ZenBook S 13 OLED Rilis: Laptop Paling Tipis, Ringan dan Powerful

Achmad Fachrur Rozi

ZenBook S 13 OLED
5/5 - (3 votes)

LABTekno.com – ASUS ZenBook S 13 OLED (UX5304) baru saja diperkenalkan sebagai laptop OLED 13,3 inci paling tipis dan ringan di Dunia. Bukan hanya itu, laptop ini juga memiliki performa yang powerful.

Apa saja keunggulan dan spesifikasi lengkapnya? Silakan simak sampai tuntas, yaa!

Spesifikasi ASUS Zenbook S 13 OLED

Laptop Paling Tipis dan Ringan

Zenbook S 13 OLED - Laptop Paling Tipis dan Ringan

Kehadiran laptop ini dengan bobot hanya 1 kg dan ketebalan 1 cm berkat penggunaan teknik manufaktur canggih dan material yang ringan namun kuat. 

Meski memiliki bodi yang tipis dan ringan, laptop ini masih tetap mempertahankan konektivitas yang lengkap dengan berbagai port I/O. 

Termasuk dua port USB Type-C® Thunderbolt™ 4, port USB 3.2 Gen 2 Type-A, port HDMI® 2.1, dan 3.5mm combo audio jack. 

Nampaknya, dengan kemunculan ZenBook S 13 OLED, ASUS kali ini ingin memimpin evolusi laptop ultraportable yang ramah lingkungan dengan menekankan sisi portabilitas dan efisiensi tanpa mengorbankan konektivitas. 

Soal performa, laptop super tipis dan ringan dari ASUS ini juga menawarkan pengalaman komputasi yang powerful dan efisien dengan menggunakan prosesor 13th Gen Intel® Core™ i7-1355U bersertifikasi Intel® Evo™ platform.

Prosesornya ini dipadukan dengan memori LPDDR5 berkapasitas 16GB, serta kapasitas baterai sebesar 63 Whrs.

Dari segi visual, layar ASUS Lumina OLED dengan resolusi 2.8K yang dimiliki Zenbook S 13 OLED mampu menyajikan pengalaman visual terbaik dengan warna yang sangat kaya dan akurat.

Panel OLED yang digunakan pada laptop ini lebih ramping, sehingga bagian layarnya menjadi 30% lebih tipis.

Demi memangkas bobotnya, paduan material magnesium-aluminium digunakan pada bagian keyboard deck yang diproses dengan teknik CNC, sehingga menciptakan struktur yang kokoh tanpa memerlukan bagian penyangga tambahan. 

Pada bagian touchpad terdapat penutup kaca yang sangat tipis, sehingga menghasilkan penurunan ketebalan sebesar 25% lagi pada bagian keyboard deck. 

Baca Juga  Rekomendasi Laptop Harga 3 Jutaan Terbaik

Berkat seluruh kombinasi tersebut, ASUS mampu menciptakan sebuah laptop ultraportable yang belum pernah ada sebelumnya. 

Zenbook S 13 OLED (UX5304) telah berhasil mengangkat konsep laptop tipis dan ringan ke level yang lebih tinggi tanpa kompromi.

Jika dibandingkan dengan model sebelumnya, laptop ini menawarkan daya tahan baterai hingga 14 jam untuk streaming video dan menampilkan pendinginan serta performa yang lebih baik. 

Konektivitas dan Fitur Lengkap 

ZenBook S13 OLED - Port Lengkap

Zenbook S 13 OLED (UX5304) memang dirancang begitu tipis dan ringan. Namun tetap memperhatikan kelengkapan konektivitas.

Terbukti dengan tersedianya dua port USB-C® Thunderbolt™ 4 yang terdapat pada laptop ini mendukung pengisian daya yang cepat, tampilan eksternal beresolusi 4K, dan transfer data dengan kecepatan hingga 40 Gbps. 

Kemudian tersedia juga port USB 3.2 Gen 2 Type-A, port HDMI® 2.1, dan jack audio kombinasi 3.5mm.

Selain itu, kamera IR FHD pada Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga mampu mengoptimalkan pengalaman video conference di mana pun. Sebab telah dilengkapi dengan efek visual khusus dan teknologi AI noise-cancelling. 

Kamera ini juga mendukung sistem login Windows Hello melalui fitur pemindaian wajah. Pada segi audionya, kombinasi sistem audio dengan sertifikasi Harman Kardon, teknologi Dolby Atmos®, Smart Amp, dan ASUS Audio Booster mampu menyajikan pengalaman audio berkualitas tinggi bagi para penggunanya. 

Touchpad ASUS ErgoSense pada Zenbook S 13 OLED (UX5304) kini muncul dengan ukuran yang 9,5% lebih besar. 

Dengan perubahan ini, navigasi menjadi lebih mudah, nyaman, dan responsif, ditambah dengan lapisan anti-sidik jari yang memudahkan proses pembersihan.

Modern dan Powerful 

Zenbook S 13 OLED - Modern dan Powerful

Bukan hanya mengedepankan dimensi dan fitur saja, Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga memiliki performa yang powerful. 

Hal ini berkat penggunaan prosesor Intel® Core™ i7-1355U generasi ke-13 dengan konfigurasi 10 core dan 12 thread, yang dapat dipacu hingga 5GHz. 

Prosesor Intel® Core™ i7-1355U adalah prosesor modern yang sudah dilengkapi dengan chip grafis terintegrasi, yaitu Intel® Iris® Xe.

