Aplikasi untuk Melacak No HP, Agar Terhindar dari Penipuan

5/5 - (1 vote)

LABtekno.com – Aplikasi untuk melacak no hp bisa Anda gunakan untuk mengetahui identitas nomor tidak dikenal. Aplikasi semacam ini penting untuk meminimalisir terkena jebakan penipuan yang sangat massif belakangan ini.

Anda mungkin sering mendapatkan pesan maupun panggilan dari nomor tidak dikenal. Hal ini sering kali membuat penerimanya merasa tidak nyaman. Jika sekali dua kali, mungkin bisa langsung memblokirnya atau mengabaikannya dengan menghapus pesan tanpa perlu dibaca. Namun jika hal ini terlalu sering, tentu akan mengganggu juga.

Jika Anda penasaran, sebetulnya bisa langsung melacak identitas pelaku dengan memanfaatkan beberapa aplikasi untuk melacak No HP. Berikut daftar rekomendasinya, antara lain:

Showcaller

Aplikasi yang pertama yaitu Showcaller. Sudah tertera jelas pada namanya, aplikasi ini mampu melacak nomor HP yang belum tersimpan di perangkat Anda. Showcaller merupakan salah satu aplikasi untuk melacak no HP yang paling populer. Sebab melalui aplikasi ini, Anda mampu mengidentifikasi nomor telepon asing, menampilkan identitas pelaku, sekaligus lokasi di mana pelaku berada.

Tidak hanya itu, pengguna dapat melihat berbagai komentar yang sebelumnya telah diberikan kepada nomor yang sedang dilacak tersebut. Jika sebelumnya pernah melakukan tindak kejahatan dengan nomor tersebut, tentu akan ada beberapa komentar dari korbannya yang menjelaskan peristiwa itu.

Whoscall

Sama dengan aplikasi sebelumnya, aplikasi Whoscall juga dapat dimanfaatkan sebagai aplikasi untuk melacak no HP. Track record aplikasi ini sudah tercatat hampir satu dekade telah dimanfaatkan untuk memberi informasi bagi penggunanya mengenai pemiliki nomor asing yang mengganggu.

Baca Juga  7 Aplikasi untuk Merekam Layar HP Terbaik

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga akan secara otomatis menampilkan nama dan catatan yang telah ditinggalkan pengguna lain terhadap nomor tersebut. Jadi Anda bisa langsung mengeceknya, apakah nomor yang menghubungi Anda berpotensi memiliki niat kejahatan atau tidak.

TelGuarder

Aplikasi untuk melacak no HP selanjutnya adalah TelGuarder. APlikasi ini juga bisa dijadikan alternatif jika Anda sedang mencari aplikasi yang mampu melacak nomor yang dianggap spam. Pengguna juga dapat melaporkan nomor asing yang dianggap mengganggu, serta meninggalkan komentar di dalamnya. Sehingga pengguna lain dapat mengetahuinya track record no HP tersebut. Setiap komentar yang masuk akan tercatat dalam database TelGuarder.

Truecaller

Jika Anda mencari aplikasi untuk melacak no HP yang paling populer dan sudah banyak penggunanya, maka aplikasi Truecaller inilah jawabannya. Pengguna aktif Truecaller, baik itu pengguna Android dan iOS sampai saat ini sudah tercatat lebih dari 200 juta orang.

Dengan banyaknya pengguna tersebut, komentar atas nomor yang tidak terkenal juga akan lebih beragam. Aplikasi ini mampu mengidentifikasi nomor yang tidak dikenal dan akan menampilkan warna merah jika nomor yang dilacak termasuk nomor berbahaya. Jika merasa terganggu, Anda bisa langsung memblokir nomor yang bersangkutan.

