6 Rekomendasi Aplikasi Absensi Android Terbaik

Achmad Fachrur Rozi

Aplikasi Absensi Android Terbaik
5/5 - (2 votes)

LABtekno.com – Aplikasi absensi android sekarang ini memang sudah jamak digunakan oleh berbagai kantor pemerintah, universitas, perusahaan besar, bahkan hingga perusahaan kecil dan menengah.

Pengelolaan administrasi dalam hal kehadiran karyawan berbasis web sudah menjadi trend baru. Apalagi dengan hadirnya aplikasi absensi android yang memungkinkan perusahaan maupun instansi memanfaatkannya.

Sebelumnya, selama work from office, absen fingerprint, magnetic card atau program cek lokasi memang lebih dulu populer. Namun seiring dengan melandanya pandemi yang membuat semua orang membatasi interaksi di luar rumah, akhirnya beralih ke sistem absensi digital android.

Setelah pandemi berlalu, kini sistem hybrid atau gabungan WFO dan WFH menjadi gaya baru dalam pekerjaan. Semua orang dituntut dapat bekerja baik di kantor maupun di rumah.

Oleh sebab itu, penting kiranya menggunakan aplikasi absensi yang tepat.

Terdapat dua opsi yang dapat dipilih, yaitu gratis dan berbayar. Pada aplikasi gratis, fiturnya mungkin tidak secanggih aplikasi berbayar. Namun memiliki fitur yang cukup relevan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan skala kecil maupun menengah.

Pilihan aplikasi berada di tangan manajemen perusahaan untuk memudahkan absensi karyawan secara otomatis. Sehingga tingkat kedisiplinan karyawan juga tetap terkontrol. 

Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi absensi android online terbaik yang dapat Anda gunakan:

Time Clock by Homebase

Aplikasi absensi android yang pertama dapat diakses secara gratis, yaitu Time Clock by Homebase. Aplikasi tersebut memiliki beberapa fitur menarik yang ditawarkan, mulai dari kontrol absensi, fitur penjadwalan rekrutmen serta dapat diakses dengan beberapa pilihan paket.

Baca Juga  Aplikasi untuk Mendownload Video di Instagram

Fitur yang tersedia sangat mudah digunakan, di dalamnya Anda dapat membuat jadwal dan pelacakan jam untuk para karyawan.

Clockify – Time Tracker

Aplikasi selanjutnya yang dapat Anda gunakan untuk absensi karyawan melalui android yaitu Clockify. Aplikasi tersebut dapat diakses secara gratis. Fitur yang tersedia di dalamnya mampu memudahkan Anda dalam pengelolaan absensi. Melalui dua fitur utama, antara lain timetracker dan timesheet. 

Aplikasi Clockify juga menyediakan performance and project review report yang berfungsi memudahkan pemantauan kinerja karyawan terutama dalam hal kedisiplinan absensi.

When I Work Employee Scheduling

Aplikasi absen android terbaik berikutnya adalah When I Work Employee Scheduling. Aplikasi tersebut mungkin lebih cocok bagi pemilik bisnis ataupun usaha kecil yang hanya memiliki kurang dari 75 karyawan saja. 

Pengelolaan absensi android online dapat digunakan secara gratis, namun maksimal hanya 75 karyawan saja. Jika lebih dari itu, maka Anda akan dikenakan biaya. 

Tenang saja, When I Work memiliki fitur yang cukup lengkap, mulai dari pengelolaan shifting, jam lembur, attendance monitoring, team message hingga penjadwalan karyawan.

Attendance Manager

Aplikasi absensi online android berikutnya juga tidak kalah lengkapnya, yaitu Attendance Manager. 

Fitur-fitur yang tersedia di aplikasi sejenis juga dihadirkan di sini. Di antaranya fitur timesheet, timetracking hingga absensi karyawan yang dilengkapi GPS. 

Kelebihan dari aplikasi ini ialah sangat cocok untuk berbagai kebutuhan seperti kebutuhan akademis, bisnis melalui absensi karyawan, dan lain sebagainya. Tampilan fiturnya yang sederhana memudahkan para pengguna dalam mengoperasikan, baik saat melihat timesheet maupun memantau kegiatan para karyawan.

Open Time Clock

Jika Anda tidak ingin dibatasi jumlah orang yang mampu dikelola dalam sebuah aplikais, maka aplikasi Open Time Clock menjadi pilihan tepat. 

Baca Juga  3 Aplikasi Hitung Weton, Lengkap dengan Pengertian dan Caranya

Sebab jumlah karyawan yang mampu dimonitor kinerjanya dalam hal absensi tidak terbatas. 

Bagi perusahaan yang ingin mengikuti tren absensi Android dan ingin memperoleh layanan lebih lengkap, maka silakan update ke versi berbayar. 

SmartPresence

Aplikasi absensi android berikutnya adalah SmartPresence. Di dalamnya menyediakan berbagai fitur yang lengkap. 

Seperti di antaranya telah mendukung fitur Face Recognition untuk validasi data kehadiran karyawan, fitur Geo Tagging untuk mengetahui posisi karyawan saat merekam data kehadiran, pengajuan cuti yang dapat dilakukan dengan smartphone, serta melakukan tukar shift dengan mudahnya melalui aplikasi yang sudah disediakan dan masih banyak fitur lainnya.

Bukan itu saja, SmartPresence juga memberikan layanan live support yang baik ketika Anda mengalami kesulitan dalam menggunakan sistemnya. 

Sehingga tak perlu khawatir, Anda dapat mengakses live support melalui live chat yang ada pada website smartpresence.id.

Demikian beberapa rekomendasi aplikasi absensi android terbaik yang dapat Anda gunakan untuk menjaga kedisiplinan karyawan di kantor Anda. Mana kiranya yang menurut Anda terbaik? Silakan tulis pendapat Anda di kolom komentar!


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Baca Juga

Leave a Comment