sangat cocok bagi Anda yang sering lupa membayar premi asuransi atau tagihan listrik setiap bulan. 

Sebab aplikasi Mint akan mengingatkan Anda untuk membayar tagihan tersebut.

Mint juga dapat menyusun anggaran atau budgeting dan memastikan pengeluaran Anda tak lebih besar dari jumlah pemasukan. 

Di dalamnya, Anda dapat mencatat pengeluaran dengan mudah berdasarkan berbagai kategori yang tersedia.

Catat pengeluaran sekecil apapun agar keuangan Anda bisa terkontrol dengan baik. Misalnya Anda mengeluarkan uang Rp 25.000 untuk makan siang, maka tulis pengeluaran tersebut dalam kategori “Food”.

Money Lover

Aplikasi Money Lover
Aplikasi Money Lover

Aplikasi untuk tracking keuangan berikutnya adalah Money Lover. Aplikasi ini cukup populer telah diunduh oleh lebih dari 5 juta pengguna di seluruh dunia. Bahkan Money Lover masuk ke dalam Editor’s Choice di Play Store.

Hal ini bukan tanpa alasan, sebab aplikasi ini menawarkan kemudahan dalam mencatat keuangan pribadi. Anda hanya perlu mengelompokkan pengeluarannya berdasarkan kategori tertentu.

Pengelompokkan tersebut nantinya akan bermanfaat untuk menganalisis pengeluaran dan pemasukan yang paling besar dari masing-masing kategori.

Baca Juga  Cara Melihat Teman Aktif Di MiChat

Datanya akan tersaji dalam bentuk grafik batang dan diagram lingkaran. Sehingga memudahkan pengguna dalam mengecek seluruh pengeluaran dan pemasukan. 

Tidak ketinggalan juga fitur pengingat untuk pembayaran tagihan rutin. Seperti tagihan PLN, PDAM, BPJS, Angsuran Kredit, dan sebagainya.

Monefy

Aplikasi untuk Mencatat Pengeluaran -  Monefy
Aplikasi untuk Mencatat Pengeluaran – Monefy

Jika Anda membutuhkan aplikasi untuk mencatat pengeluaran dengan tampilan yang lebih eye catching, maka aplikasi Monefy merupakan alternatif tepat.

Fiturnya hampir sama dengan Money Lover, yang membedakan adalah penggunaan ikon untuk setiap kategori di Monefy. Tampilannya terkesan lebih segar dan menarik. 

Pada halaman awal, akan disajikan diagram lingkaran yang berisi rekap data pengeluaran per kategorinya. Anda dapat mengontrol pengeluaran lebih baik dengan hadirnya fitur ini. 

Data keuangannya pun tetap bisa diakses meskipun Anda mengganti gadget. Sebab data di Monefy bisa disimpan melalui Google Drive dan Dropbox.

Oleh sebab itu, Anda sebelumnya perlu mencadangkan data tersebut secara rutin agar saat ingin mengimpor data dari cloud storage ke perangkat baru bisa lebih lengkap.

Namun sayangnya, aplikasi Monefy tidak menyediakan mata uang rupiah.

Money Pro

Aplikasi Money Pro
Aplikasi Money Pro

Jika Anda menginginkan tampilan yang lebih profesional, Money Pro menawarkan tampilan aplikasi pengatur keuangan yang lebih baik.

Tampilan latar belakangnya gelap dengan konten yang berwarna kontras. Setiap kategori pengeluaran ditampilkan dalam warna yang berbeda. Sehingga penggunanya bisa lebih mudah mengidentifikasi pengeluarannya.

Anda dapat menganggarkan pendapatan serta pengeluaran dengan sangat mudah. Tersedia juga fitur pengingat untuk tagihan yang meliputi jenis tagihan, tanggal jatuh tempo, serta jumlah tagihan yang harus dibayarkan.

Lebih jauh lagi, aplikasi ini mampu melakukan sinkronisasi akun bank dan juga kartu kredit. Semua transaksi dapat tercatat dengan baik secara otomatis, baik itu transaksi non tunai sekalipun. 

Baca Juga  Aplikasi Investasi Modal 10 Ribu Bagi Pemula

Demikian beberapa rekomendasi aplikasi untuk mencatat pengeluaran terbaik yang dapat Anda coba. Aplikasi semacam ini wajib Anda gunakan untuk mengontrol pengeluaran harian Anda. Jangan sampai gaji Anda habis begitu saja, tanpa tahu kemana perginya.


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − seventeen =

Social Media

PC dan Laptop

Tips n Trik

On Key

Artikel Terkait

Scroll to Top