Xiaomi 13 Segera Diluncurkan, Begini Spesifikasi dan Harganya

5/5 - (1 vote)

LABtekno.com – Xiaomi 13, 13 Pro dan 13 Ultra akan segera diluncurkan. Ketiga smartphone high-end level baru ini akan menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2.

Berikut ini beberapa rumor yang perlu Anda ketahui dari Xiaomi 13:

Tanggal Peluncuran Xiaomi 13

Xiaomi 13
Sumber: GizChina

Pada 28 Desember 2020, Xiaomi Mi 11 dirilis di China, dan pada hari yang sama di tahun 2021 Xiaomi merilis Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro. Namun, mengingat bahwa Qualcomm telah merencanakan untuk memperkenalkan prosesor Snapdragon 8 Gen 2 baru pada 15 November, semuanya menunjuk pada Xiaomi yang merilis smartphone-nya awal tahun ini. Oleh karena itu, Xiaomi 13 dan 13 Pro mungkin tersedia di China pada akhir November.

Beberapa bulan akan berlalu sebelum Xiaomi 13 tersedia di pasar global. Pada akhir Maret, Xiaomi 12X, 12 dan 12 Pro diperkenalkan di Eropa. Alhasil, kita bisa mengantisipasi Xiaomi 13 resmi pada akhir Februari, kemungkinan besar pada 27 Februari di acara MWC 2023 di Barcelona.

Harga Xiaomi 13

Xiaomi 13
Sumber: GizChina

Mengingat adanya inflasi, Harga Xiaomi 13 dan 13 Pro mungkin juga akan mengalami kenaikan. Namun tetap saja, Xiaomi mungkin mencoba membatasi kenaikan tersebut atau mengurangi marginnya.

Sebagai pembanding, berikut ini adalah harga masing-masing dari Xiaomi 12 di Eropa sebagai pengingat:

  • Xiaomi 12X 8 + 256 Go  : 799 € atau setara Rp12,2 juta
  • Xiaomi 12 8 + 128 Go  : 869 € atau setara Rp13,3 juta
  • Xiaomi 12 8 + 256 Go  : 899 € atau setara Rp13,8 juta
  • Xiaomi 12 Pro 12 + 256 Go  : 1099 € atau setara Rp16,8 juta
Baca Juga  ASUS ROG Phone 6: Review Kelebihan dan Kekurangannya

Desain Xiaomi 13

Tampilan Belakang Xiaomi 13
Sumber: GizChina

Xiaomi akhirnya harus menstandarisasi tepi layarnya, setelah menggunakan desain depan yang serupa selama beberapa generasi. Oleh karena itu, batas dengan ukuran yang sama harus digunakan di seluruh layar pada smartphone. 

Hal ini tetap akan dicapai dengan menggunakan layar fleksibel yang dapat dilipat ke belakang pada dasarnya. Mirip seperti yang sudah dilakukan oleh produsen lain baik itu Apple dengan iPhone atau Nothing Phone. 

Setidaknya satu model, yang terkecil, Xiaomi akan menggunakan layar datar daripada layar melengkung.

Xiaomi 13 sepertinya akan mempertahankan desain penempatan kameranya. Yaitu tetap memiliki tiga kamera di bagian belakang, Namun modul kameranya akan berubah bentuk. 

Sensor smartphone ini nantinya akan membentuk “P”, berbeda dengan semua sensor Xiaomi 12 diatur secara vertikal. Anda mungkin sudah sering melihat beberapa rendering desain smartphone potensial yang dibuat oleh penggemar.

Sekali lagi, diharapkan bahwa Xiaomi 13 Ultra akan menjadi satu-satunya model yang memiliki sertifikasi IP68 untuk ketahanan air dan debu. 

Dengan modul foto melingkarnya, seharusnya mempertahankan tampilan yang sangat mirip dengan generasi sebelumnya.

Tampilan Layar

Seperti yang telah disebutkan di atas, Xiaomi 13 mungkin akan memiliki layar datar 2.5D. Namun itu bukan satu-satunya fitur baru. 

Layar Xiaomi 13 akan memiliki diagonal lebih besar 6,36 inci, sedangkan Xiaomi 12 hanya berukuran 6,28 inci. 

Definisi 1,5K baru (2712 x 1220 piksel) yang diperkenalkan pada Xiaomi 12T dan 12T Pro terbaru harus digunakan.

Layar QHD + diagonal 6,73 inci yang dibagikan oleh Xiaomi 13 Pro dan 13 Ultra harus menguntungkan kedua perangkat. 

Xiaomi 13 Pro dan 13 Ultra akan menggunakan panel LTPO 2.0, memungkinkan keduanya untuk secara dinamis memvariasikan frekuensi dari 1 hingga 120 Hz tergantung pada konten yang ditampilkan untuk meningkatkan otonomi. 

Baca Juga  Spesifikasi dan Harga POCO F4 di Indonesia

Seluruh seri akan mendapat kecepatan refresh 120 Hz. Selain itu, akan memenuhi syarat untuk Gorilla Glass Victus dan layar AMOLED E6 Samsung yang lebih hemat energi.

Prosesor Snapdragon 8 Gen 2 Baru

Xiaomi 13 akan menjadi salah satu smartphone pertama yang menggunakan chip Snapdragon 8 Gen 2 yang akan datang. 

