7 Cara Software HRIS Membantu Proses Rekrutmen

Mufid

7 Cara Software HRIS Membantu Proses Rekrutmen
Rate this post

LABTekno.comSoftware HRIS mungkin sudah tidak asing lagi untuk Anda. Namun, masih banyak yang salah sangka dengan software ini dan mengiranya hanya bisa mengerjakan tugas-tugas HR yang bersifat administratif seperti untuk database karyawan, mengatur jadwal kerja, atau juga penggajian.

Tapi, tahukah Anda bahwa software HRIS juga bisa membantu proses rekrutmen perusahaan berjalan lebih efektif dan efisien? Penasaran seperti apa itu? Mari simak artikel LinovHR berikut ini!

Bagaimana Software HRIS Membantu Proses Rekrutmen

Software HRIS dapat memberikan berbagai manfaat dalam proses rekrutmen perusahaan. Berikut adalah beberapa cara di mana software HRIS dapat membantu proses rekrutmen yang dilakukan perusahaan.

1. Pemantauan dan Manajemen Pelamar

Memanfaatkan teknologi untuk mencapai efisiensi dan efektivitas dalam dunia kerja adalah suatu keharusan, terutama di era digital saat ini.

Salah satu teknologi yang memiliki dampak signifikan dalam bidang rekrutmen adalah Software HRIS (Human Resource Information System).

Software ini mampu mengubah proses mengelola informasi pelamar menjadi lebih terorganisir, efisien, dan berbasis data.

HRIS membantu recruiter dalam mengelola seluruh proses rekrutmen, mulai dari melacak dan memantau status pelamar, melihat resume, hingga mengelola data kontak.

Semua informasi ini disimpan dalam satu sistem yang terintegrasi, memudahkan recruiter dalam mengakses dan memanipulasi data.

Alat ini juga mampu mencatat riwayat interaksi dengan setiap pelamar, termasuk wawancara, tes, dan komunikasi lainnya, yang dapat menjadi referensi penting dalam evaluasi kandidat.

Baca Juga  Aplikasi Edit Foto Offline Android Terbaik

Dengan demikian, Software HRIS menghadirkan visibilitas yang lebih baik dalam proses rekrutmen, memungkinkan HR untuk melacak setiap detail dan perkembangan pelamar dengan mudah.

Implementasi HRIS dalam sistem rekrutmen adalah langkah strategis yang memanfaatkan teknologi digital untuk memperkuat efisiensi dan efektivitas proses rekrutmen.

2. Pengumuman dan Pemasaran Lowongan Kerja

Memasang dan memasarkan adalah hal penting dalam proses rekrutmen. Dari sinilah calon kandidat bisa menemukan posisi kosong yang sedang dibuka perusahaan.

Nah, kegiatan ini diketahui memakan biaya yang tidak sedikit, namun dengan bantuan software HRIS kegiatan ini dapat dilakukan lebih ekonomis.

Hal ini karena software HRIS dapat digunakan untuk membuat dan mempublikasikan pengumuman lowongan kerja secara online. Perusahaan dapat mengunggah deskripsi pekerjaan, kualifikasi yang dibutuhkan, dan persyaratan lainnya ke dalam sistem HRIS.

Perusahaan bisa mengatur program rekrutmen yang diadakan, apakah itu program rekrutmen internal atau eksternal.

Selain itu, beberapa HRIS juga memiliki fitur integrasi dengan platform rekrutmen eksternal dan media sosial, sehingga memudahkan penyebaran informasi lowongan kerja ke berbagai platform.

3. Seleksi Awal dan Penyaringan Otomatis

Proses seleksi menjadi tahapan yang penting dalam proses rekrutmen. Dengan bantuan software HRIS, HR dapat melakukan tahap ini dengan lebih efektif dan efisien. Hal ini karena beberapa software HRIS sudah dilengkapi dengan kemampuan penyaringan otomatis pelamar.

Bahkan beberapa HRIS dilengkapi dengan algoritma dan fitur yang memungkinkan penyeleksian otomatis berdasarkan kriteria tertentu, seperti pendidikan, pengalaman, atau keahlian.

Hal ini membantu menghemat waktu dan usaha dalam proses penilaian awal pelamar.

4.  Mengatur Tahapan dalam Rekrutmen

Aplikasi HRIS juga dapat membantu HR dalam mengatur tahapan apa saja dalam tahapan rekrutmen, misalnya tahap apa saja yang akan dilakukan dalam proses rekrutmen, contohnya memberikan psikotes online, tes teknikal, dan tahapan rekrutmen lainnya.

Baca Juga  Rekomendasi Aplikasi untuk Mengerjakan Soal Fisika

5. Pengaturan Wawancara dan Penjadwalan

Mengatur jadwal interview bisa menjadi pekerjaan yang rumit dan memusingkan, tapi dengan software HRIS, pekerjaan ini bisa selesai dalam hitungan menit saja. Software ini dapat membantu dalam mengatur jadwal wawancara dengan pelamar.

Beberapa sistem HRIS dapat menyediakan kalender terintegrasi yang memungkinkan HR dan tim rekrutmen untuk melihat ketersediaan dan mengatur jadwal wawancara dengan mudah.

6. Evaluasi dan Kolaborasi Tim Rekrutmen

Penggunaan sistem HRIS memungkinkan tim rekrutmen untuk bekerja secara kolaboratif dalam mengevaluasi dan memberikan feedback terhadap kandidat.

Mereka dapat memberikan penilaian, komentar, dan menandai status pelamar secara langsung di dalam sistem HRIS. Dengan begini memperlancar komunikasi dan memudahkan proses pengambilan keputusan.

7. Pelaporan dan Analisis Rekrutmen

Laporan dan analisis rekrutmen menjadi hal penting yang akan membantu HR dalam mengevaluasi seberapa efektif strategi rekrutmen yang dijalankan. Beruntungnya, jika Anda menggunakan software HRIS, Anda bisa mendapatkan laporan dan analisis terkait proses rekrutmen secara otomatis.

HR dapat melihat metrik seperti jumlah pelamar, sumber rekrutmen yang efektif, waktu rata-rata dalam setiap tahap, atau tingkat keberhasilan perekrutan. Informasi ini membantu dalam memperbaiki dan mengoptimalkan strategi rekrutmen di masa mendatang.

Jadi, di sini dapat kita simpulkan bahwa software HRIS untuk rekrutmen dapat mengotomatisasi dan mengoptimalkan banyak aspek dalam proses rekrutmen.

Penggunaanya dapat meningkatkan efisiensi, transparansi, dan kualitas pengelolaan rekrutmen serta mempercepat proses pengambilan keputusan dalam merekrut karyawan yang tepat.

Baca Juga

Leave a Comment