Hiya

Aplikasi selanjutnya ini lebih menarik, yaitu Aplikasi Hiya. Aplikasi ini pada awalnya bernama Whitepages Caller ID. Perubahan namanya ini bersamaan dengan fitur tambahan yang lebih baik dari sebelumnya. Dengan aplikasi Hiya, Anda bisa memblokir panggilan masuk dan SMS spam dari nomor asing. Jika pemilik nomor tersebut menyembunyikan nomornya, Hiya akan tetap mampu mendeteksi nomor tersebut, apakah nomor itu termasuk spam, virus, malware, adware atau spyware.

Mr. Number – Block Calls & Spam

Mr. Number – Block Calls & Spam hampir sama dengan beberapa aplikasi di atas. Aplikasi ini dapat dengan sigap memblokir nomor telepon yang terdeteksi sebagai spam atau penipuan. Keunggulan lainnya dari aplikasi ini yaitu akan memblokir panggilan asing dengan kode tertentu, serta nomor yang dicurigai sebagai pelaku spam. Jadi Anda tidak perlu menerimanya secara langsung, melalui aplikasi ini jika sudah terdeteksi sebagai spam, maka akan langsung segera diblokir secara otomatis.

Baca Juga  4 Aplikasi untuk Menggandakan Aplikasi di Android

Tellows – Caller ID & Block

Jika Anda membutuhkan informasi dari nomor yang tidak dikenal lebih lengkap, maka Tellow – Caller ID & Block patut dicoba. Sebab, aplikasi untuk melacak no HP yang satu ini memiliki fitur yang lebih lengkap dibanding aplikasi pelacar nomor ponsel lainnya. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan berbagai macam informasi mengenai nama, alamat, hingga lokasi nomor tersebut.

Selain itu, aplikasi ini juga mampu mengelompokkan nomor yang tidak dikenal menjadi 9 jenis, yaitu nomor terpercaya, nomor perusahaan penagih utang, undian berhadiah, survei, iklan, teror, penipuan uang, telemarketing, hingga missed call.

Demikian beberapa aplikasi untuk melacak no hp tidak dikenal yang dapat Anda gunakan. Aplikasi ini paling tidak dapat dimanfaatkan untuk menggali informasi terkait no HP asing tersebut. Sehingga jika memang memiliki track record yang buruk, Anda dapat langsung mengabaikannya. Jangan sampai Anda tertipu gara-gara ada panggilan masuk yang mengaku sebagai teman, kerabat maupun saudara jauh dari Kalimantan. Sudah bukan jamannya lagi.


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × five =

Social Media

Artikel Terbaru

On Key

Artikel Terkait

Cara Melihat Stalker di Instagram

5 Cara Melihat Stalker di Instagram

LABTekno.com – Cara melihat stalker di Instagram bisa dilakukan dengan bantuan tools maupun aplikasi checker. Instagram memang menjadi salah satu media sosial yang paling populer untuk meningkatkan eksistensi. Namun perlu diingat juga bahwa konsekuensinya adalah postingan yang telah dibagikan otomatis

Review ASUS VivoBook 16X OLED

Review ASUS Vivobook 16X OLED, Laptop 4K untuk Konten Kreator

LABTekno.com – ASUS Vivobook 16X OLED merupakan laptop yang diciptakan khusus bagi content creator digital. Semua hal yang dibutuhkan dalam proses pembuatan konten telah mendukung dengan baik. Laptop ASUS Vivobook 16X OLED dikelompokkan menjadi 2 kategori berdasarkan chipset yang digunakan,

Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip

Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip Segera Rilis

LABTekno.com – Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip, dua smartphone terbaru dari Oppo dikabarkan akan segera dirilis. Meski belum ada informasi resmi mengenai tanggal kepastiannya. Namun biasanya Oppo akan merilis produk terbarunya pada pertengahan Desember, yaitu pada acara

Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru

3 Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru dengan Mudah

LABTekno.com – Cara memindahkan kontak ke HP baru bisa dilakukan dengan mudah. Tak perlu menyimpannya satu per satu secara manual. Ada cara yang jauh lebih mudah, praktis dan cepat. Sehingga pekerjaan lebih efisien.  Salah satu masalah yang sering dihadapi ketika

Scroll to Top