Chipset tersebut akan resmi diluncurkan pada 15 November 2022 selama KTT Snapdragon. Perlu diketahui juga bahwa Xiaomi 12 merupakan salah satu smartphone pertama yang menggunakan chip Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1.

Tahun ini, Qualcomm akan memilih konfigurasi inti 1+2+2+3, dengan tiga inti Cortex-A510 yang beroperasi pada 2,0 GHz. 

Satu inti Cortex-X3 Prime yang beroperasi pada 3,2 GHz, dua inti Cortex-A715 yang beroperasi pada 2,8 GHz, dua inti Cortex-A715 yang beroperasi pada 2,8 GHz. Core Cortex-A710 beroperasi pada 2,8 GHz, dan tiga core Cortex-A715 beroperasi pada 2,8 GHz. 

Chipset terbaru Snapdragon 8 Gen 2 tersebut akan memiliki peningkatan efisiensi daya sebesar 15% dari prosesor Snapdragon 8+ Gen 1. 

Pada segi konektivitas, Modem Snapdragon X70 baru mirip dengan pendahulunya. Modem tersebut secara teoritis dapat mencapai kecepatan downlink sekitar 10 Gb/s dan kecepatan uplink sekitar 3,5 Gb/s.

Baterai dan Kecepatan Pengisian

Berbicara soal baterai, kemungkinan akan memiliki kapasitas 5000 mAh. Belum diketahui secara pasti kapasitasnya. Namun paling tidak, tersiar rumor bahwa Xiaomi 13 akan mendapatkan pengisian lebih cepat. 

Dengan bentuknya yang lebih kecil, Xiaomi 13 masih dapat mengisi daya hanya dengan 67W. Sementara Xiaomi 13 Pro kompatibel dengan daya 120W. Masih ada kemungkinan Xiaomi akan memilih menggunakan daya 200 W untuk versi Ultra-nya. 

Kabar gembiranya, semua model Xiaomi 13 kemungkinan akan mendukung reverse fast charging dan pengisian nirkabel cepat pada 50 W.

Baca Juga  Harga SSD Laptop Berdasarkan Merk dan Kapasitasnya

Kamera

Soal kamera, Xiaomi 13 akan menggunakan sensor utama 50 MP disertai dengan sensor ultra wide angle dan sensor makro. 

Sensor ultra wide angle 50 MP IMX989, 50 MP. Dan lensa telefoto 50 MP dari Xiaomi 12S Ultra akan digunakan oleh Pro sebagai gantinya.

Xiaomi 13 Ultra berkomitmen untuk menggunakan sensor terbesar di pasaran. Sensor satu inci Sony IMX989 50 MP. 

Xiaomi mungkin harus meningkatkan dua sensor lainnya untuk kamera yang lebih powerful tahun ini. Sensor ultra wide angle 50 MP IMX890 dan sensor periskop IMX758 50 MP. Dengan zoom optik 5X keduanya tersedia. 

Perlu diingat juga bahwa fotografi makro dapat dilakukan dengan sensor sudut ultra lebar.

Perangkat Lunak Xiaomi 13

MIUI 14 pada Xiaomi 13
Sumber: GizChina

Xiaomi 13 akan menggunakan sistem operasi Android 13 yang berjalan di bawah MIUI 14. Seperti yang terlihat pada gambar di atas, antarmuka pengguna baru dari perusahaan Cina. 

Perubahan apa yang akan dilakukan Xiaomi pada versi baru ini saat ini tidak diketahui.


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − 7 =

Social Media

Artikel Terbaru

On Key

Artikel Terkait

Cara Melihat Stalker di Instagram

5 Cara Melihat Stalker di Instagram

LABTekno.com – Cara melihat stalker di Instagram bisa dilakukan dengan bantuan tools maupun aplikasi checker. Instagram memang menjadi salah satu media sosial yang paling populer untuk meningkatkan eksistensi. Namun perlu diingat juga bahwa konsekuensinya adalah postingan yang telah dibagikan otomatis

Review ASUS VivoBook 16X OLED

Review ASUS Vivobook 16X OLED, Laptop 4K untuk Konten Kreator

LABTekno.com – ASUS Vivobook 16X OLED merupakan laptop yang diciptakan khusus bagi content creator digital. Semua hal yang dibutuhkan dalam proses pembuatan konten telah mendukung dengan baik. Laptop ASUS Vivobook 16X OLED dikelompokkan menjadi 2 kategori berdasarkan chipset yang digunakan,

Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip

Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip Segera Rilis

LABTekno.com – Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip, dua smartphone terbaru dari Oppo dikabarkan akan segera dirilis. Meski belum ada informasi resmi mengenai tanggal kepastiannya. Namun biasanya Oppo akan merilis produk terbarunya pada pertengahan Desember, yaitu pada acara

Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru

3 Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru dengan Mudah

LABTekno.com – Cara memindahkan kontak ke HP baru bisa dilakukan dengan mudah. Tak perlu menyimpannya satu per satu secara manual. Ada cara yang jauh lebih mudah, praktis dan cepat. Sehingga pekerjaan lebih efisien.  Salah satu masalah yang sering dihadapi ketika

Scroll to Top