Baca Juga  5 Keunggulan ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400), Laptop Kecil Performa Powerful

Jika untuk mendukung kebutuhan komputasi grafis sehari-hari hingga memainkan game kasual, chip grafis tersebut tentu saja memiliki performa yang cukup kuat. 

Selain itu, prosesor ini dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti Intel® Quick Sync yang mempercepat proses encoding dan decoding video. 

Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga telah mendapatkan validasi sebagai platform Intel® Evo™. 

Hal ini menandakan bahwa laptop ini telah terjamin dalam hal menyajikan pengalaman penggunaan terbaik, baik dalam bekerja, belajar, menikmati hiburan, hingga berkarya dan menciptakan konten kreatif. 

Untuk memaksimalkan performa prosesor tersebut, ASUS melengkapi Zenbook S 13 OLED (UX5304) dengan memori LPDDR5 berkapasitas 16GB dan media penyimpanan data PCIe 4.0 SSD. 

Kombinasi keduanya memastikan bahwa Zenbook S 13 OLED (UX5304) dapat beroperasi dengan cepat dan nyaman untuk multitasking.

Performa powerful Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga didukung dengan daya tahan baterai yang panjang. 

Meskipun memiliki desain bodi yang sangat tipis, laptop ultraportable ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 63 WHrs yang dapat bertahan sepanjang hari. 

Kualitas Layar Terbaik 

Layar Zenbook S 13 OLED

Zenbook S 13 OLED (UX5304) dilengkapi dengan ASUS Lumina OLED, standar tertinggi layar laptop saat ini. 

Layar ASUS Lumina OLED pada Zenbook S 13 OLED (UX5304) menampilkan resolusi 2,8K dan dilengkapi dengan berbagai fitur, teknologi, serta inovasi canggih. 

Hasilnya adalah layar yang dapat menampilkan kualitas visual dengan warna yang kaya, akurat, sekaligus tidak membahayakan kesehatan mata. 

Berkat rasio layar 16:10, pengguna Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga dapat menikmati area kerja yang lebih luas dan menjadikan kegiatan sehari-hari lebih produktif.

Setiap laptop yang memakai layar ASUS Lumina OLED telah teruji dapat menghasilkan kualitas visual dengan warna yang sangat kaya dan akurat. 

ASUS Lumina OLED dapat menampilkan color gamut 100% DCI-P3 dan telah memperoleh sertifikasi PANTONE Validated Display. 

ASUS Lumina OLED juga mendukung teknologi HDR dan telah mendapatkan sertifikasi VESA DisplayHDR True Black. 

Baca Juga  ASUS Vivobook Go 14 AMD Ryzen 7000 Series

Secara singkat, layar ASUS Lumina OLED dirancang berdasarkan standar kebutuhan industri kreatif. 

Oleh karena itu, seluruh konten yang ditampilkan oleh ASUS Lumina OLED dijamin akurat sesuai dengan visi pencipta konten. 

ASUS Lumina OLED juga dilengkapi dengan fitur Eye Care. Fitur ini memungkinkan penurunan spektrum cahaya biru yang berpotensi berbahaya bagi mata tanpa mengurangi kualitas visual. 

Inovasi tersebut menjadikan ASUS Lumina OLED mampu mengurangi paparan radiasi sinar biru yang berpotensi merusak kesehatan mata dalam jangka panjang. 

ASUS Lumina OLED juga telah mendapatkan sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker. 

Berkat ASUS Lumina OLED, pengguna Zenbook S 13 OLED (UX5304) dapat menikmati tampilan visual terbaik sekaligus beraktivitas lebih lama tanpa perlu khawatir dengan dampak negatif layar laptop bagi kesehatan mata.

Ramah Lingkungan

ASUS ZenBook S 13 OLED Ramah Lingkungan

ASUS melalui Zenbook berkomitmen pada prinsip “Do More with Less“. Siklus hidup laptop yang ramah lingkungan ini pun telah mendapatkan pengakuan internasional melalui didapatkannya sertifikasi EPEAT® Gold. 

Mulai dari bahan dan proses pembuatan, perakitan, penggunaan, hingga proses daur ulang di akhir masa pakai, siklus hidup Zenbook S 13 OLED (UX5304) telah dirancang untuk meminimalkan jejak karbon, menjadikannya laptop yang ramah lingkungan. 

Zenbook S 13 OLED (UX5304) memiliki keunikan tersendiri dengan dilengkapi bodi berbahan plasma ceramic aluminium. 

Bahan ini diproses dengan teknik eksklusif yang hanya memerlukan air murni dan listrik, tanpa kebutuhan senyawa organik, asam kuat, atau logam berat. 

Teknik khusus ini tidak hanya menghasilkan bodi yang tahan korosi, memiliki durabilitas lebih baik, serta memiliki masa pakai yang panjang, tetapi juga meminimalkan dampak kerusakan terhadap lingkungan.

Selain itu, Zenbook S 13 OLED (UX5304) menunjukkan efisiensi energi yang sangat tinggi dan telah melebihi standar ENERGY STAR® sebesar 43%. 

Seluruh upaya tersebut dilakukan agar Zenbook S 13 OLED (UX5304) dapat menjadi laptop dengan zero carbon emission.

Demikian beberapa informasi mengenai Zenbook S 13 OLED yang baru saja dirilis ASUS. Bagaimana menurut Anda dengan laptop tipis, ringan dan powerful ini?

Baca Juga

Leave a Comment