Aplikasi Memperkecil Ukuran Video Terbaik

aplikasi memperkecil ukuran video
5/5 - (1 vote)

LABtekno.com – Aplikasi memperkecil ukuran video sudah menjadi kebutuhan penting bagi setiap konten kreator. Sebab hasil editing video biasanya memiliki ukuran yang sangat besar. Sehingga proses upload video ke media sosial nantinya akan semakin lama.

Beberapa media sosial bahkan memiliki bandwidth dan batas ukuran tertentu. Mau tidak mau, ukuran video yang ingin diupload pun menyesuaikan. 

Sayangnya, video berkualitas tinggi pada platform media sosial tidak memungkinkan, seperti Gmail memiliki batas ukuran maksimal 25 MB dan WhatsApp lebih kecil lagi, yaitu 16 MB saja.

Oleh sebab itu, hampir semua orang membutuhkan aplikasi kompres video. Bukan hanya untuk berbagi file video saja, melainkan juga menambah ruang kosong di perangkat tersebut.

Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi memperkecil ukuran video:

Smart Video Compressor

Aplikasi memperkecil ukuran video - Smart Video Compressor

Aplikasi memperkecil ukuran video yang pertama adalah Smart Video Compressor. Aplikasi besutan developer AppAspect Technologies Pvt Ltd. ini mendapatkan rating 4,6 di Play Store.

Hal ini mengindikasikan bahwa aplikasi gratis tersebut layak digunakan untuk memperkecil ukuran video yang diinginkan.

Proses kompresinya juga sangat sederhana dan cepat. Bahkan video kualitas HD dapat dikurangi ukuran filenya lebih dari 70% hingga 80%. Video dengan kualitas 720p, VGA, hingga video berkualitas yang jauh lebih rendah juga dapat dikompresi dan bisa langsung diperiksa. 

Metadata di dalamnya dapat dipertahankan, sehingga tidak benar-benar mengurangi kualitasnya.

Compress Videos & Resize Videos

Compress Videos & Resize Videos

Aplikasi memperkecil ukuran video berikutnya adalah Compress Videos & Resize Video. Tenang saja, aplikasi tersebut juga dapat digunakan secara gratis untuk mengubah ukuran tanpa merusak kualitas video yang dikompres. 

Baca Juga  4 Aplikasi Clone WA Terbaik

Ukuran videonya bahkan dapat berkurang lebih dari 80%. Hal tersebut mampu membantu penggunanya agar lebih menghemat ruang penyimpanan di perangkatnya. 

Anda hanya perlu membuka aplikasi tersebut, lalu pilih video yang ingin dikecilkan ukurannya. Selanjutnya klik tombol ‘Next’ untuk melanjutkannya. Terakhir, ketuk tombol ‘kompres’, maka secara otomatis aplikasi ini akan memulai proses untuk mengecilkan ukuran video yang dipilih.

Hasil kompres video itu, nantinya akan disimpan ke album video terkompresi. Sehingga Anda dapat dengan lebih mudah mencarinya.

Seluruh format video juga hampir mendukung semua. Apalagi dengan tampilan antarmukanya yang sederhana membuat aplikasi tersebut mudah digunakan siapapun.

Selain itu, fitur yang tidak kalah menarik yaitu aplikasi Compress Videos juga mampu mengkonversikan video ke audio. 

Video Transcoder

Aplikasi memperkecil ukuran video - Video Transcoder

Aplikasi memperkecil ukuran video berikutnya adalah Video Transcoder. Aplikasi ini dapat Anda gunakan secara gratis tanpa khawatir memiliki banyak iklan. Sebab Video Transcoder bersifat open-source.

Tujuan aplikasi ini hanyalah memberikan pengalaman yang lebih baik kepada para penggunanya dalam kompresi video.

Anda hanya perlu memilih video yang ingin dikompres, kemudian aplikasi akan menampilkan beberapa pengaturan dan dapat mengubah codec, FPS, kecepatan bit, resolusi dan audio. 

Proses tersebut berlangsung singkat dan file yang sudah selesai dikompres akan disimpan ke memori internal secara otomatis. 

Video Dieter 2

Video Dieter 2

Jika Anda mencari aplikasi yang jauh lebih ringan, maka Video Dieter 2 merupakan aplikasi kompres video yang tepat. Sebab ukurannya hanya 2,2 MB saja. 

Meski ukurannya sangat ringan, namun sudah mendukung berbagai fitur di dalamnya. 

Bukan hanya mendukung pengeditan foto, Video Dieter 2 juga dapat digunakan untuk memutar video dan mendukung konversi konten video dengan resolusi 4K.

Baca Juga  6 Aplikasi untuk Karaoke di HP Android

Anda dapat memilih penerapan filter yang diinginkan pada foto. Video Dieter menawarkan 24 filter foto yang berbeda. 

Sama seperti aplikasi kompres video lainnya, Video Dieter 2 juga menyediakan pilihan untuk menentukan kualitas video: rendah, sedang, dan tinggi.

Perlu diketahui juga bahwa Video Dieter 2 dapat diakses secara gratis tanpa memiliki iklan. 

Jika Anda ingin membuka fitur yang masih terkunci, maka Anda harus membukanya dengan merekomendasikan aplikasi tersebut kepada orang lain. 

Demikian beberapa aplikasi memperkecil ukuran video terbaik yang layak Anda coba. Silakan pilih salah satunya saja untuk menghemat ruang pada memori perangkat Anda. Selamat mencoba!


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + eight =

Social Media

Artikel Terbaru

On Key

Artikel Terkait

Cara Melihat Stalker di Instagram

5 Cara Melihat Stalker di Instagram

LABTekno.com – Cara melihat stalker di Instagram bisa dilakukan dengan bantuan tools maupun aplikasi checker. Instagram memang menjadi salah satu media sosial yang paling populer untuk meningkatkan eksistensi. Namun perlu diingat juga bahwa konsekuensinya adalah postingan yang telah dibagikan otomatis

Review ASUS VivoBook 16X OLED

Review ASUS Vivobook 16X OLED, Laptop 4K untuk Konten Kreator

LABTekno.com – ASUS Vivobook 16X OLED merupakan laptop yang diciptakan khusus bagi content creator digital. Semua hal yang dibutuhkan dalam proses pembuatan konten telah mendukung dengan baik. Laptop ASUS Vivobook 16X OLED dikelompokkan menjadi 2 kategori berdasarkan chipset yang digunakan,

Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip

Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip Segera Rilis

LABTekno.com – Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip, dua smartphone terbaru dari Oppo dikabarkan akan segera dirilis. Meski belum ada informasi resmi mengenai tanggal kepastiannya. Namun biasanya Oppo akan merilis produk terbarunya pada pertengahan Desember, yaitu pada acara

Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru

3 Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru dengan Mudah

LABTekno.com – Cara memindahkan kontak ke HP baru bisa dilakukan dengan mudah. Tak perlu menyimpannya satu per satu secara manual. Ada cara yang jauh lebih mudah, praktis dan cepat. Sehingga pekerjaan lebih efisien.  Salah satu masalah yang sering dihadapi ketika

Scroll to Top