Aplikasi untuk Membuka File XLSX

4 Aplikasi untuk Membuka File XLSX di Android

5/5 - (1 vote)

LABtekno.com – Aplikasi untuk membuka file XLSX sebenarnya tidak hanya tersedia di laptop atau komputer saja. Sekarang ini file XLSX juga dapat dibuka di Android langsung. Anda tidak perlu repot-repot membuka file tersebut di laptop.

Perlu diketahui sebelumnya, file dengan ekstensi .XLSX merupakan format dokumen Microsoft Excel Open XML Spreadsheet. File semacam ini dibuat dengan menggunakan Microsoft Excel.

File XLSX biasanya berisi spreadsheet yang digunakan untuk menganalisis, mengatur hingga menyimpan data dengan menggunakan tabel. 

Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi untuk membuka file XLSX di Android:

Microsoft Excel

Aplikasi untuk membuka file xlsx yang paling utama, jelas yaitu Microsoft Excel. Bukan hanya kompatibel digunakan pada laptop maupun komputer, Anda juga bisa menggunakannya pada smartphone Android. Anda hanya perlu mendownload aplikasi Microsoft Excel di Google Play Store. 

Aplikasi ini bisa membuka seluruh file XLS tanpa ada bagian layout yang hilang. Meskipun ukuran layar smartphone lebih kecil dari pada desktop, namun seluruh data yang ditampilkan dalam file XLS tetap dapat dibuka dan dibaca dengan baik. 

Bukan hanya membuka file XLSX saja, Anda juga bisa membuat dokumen XLSX baru, mengeditnya, dan membagikannya kepada orang lain dengan mudah dan cepat.

Pada versi Androidnya, Microsoft Excel sama seperti versi desktopnya, dapat membuat dan menampilkan berbagai macam grafik dari data yang sudah dibuat menggunakan aplikasi tersebut. 

Setelah menyelesaikan file XLSX, Anda dapat menyimpannya di penyimpanan internal, DropBox ataupun Google Drive. 

WPS Office

Aplikasi untuk membuka file XLSX selanjutnya yaitu WPS Office. Aplikasi ini menawarkan lebih banyak fitur dengan ukuran yang sedikit lebih kecil dari aplikasi Microsoft Excel. 

Hal ini tentu akan lebih menghemat memori penyimpanan di gadget Anda.

Tidak hanya bisa membuka file XLSX, Anda juga bisa membuka seluruh file Office tanpa terkecuali. Bisa dikatakan, aplikasi ini all in one atau sangat lengkap. Anda hanya perlu satu aplikasi untuk membuka seluruh format dokumen yang Anda miliki, seperti doc, xls, pdf dan sejenisnya. WPS Office menyediakan fasilitas untuk membaca file XLS dengan jelas. Anda juga dapat mengedit file yang sedang Anda buka dengan cepat. Seperti misalnya menambahkan data, mengisi formula, perubahan font dan lain sebagainya.

Cara membuka file xlsx di android melalui aplikasi WPS Office sebenarnya sangat mudah. Anda hanya perlu melakukan klik dua kali pada file xlsx yang Anda miliki. Maka dalam sekejap aplikasi WPS akan menampilkan dokumen tersebut.

Polaris Office

Alternatif aplikasi untuk membuka file XLSX selanjutnya adalah Polaris Office. Hampir sama dengan aplikasi sebelumnya, Polaris Office juga dapat Anda gunakan untuk membuka file XLS. 

Aplikasi ini mungkin tidak terlalu banyak fitur yang tersedia, namun masih sangat cukup jika digunakan untuk para pekerja yang butuh waktu singkat dan melakukan perubahan saat sedang di perjalanan. 

Anda bisa menambahkan berbagai macam formula hingga 300 varian lebih, serta menggunakan 20 tipe grafik berbeda yang mampu menunjang pekerjaan Anda. 

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan berbagai filter, template, tema dan bentuk bangun ruang.

Kabar baiknya, Polaris Office menyediakan penyimpanan berbasis Cloud dengan kapasitas mencapai 10 GB. Hal ini jelas dapat memudahkan Anda agar dapat langsung menyimpan hasil pekerjaan tersebut di cloud ini secara otomatis. 

Namun jika Anda sudah terbiasa dengan penyimpanan lain, Anda bisa memilih antara menyimpan di penyimpanan lokal, DropBox, Google Drive, OneDrive dan lain-lain.

Google Sheet

Jika Anda menginginkan aplikasi yang lebih praktis, maka Google Sheet adalah pilihan yang tepat. Sebab aplikasi buatan Google ini khusus digunakan untuk menangani dokumen berbasis spreadsheet atau berekstensi XLSX. 

Semua file Excel bisa dibuka melalui aplikasi ini, bahkan pengguna android sekalipun sangat kompatibel. 

Terlebih lagi, Google Sheet bisa terintegrasi dengan seluruh aplikasi Google lainnya seperti Gmail, Google Drive, dan lain-lain. Sehingga Ekosistem tersebut dapat memudahkan Anda dalam mengaksesnya tanpa aplikasi lain. 

Tampilan antarmukanya yang sederhana dan dapat memudahkan dalam mengerjakan berbagai fungsi Microsoft Excel tentu membuat aplikasi ini layak Anda coba. 

Google Sheet tetap bisa digunakan meskipun dalam keadaan offline atau tidak terhubung ke jaringan.

Demikian beberapa rekomendasi aplikasi untuk membuka file XLSX di Android yang dapat Anda coba gunakan. Semua aplikasi di atas menawarkan kemudahan yang sama dalam membuka file XLSX secara langsung dari smartphone saja. Anda tak perlu repot membuka laptop atau komputer. Sehingga dapat diakses kapan saja dan dimana saja.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

thirteen + two =

Scroll to Top