5 Aplikasi Scan Dokumen Di HP Gratis

Aplikasi Scan Dokumen Di HP
Rate this post

LABtekno.com – Aplikasi scan dokumen di HP gratis dapat memudahkan Anda melakukan pengarsipan file di zaman digital. Tak perlu repot-repot pergi ke tempat fotocopy. Anda dapat melakukannya sendiri melalui smartphone secara gratis.

Di zaman yang serba cepat dan efisien ini, alat pemindaian manual sudah hampir ditinggalkan. Memindai dokumen fisik menjadi dokumen digital dianggap lebih praktis. Hasil scan tersebut dapat Anda gunakan kapanpun dan dapat dikirimkan ke siapapun melalui media sosial.

Keperluan mencari pekerjaan saat ini juga membuka banyak peluang recruitment online pegawai. Berbagai dokumen pribadi harus dikirimkan melalui form pendaftaran online.

Oleh sebab itu, menggunakan aplikasi scanner merupakan solusi terbaik. Berikut ini rekomendasi beberapa aplikasi scan dokumen di HP gratis:

Genius Scan

Aplikasi Scan Dokumen di HP - Genius Scan
Genius Scan (sumber: Google Play Store)

Rekomendasi aplikasi scan dokumen di HP yang pertama adalah Genius Scan. Aplikasi ini merupakan alat pemindai dokumen di HP yang mendukung format JPG dan PDF. 

Anda dapat men-scan beberapa berkas dan mengatur tata letak halaman yang berbeda seperti A5, A4, A3, kartu nama, dan surat resmi. 

Menariknya, aplikasi Genius Scan dilengkapi dengan beberapa fitur koreksi, deteksi halaman, dan berbagai pemindaian dengan peningkatan kualitas tinggi.

Bukan hanya itu, aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk membuat cadangan dan memulihkan data yang telah terpindai secara otomatis. 

Tenang saja, Genius Scan kompatibel untuk semua perangkat, baik itu Android, iOS, maupun Windows.

Handy Scanner

Aplikasi Scan Dokumen di HP - Handy Scan
Handy Scanner (sumber: APK Pure)

Rekomendasi aplikasi scan dokumen di HP berikutnya adalah Handy Scan – 3D Scanner. Aplikasi tersebut menawarkan fitur yang cukup canggih dalam hal pemindaian PDF dengan kualitas cukup baik.

Baca Juga  Cara Edit Foto Halu Challenge di PicsArt

Tersedia fitur batch scan yang dapat Anda manfaatkan untuk melakukan banyak dokumen sekaligus. Sama seperti fitur yang tersedia pada aplikasi scanner gratis pertama, Handy Scanner juga menawarkan fitur pencadangan dan pemulihan otomatis. 

Sehingga pengguna tak perlu khawatir jika sewaktu-waktu membackup file tersebut melalui Google Drive, Dropbox, dan layanan cloud lainnya. 

Namun jika Anda ingin membuka seluruh fitur tambahan seperti pemindaian dengan kualitas lebih baik, tanpa batasan tangkapan kamera dan penyempurnaan hasil scan, maka perlu beralih ke versi premium.

CamScanner

Cam Scanner
CamScanner (sumber: Google Play Store)

Aplikasi scanner terbaik ketiga yaitu CamScanner. Aplikasi ini dapat diakses secara gratis melalui Android dan iOS. Tampilan antarmukanya sederhana dan cara menggunakannya juga gampang.

Anda dapat memindai dokumen fisik menjadi file PDF, seperti tanda terima, catatan di papan tulis, kartu nama, kartu ID, dan lainnya.

Anda dapat meningkatkan kualitas pemindaian, mengekstrak teks dari gambar, serta menambahkan beberapa keterangan. 

Selain itu, CamScanner juga menawarkan fitur “search” untuk membantu mencari arsip dokumen lama yang pernah dipindai. Hal ini dapat dilakukan karena didukung oleh berbagai layanan penyimpanan cloud, seperti Box, Dropbox, Evernote, Google Drive, dan OneDrive

Adobe Scan

Adobe Scan
Adobe Scan (sumber: uptodown.com)

Rekomendasi aplikasi scan dokumen di HP selanjutnya yaitu Adobe Scan. Aplikasi scanner dokumen dari Adobe ini mampu mempermudah tugas Anda dalam membuat file PDF. 

