Aplikasi Edit Foto PC Ringan

Rate this post

LABtekno.com – Aplikasi edit foto PC ringan sangat dibutuhkan bagi perangkat yang memang spesifikasinya bukan khusus diperuntukkan untuk proses penyuntingan foto. Jika biasanya para professional menggunakan aplikasi yang berat, tentu wajar karena biasanya menggunakan PC dengan spesifikasi yang fokus pada kualitas grafisnya. Namun bagi para pemula mungkin cukup aplikasi yang ringan tetapi tetap memiliki berbagai fitur sederhana yang mampu mempermudah proses editing.

Hal ini untuk menyiasati agar PC yang biasa digunakan untuk mengerjakan berbagai kegiatan sehari-hari dapat tetap berjalan lancar tanpa lag atau bahkan hang. Sehingga mengetahui dan memilih aplikasi edit foto yang cocok untuk PC ringan adalah hal yang wajib diketahui. Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi edit foto PC ringan yang layak Anda coba, antara lain:

PhotoScape

Pada daftar pertama aplikasi edit foto PC ringan, ada aplikasi PhotoScape. Aplikasi ini merupakan buatan MOOII Tech yang dapat dimanfaatkan untuk mengedit foto dari kamera ponsel ataupun kamera digital. Desain antarmukanya sederhana, sehingga memudahkan pengguna pemula dalam mengerjakan proses editing foto.

Di dalamnya terdapat fitur yang cukup lengkap, seperti mengubah ukuran, mengubah warna, hingga merubahnya dalam format animasi GIF. Soal ukuran, aplikasi Photoscape ini memiliki ukuran yang tergolong ringan yaitu 356,09 MB saja. Sehingga sangat cocok dipakai untuk PC berbasis Windows XP dan Mac yang spesifikasinya masih terbatas atau hanya diperuntukkan untuk kebutuhan ringan.

GIMP & GIMPshop

Aplikasi edit foto PC ringan selanjutnya yaitu GIMP. Aplikasi ini dapat diakses secara gratis. Dengan aplikasi ini Anda akan terbantu saat mengedit foto dalam berbagai cara, seperti mengubah resolusi, memotong foto, atau menggabungkan satu foto dengan foto lainnya. Hasil fotonya nanti dapat disimpan dalam format XCF. Ada juga pilihan format lainnya seperti JPG, PDF, hingga SVG. Aplikasi GIMP ini ukurannya sangat kecil, ukuran hanya 85,4 MB saja. Aplikasi ini kompatibel pada perangkat PC berbasis Windows XP, Vista, 98, hingga Windows 10 sekalipun.

Baca Juga  4 Aplikasi untuk Menggandakan Aplikasi di Android

Jika Anda perlu versi yang lebih update, ada versi GIMPshop yang memiliki tools dan cara penggunaan seperti halnya Adobe Photoshop. Bisa dikatakan versi litenya Adobe Photoshop. Tampilan antarmuka GIMPshop pun sama dengan Photoshop. Ukuran aplikasi GIMPshop sendiri hanya 7,36 MB saja.

Affinity Photo

Jika Anda mencari aplikasi yang mampu menghasilkan editan foto berfotmat RAW, maka aplikasi Affinity Photo adalah pilihan yang tepat. Aplikasi ini merupakan alternatif dari aplikasi Adobe Lightroom, namun memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dan ringan.

Anda dapat mengedit foto secara detail, sebab aplikasi Affinity telah didukung dengan 360-degree image editing. Terdapat beberapa fitur menarik lainnya, seperti HDR merge, hingga tone mapping.

Ukuran aplikasi Affinity Photo sendiri beragam, sangat tergantung pada jenis sistem yang Anda gunakan di PC. Jika Anda pemakai Windows, maka ukurannya adalah 866 MB. Adapun jika Anda pemakai Mac OS atau iOS, maka ukuran aplikasi ini sebesar 420 MB dan 994 MB.

Artweaver

Satu lagi aplikasi edit foto yang cocok digunakan oleh PC ringan yang layak Anda coba, yaitu Artweaver. Aplikasi ini merupakan aplikasi editing yang biasanya digunakan untuk menggambar sketsa di PC. Namun bisa juga aplikasi Artweaver ini dimanfaatkan untuk mengedit foto. Kelebihannya terletak pada fitur filter efeknya yang beragam, mulai dari blur, mosaik, hingga transparan.

Selain itu, Anda juga dapat memotong foto yang diedit. Hasil editannya nanti dapat disimpan dalam format BMP, JPEG, ataupun PSD. Artweaver kompatibel pada perangkat PC berbasis Windows. Soal ukuran, aplikasi ini juga sangat kecil, yaitu hanya sekitar 7,5 MB.

Firealpaca

Jika Anda mencari aplikasi edit foto untuk laptop atau PC ringan yang menyerupai Microsoft Paint, maka aplikasi Firealpaca adalah pilihan terbaik. Aplikasi ini cocok digunakan oleh pemula yang ingin mengedit foto dengan berbagai fitur yang cukup canggih.

Baca Juga  Aplikasi untuk Mengecilkan Ukuran File Terbaik

Lebih dari itu, biasanya para penggunanya memanfaatkan aplikasi ini untuk membuat komik. Sebab di dalamnya juga telah tersedia fitur comic template yang mampu memfasilitasi penggunanya agar lebih mudah dalam membuat komik. Ukuran aplikasi ini juga tergolong cukup kecil, yaitu 27 MB saja. Aplikasi Firealpaca kompatibel pada perangkat Windows dan Mac OS.

Beberapa rekomendasi aplikasi edit foto PC ringan di atas memang memiliki ukuran yang terbilang cukup kecil dan ringan. Namun fiturnya juga tidak kalah dengan aplikasi sejenisnya yang memiliki ukuran lebih berat. Desain antarmuka aplikasi-aplikasi di atas juga tergolong simpel, sehingga para pengguna pemula sekalipun akan mudah untuk memakainya.


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × five =

Social Media

PC dan Laptop

Tips n Trik

On Key

Artikel Terkait

Scroll to Top