Aplikasi Plagiarism Checker Terbaik 2022

Achmad Fachrur Rozi

Aplikasi Plagiarism Checker Terbaik
5/5 - (2 votes)

LABtekno.com – Aplikasi plagiarism checker memang sangat dibutuhkan bagi para penulis. Sekarang ini, sudah banyak aplikasi yang mampu mengecek dan memastikan orisinalitas suatu karya.

Terdapat juga aplikasi plagiarism checker gratis yang dapat Anda gunakan untuk mengecek tingkat plagiasi pada tulisan.

Berikut ini beberapa aplikasi plagiarism checker terbaik 2022 yang wajib Anda gunakan:

Turnitin

Bagi akademisi, aplikasi plagiarism checker yang paling populer dan wajib digunakan adalah Turnitin.

Aplikasi Plagiarism Checker - Turnitin

Aplikasi Turnitin mampu mengecek cek plagiasi dalam dunia akademik. Turnitin akan memeriksa karya ilmiah dan memastikan tingkat kesamaannya dengan dokumen lain yang terdapat di buku, artikel, situs web, internet dan lain sebagainya.

Namun sayangnya, aplikasi Turnitin tidak dapat diakses secara gratis. Anda harus membayar atau berlangganan terlebih dahulu melalui institusi yang bekerja sama dengannya.

Bagi mahasiswa atau dosen yang berada di sebuah institusi perguruan tinggi, Anda dapat menanyakan hal tersebut kepada pihak kampus.

DupliChecker

Dupli Checker

Jika Anda sedang mencari aplikasi plagiarism checker gratis, maka DupliChecker merupakan pilihan paling tepat. Meskipun memiliki tampilan yang sederhana, namun aplikasi tersebut memiliki tingkat akurasi pengecekan yang cukup tinggi.

Anda dapat mengecek karya tulisan dengan membuat akun, agar bisa mengecek plagiarism 50 tulisan gratis per hari.

Sebab jika Anda belum memiliki akun, maka Anda hanya dapat mengecek satu dokumen saja per hari. 

Grammarly

Grammarly

Aplikasi plagiarism checker yang ketiga adalah Grammarly. Aplikasi ini cukup populer bagi yang sering memeriksa susunan kata atau grammar dalam bahasa Inggris. Di dalamnya terdapat fitur cek plagiarisme juga.

Fitur tersebut tersedia dalam versi gratis dan berbayar.

Baca Juga  Aplikasi untuk Menyembunyikan Foto

Jika Anda ingin mengecek tingkat plagiasi dengan Grammarly, maka Anda hanya perlu memasukkan teks yang ingin diperiksa pada kolom yang tersedia. Kemudian nantinya Grammarly akan memproses atau mengecek plagiarism melalui database yang dimilikinya.

Setidaknya terdapat 16 miliar database di dalamnya, dengan kata lain termasuk salah satu terbanyak di dunia.

Oleh sebab itu, tingkat akurasinya tidak diragukan lagi. Meskipun aplikasi ini dapat diakses secara gratis.

PaperRater

PaperRater

Jika Anda ingin mengecek plagiasi dan mengedit kosakata yang relevan pada tulisan Anda agar lolos plagiasi, maka aplikasi PaperRater merupakan solusi terbaik. 

Sebab aplikasi tersebut mampu mengecek plagiarism dan menentukan jenis dokumen hingga level tingkatannya. 

Perlu diketahui bahwa aplikasi PaperRater sekarang ini sudah digunakan lebih dari 140 negara. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk mengecek grammar, serta memberi saran kosakata pada hasil tulisan.

Proses pengecekannya berlangsung cepat dan memiliki berbagai pakar dalam developer aplikasi tersebut. 

Namun sayangnya, aplikasi ini dinilai tidak seakurat aplikasi Grammarly yang sama-sama dapat diakses secara gratis.

ProWritingAid

Aplikasi plagiarism checker selanjutnya yaitu ProWritingAid. Aplikasi tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk mengecek tingkat plagiasi suatu karya, mengecek grammar, gaya penulisan, dan pengucapannya.

ProWritingAid

Tenang saja, aplikasi tersebut juga dapat diakses secara gratis untuk percobaan dan pembayaran dapat dilakukan jika ingin berlangganan seterusnya.

Anda dapat mengecek kata-kata yang sering terulang dan komponen lainnya di aplikasi ProWritingAid agar tulisan Anda lebih berkualitas. 

Plagiarisma

Plagiarisma

Bagi Anda yang bergelut di dunia tulis-menulis, apalagi menguasai berbagai bahasa, maka aplikasi Plagiarisma mungkin cocok untuk digunakan. 

Sebab aplikasi tersebut menyediakan berbagai bahasa di dalamnya, yaitu sekitar 190 bahasa yang dapat dicek melalui aplikasi Plagiarisma.

Baca Juga  Aplikasi Pencatatan Penjualan Gratis Terbaik 2022

Bukan hanya untuk mengecek dokumen saja, Anda juga dapat mengecek dokumen online dengan hanya menempelkan URL pada kolom yang tersedia. 

Jika ingin lebih praktis, maka silakan instal add-on atau plugin pada browser yang Anda gunakan, seperti Chrome maupun Firefox.

Check-plagiarism

Aplikasi Plagiarism Checker

Aplikasi plagiarism checker berikutnya adalah Check-Plagiarism. Aplikasi ini dapat Anda gunakan secara gratis untuk mengecek plagiarism. 

Soal kecepatan dan akurasi, aplikasi ini sangat mampu diandalkan. Tidak hanya itu, Check-Plagiarism juga mampu mengecek beberapa dokumen sekaligus. 

Bagi yang ingin lebih praktis, silakan mengunduhnya sebagai WordPress Plugin atau website widget. 

Check-Plagiarism sangat mudah digunakan, bahkan mampu mengecek berbagai format dokumen seperti DOC, DOCX, PDF, atau TXT.

Demikian beberapa rekomendasi aplikasi plagiarism checker terbaik 2022. Gunakan salah satu dari daftar di atas untuk memastikan orisinalitas karya tulisan Anda. 

Tentukan pilihan Anda sekarang juga dan mulailah mencobanya!

Baca Juga

Tags

Leave a Comment