Rekomendasi aplikasi scan dokumen di HP selanjutnya yaitu Adobe Scan. Aplikasi scanner terbaik untuk memindai dokumen ini masih keluarga Adobe. Adobe Scan mampu mempermudah tugas Anda dalam membuat file PDF.

Tenang saja, apapun perangkat yang Anda gunakan, baik itu Android maupun iOS, Adobe Scan tetap kompatibel. 

Baca Juga  Aplikasi Edit Foto Kpop Terbaik, Auto Halu

Cara kerjanya sama dengan aplikasi scanner lainnya yang memanfaatkan kamera untuk scanning dokumen. 

Menariknya, Anda dapat melihat pratinjau hasil scan terlebih dahulu. Kemudian dapat dioptimalkan dimensi, posisi, memotong file, hingga mengedit warnanya sesuai kebutuhan.

Kelebihan yang tentu menjadi nilai tambah tersendiri yaitu karena Adobe Scan terintegrasi dengan aplikasi Adobe lain, seperti Adobe Acrobat dan Adobe Fill & Sign

Sehingga Anda dapat melanjutkan tugas Anda dalam satu ekosistem aplikasi, baik itu mengedit, membubuhi tanda tangan hingga menambahkan keterangan lain dalam dokumen tersebut.

Microsoft Office Lens

Microsoft Office Lens
Microsoft Office Lens (sumber: s3now.news)

Jika sebelumnya dari keluarga Adobe, maka kurang lengkap jika tidak menyertakan aplikasi scan dokumen di HP dari keluarga Microsoft.

Aplikasi scannernya bernama  Office Lens. Aplikasi ini mampu mengkonversikan gambar menjadi PDF, Word, bahkan PowerPoint

Hasil pemindaiannya juga dapat disimpan ke OneNote atau OneDrive karena Microsoft telah mengintegrasikan fiturnya.

Selain itu, file yang sudah dipindai akan dikenali secara otomatis melalui teknologi OCR. Teknologi tersebut dapat mempermudah Anda dalam melakukan pencarian kata dalam gambar. Baru kemudian mengedit dan menyalinnya. 

Masuk pada daftar rekomendasi terbaik bukan tanpa alasan. Sebab Microsoft Lens pada tahun 2015 pernah berhasil dinobatkan sebagai Best App of 2015 oleh Google Play untuk wilayah Amerika Serikat dan Puerto Rico.

Demikian rekomendasi beberapa aplikasi scan dokumen di HP gratis yang layak Anda coba. Pilih salah satunya saja yang sesuai dengan kebutuhan. Selamat mencoba!


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + four =

Social Media

Artikel Terbaru

On Key

Artikel Terkait

Cara Melihat Stalker di Instagram

5 Cara Melihat Stalker di Instagram

LABTekno.com – Cara melihat stalker di Instagram bisa dilakukan dengan bantuan tools maupun aplikasi checker. Instagram memang menjadi salah satu media sosial yang paling populer untuk meningkatkan eksistensi. Namun perlu diingat juga bahwa konsekuensinya adalah postingan yang telah dibagikan otomatis

Review ASUS VivoBook 16X OLED

Review ASUS Vivobook 16X OLED, Laptop 4K untuk Konten Kreator

LABTekno.com – ASUS Vivobook 16X OLED merupakan laptop yang diciptakan khusus bagi content creator digital. Semua hal yang dibutuhkan dalam proses pembuatan konten telah mendukung dengan baik. Laptop ASUS Vivobook 16X OLED dikelompokkan menjadi 2 kategori berdasarkan chipset yang digunakan,

Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip

Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip Segera Rilis

LABTekno.com – Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip, dua smartphone terbaru dari Oppo dikabarkan akan segera dirilis. Meski belum ada informasi resmi mengenai tanggal kepastiannya. Namun biasanya Oppo akan merilis produk terbarunya pada pertengahan Desember, yaitu pada acara

Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru

3 Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru dengan Mudah

LABTekno.com – Cara memindahkan kontak ke HP baru bisa dilakukan dengan mudah. Tak perlu menyimpannya satu per satu secara manual. Ada cara yang jauh lebih mudah, praktis dan cepat. Sehingga pekerjaan lebih efisien.  Salah satu masalah yang sering dihadapi ketika

Scroll to Top