Aplikasi untuk Memancing Ikan di Laut

4 Aplikasi untuk Memancing Ikan di Laut Terbaik

5/5 - (1 vote)

LABtekno.com – Aplikasi untuk memancing ikan di laut merupakan salah satu terobosan penting dalam perkembangan teknologi kemaritiman.

Era digitalisasi sekarang ini memungkinkan semua hal untuk dapat dilakukan dengan lebih mudah. Bahkan nelayan sekalipun, yang selama ini menggunakan cara tradisional dan manual kini tersedia opsi untuk memanfaatkan aplikasi untuk memancing ikan di laut.

Aplikasi pendukung produktivitas di sektor perikanan dan kelautan mungkin belum banyak terasa. 

Padahal sebenarnya aplikasi semacam ini dirancang oleh berbagai tenaga ahli dari Indonesia sebagai negara kepulauan yang mencoba menciptakan aplikasi yang mampu memberikan kemudahan bagi nelayan.

Hasil tangkapan ikan dapat meningkat berkat penggunaan aplikasi tersebut. Sebab aplikasi untuk memancing ikan di laut biasanya dapat memperkirakan arah dan kekuatan angin serta kecepatannya.

Nelayan sampai sekarang ini mungkin masih banyak yang hanya dikira-kira dengan cara tradisional.

Berikut ini beberapa aplikasi untuk memancing ikan di laut terbaik:

Laut Nusantara

Aplikasi untuk memancing ikan pertama yaitu Laut Nusantara. Aplikasi tersebut dikembangkan oleh PT XL Axiata Tbk dengan tujuan untuk membantu nelayan di seluruh penjuru nusantara. 

Sudah lebih dari 10.000 pengguna smartphone yang telah mendownload dan menginstalnya.

Perlu diketahui bahwa, Laut Nusantara telah dukungan langsung oleh Balai Riset dan Observasi Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). 

Adapun beberapa fitur yang ditawarkan, yaitu informasi persebaran ikan di perairan Indonesia, informasi seputar potensi dan isu kelautan seperti terumbu karang, pelestarian biota laut dan masih banyak informasi lainnya.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur paparan data cuaca yang update khusus untuk menyajikan prakiraan untuk nelayan dalam menentukan arah angin, kecepatan angin, dan tinggi gelombang.

Baca Juga  Aplikasi Untuk Mengedit Lagu

Praktisnya lagi, pengguna dapat melaporkan hasil tangkapan yang terintegrasi dengan dinas terkait, lengkap dengan harga ikan dipasaran. 

Tidak hanya itu, pengguna juga dapat melakukan perhitungan bbm yang akan terpakai sesuai dengan mesin yang digunakan nelayan.

Nelayan

Aplikasi untuk memancing ikan di laut selanjutnya yaitu Aplikasi Nelayan. Seperti namanya, aplikasi ini ditujukan khusus untuk mempermudah pekerjaan nelayan. 

Aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan digital asal Bekasi, 8villages ini jika dilihat dari segi visualnya, memiliki tampilan yang paling baik untuk user experience.

Pengguna dapat membaca berbagai informasi berupa artikel yang telah disediakan dan berbagai cara terkait penangkapan ikan, hingga pembudidayaan dan prospek bisnis perikanan. 

Lebih pentingnya lagi, aplikasi ini juga dilengkapi dengan harga pasaran ikan dengan pilihan berbagai daerah di Indonesia.

Aplikasi Nelayan lebih menekankan kepada hasil tangkapan dan potensi bisnis perikanan. Nelayan dapat langsung menjual ikan kepada pembeli tanpa ada penengah. Melihat hal tersebut, sepertinya memang aplikasi Nusantara ingin memotong jalur perdagangan, agar nelayan tidak lagi menjual murah hasil tangkapannya ke para tengkulak. 

Namun sayangnya, aplikasi Nelayan tidak menawarkan informasi potensi persebaran ikan yang dapat menunjang hasil tangkapan nelayan.

Fishing Point

Bagi orang yang hobi melaut untuk mancing atau orang yang berprofesi sebagai nelayan sekalipun, aplikasi Fishing Point bisa dimanfaatkan untuk mempermudah aktivitas tersebut. Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan asal Klagenfurt, Austria.

Fishing Point menawarkan berbagai informasi seperti prakiraan cuaca, gelombang dan navigasi arah lokasi mancing. Aplikasi ini juga menyediakan fitur berbagi untuk pengguna berbagi lokasi kepada teman. Hal ini sangat bermanfaat nantinya jika ingin mengetahui lokasi teman yang berada di kapal lain. 

Baca Juga  Begini Cara Mendapatkan Label Bintang di StarMaker

Penggunanya dapat menyimpan titik koordinat lokasi penangkapan ikan agar dapat kembali lagi di waktu lain.

Jika pengguna ingin membuka fitur eksklusifnya, maka beralihlah ke versi premiumnya. Biaya langganannya sebesar Rp 10 ribu perbulan yang ditagih tahunan, atau bisa juga dengan memilih opsi tagihan bulanan untuk jangka pendek dengan harga Rp 25 ribu perbulan.

Nelayan Pintar

Ada juga aplikasi untuk memancing ikan di laut berplat merah, yaitu Nelayan Pintar. Aplikasi Sistem Informasi Kenelayanan ini dikembangkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Ditjen Perikanan, Balai Penelitian dan Observasi Laut, bekerjasama dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk data cuaca.

Sebenarnya aplikasi Nelayan Pintar sudah dirilis sejak tahun 2016 yang bertujuan untuk menjadi salah satu aplikasi penyedia informasi bagi nelayan yang lengkap.

Aplikasi Nelayan Pintar mampu menampilkan informasi cuaca dan gelombang laut. Selain itu, fitur persebaran titik potensi ikan dan tanda labuh jangkar kapal-kapal besar juga tersedia.

Ada pula data pelabuhan yang mungkin masih banyak pelabuhan kecil di kawasan kepulauan yang belum terdata. Namun akan terus diupdate secara berkala agar semakin lengkap.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga mampu memperkirakan penggunaan BBM dan harga pasar ikan. Hal ini sangat penting dan dapat dijadikan oleh para nelayan untuk menyongsong revolusi industri 4.0.

Sebelum dapat menikmati fitur-fitur menarik dari Nelpin tersebut, pengguna harus login dengan menggunakan nomor KTP, SIM, Anggota nelayan ataupun nomor handphone.

Demikian beberapa aplikasi untuk memancing ikan di laut terbaik yang dapat Anda gunakan. Aplikasi semacam ini memang akan sangat mempermudah aktivitas Anda. Terlebih jika Anda sebelumnya memang tidak terlalu mendalami ilmu-ilmu yang biasa digunakan dalam bidang kelautan.

Baca Juga  Aplikasi Untuk Membuat Logo Squad Mobile Legend

Leave a Comment

Your email address will not be published.

one + one =

Scroll to Top