Xiaomi 12S Ultra Telah Dirilis, Cocok untuk Fotografer! 

Xiaomi 12S Ultra
5/5 - (4 votes)

LABtekno.com – Xiaomi 12S Ultra baru saja dirilis kemarin (4/7/2022), ada beberapa spesifikasi utama yang menggoda. Berikut ini beberapa hal yang menggoda dari Xiaomi 12S Ultra, antara lain: 

Optik Leica 

Konsep Kamera Xiaomi 12S Ultra | Sumber: Xiaomi

Smartphone ini hadir dengan menggunakan optik Leica dan sensor berukuran besar.

Kamera utamanya telah dibekali dengan lensa asferis 8P agar mampu mengatasi beberapa masalah fotografi seperti flare, ghosting, dan chromatic aberration.  

Pada modul kameranya, Xiaomi 12S Ultra juga telah menambahkan lapisan lensa anti-silau, lapisan tinta tepi lensa, bahan kopolimer olefin siklik, dan filter cahaya inframerah dengan teknologi spin coating.

Bukan hanya pada segi kameranya saja yang canggih, Xiaomi 12S Ultra juga mewarisi profil pencitraan Leica yang memiliki estetika gambar dan mampu mereproduksi nada berkat dukungan algoritma terbarunya. 

Pada software kameranya terdapat dua style fotografi, yaitu Leica Authentic Look dan Leica Vibrant Look.

Keduanya berfungsi untuk menghasilkan hasil gambar yang lebih alami dengan fokus kontras cahaya dan bayangan. Sehingga tampilan foro nantinya terkesan lebih hidup. 

Ditambah lagi dengan filter Leica Vivid, Leica Natural, Leica BW Natural, dan Leica BW High Contrast, tentu hasilnya dapat disesuaikan berdasarkan selera penggunanya. 

Sensor Sony 

Xiaomi 12S Ultra telah menggunakan sensor Sony IMX989 berukuran 1 inch dengan susunan piksel Quad-Bayer. Masing-masing ukuran pikselnya mencapai 1,6μm.

Hal tersebut menjadikannya sebagai smartphone dengan image sensor terbesar. 

Berkat hadirnya dukungan ukuran pixel yang mencapai 3,2μm ini, Xiaomi 12S Ultra diklaim mampu mengurangi noise, memperluas rentang dinamis, meningkatkan cahaya jepretannya.

Oleh sebab itu dapat menghasilkan gambar yang lebih baik dalam kondisi cahaya redup sekalipun. 

Pada bagian belakangnya, terdapat dua kamera yang juga menggunakan sensor berukuran 48MP Sony IMX586 1/2,0 inci. Sensor tersebut juga digunakan pada seri sebelumnya yaitu Mi 11 Ultra.  

Kamera 48MP tersebut memiliki lensa periskop 48 MP dengan zoom optic 5x dan digital zoom hingga 120x. Sedangkan pada kamera selfie-nya, smartphone ini memiliki lensa 32MP dengan sensor RGBW. 

Berkat hal tersebut, Xiaomi 12S Ultra mempu menjepret format JPEG atau HEIF secara efisien dalam 8-bit, serta file DNG RAW 10-bit dengan profil tertanam untuk Adobe Lightroom. 

Bukan hanya menggoda dalam hal fotografi saja, sisi videografi dari Xiaomi 12S Ultra juga tidak mau kalah.

Smartphone ini boleh dikatakan sebagai smartphone Android pertama yang mendukung perekaman Dolby Vision HDR.  

Hasil perekamannya mampu menghasilkan kualitas 8K dan juga menjadi lebih stabil berkat dukungan HyperOIS.  

Teknologi HyperOIS ini mampu memanfaatkan celah antara dua bingkai untuk menggerakkan motor OIS ke posisi semula, sehingga memiliki rentang stabilitar yang lebih efektif pada setiap bingkainya.  

Spek Gahar 

Kecanggihan kameranya tersebut mampu berjalan maksimal berkat layar yang mumpuni serta dapur pacu yang gahar. Xiaomi 12S Ultra menggunakan layar E5 Super AMOLED berukuran 6,73 inch.  

Layarnya ini mampu menghasilkan 1.07 miliar warna dengan resolusi mencapai 3.200 x 1.440 pixel. Apalagi dengan fitur AdaptiveSync Pro yang mampu me-refresh dari 1Hz hingga 120Hz.  

Tingkat kecerahan yang mampu dihasilkan oleh smartphone ini hingga 1.500 nits dengan touch sampling rate 480 Hz. Tidak cukup sampai di situ saja, ada juga dukungan HDR10+ dan Dolby Atmos, serta perlindungan Gorilla Glass Victus. 

Xiaomi 12S Ultra mempercayakan dapur pacu pada prosesor Snapdragon 8+ Gen 1. Seperti yang diketahui bahwa chipset ini memiliki peningkatan 10% dalam kinerja GPU dan CPU, serta 30% dalam efisiensi daya dibandingkan dengan 8 Gen 1 biasa. 

Segi RAM-nya pun sudah menggunakan teknologi terbaru yaitu RAM LPDDR5 yang memiliki dua opsi, yaitu berkapasitas 8GB atau 12GB.

Sedangkan pada segi penyimpanan internalnya sudah menggunakan UFS 3.1 berkapasitas 256GB atau 512GB. 

Pengisian Daya Dual Chip 

Xiaomi 12S Ultra hadir dengan tenaga baterai berkapasitas 4.860mAh yang sudah mendukung beberapa opsi charging, antara lain pengisian daya kabel 67W, wireless 50W dan wireless rechargeable 10W.  

Selain itu, smartphone ini juga dilengkapi dengan dua chip Xiaomi Surge, yakni chipset fast charging Xiaomi Surge P1 dan chipset manajemen baterai Xiaomi Surge G1.  

Dual chipset tersebut mampu membuat peningkatan besar dalam manajemen baterai dan pengalaman pengguna secara keseluruhan. 

Penggunaan chipset Snapdragon 8+ Gen 1 biasanya menjadikan smartphone cepat panas. Oleh sebab itu, Xiaomi menghadirkan fitur mekanisme pendingin cair 3D baru yang inovatif.  

Jaringan kapiler digunakan untuk memompa cairan pendingin yang terkondensasi di sisi berlawanan dari area hangat. 

Harga Xiaomi 12S Ultra 

Smartphone yang memiliki bobot 225 gram ini, terkesan premium berkat sasis dengan finishing seperti kulit di bagian belakangnya. Tersedia dalam dua warna, yaitu Classic Black dan Verdant Green. 

Terkait soal harga, jika merujuk pada peluncuran awalnya di China, smartphone tersebut akan tersedia dalam tiga varian, antara lain: 

  • Varian 8/256 GB dibanderol dengan harga 5.999 yuan, atau setara Rp 13,4 juta 
  • Varian 12/256 GB dibanderol dengan harga 6.499 yuan, setara Rp 14,5 juta 
  • Varian 12/512 GB dibanderol dengan harga 6.999 yuan, setara Rp 15,6 juta 

Demikian beberapa informasi terkait Xiaomi 12S Ultra terbaru. Smartphone ini baru dapat dipesan di China mulai tanggal 8 Juli 2022. Kemungkinan jika hadir di pasar Indonesia, harganya akan sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan harga versi China-nya.  


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + three =

Social Media

PC dan Laptop

Tips n Trik

On Key

Artikel Terkait

Scroll to Top