AI di Browser Opera Dan Opera GX

Achmad Fachrur Rozi

AI di Browser Opera dan Opera GX
Rate this post

LABTekno.com – Opera dan Opera GX tanamkan AI di Browser pada pembaruan terbarunya.

Alat bertenaga AI baru yang diterima pada Opera Browser dan Opera GX, sekarang ini dalam tahap pengujian publik.

AI di Browser Opera Bisa Menjelaskan Paragraf yang Dipilih

Sidebar bertenaga AI di Browser Opera
Sidebar bertenaga AI di Browser Opera

Fitur-fitur ini termasuk akses sidebar ke ChatGPT dan ChatSonic, serta Smart AI Prompts, yang memungkinkan pengguna mempersingkat atau menjelaskan paragraf, kata/ekspresi, atau seluruh halaman/artikel yang dipilih.

Sekarang berdasarkan Chromium 111, Opera 97  dan spin-off Opera GX memperkenalkan seperangkat alat AI baru yang kuat untuk semua penggunanya. 

Meskipun alat ini tidak diaktifkan secara default dan dianggap sedang dalam pengujian akses awal untuk saat ini, alat ini berfungsi dengan baik dan sangat mudah untuk mengaktifkannya dan memulai. 

Alat-alat AI di Browser Opera ini adalah AI Prompts dan akses sidebar ke ChatGPT dan ChatSonic.

Menurut posting blog Opera pada pembaruan ini, alat AI yang disebutkan di atas “diatur untuk mengubah pengalaman menjelajah penggunanya.

Jadi, pengguna tidak hanya akan mencoba menikmati masa depan web, tetapi menjelajah dengan kekuatan super. 

Menurut Opera, AI Prompts adalah opsi menarik untuk konten AI dan generatif. Dengan alat ini, pengguna dapat melakukan banyak hal dengan data yang tersedia di situs web. 

Sebagai contoh, alat ini memungkinkan pengguna untuk mengkontekstualisasikan dan menyederhanakan informasi di halaman web dalam satu klik, serta memberikan poin-poin penting yang sedang dibahas. 

Selain itu, pengguna dapat menggunakan perintah AI untuk menemukan konten terkait lainnya dengan topik yang sama.

Baca Juga  4 Cara Menghentikan Aplikasi Berjalan di HP dan PC

Sementara ChatGPT dan ChatSonic dapat digunakan di sidebar dengan semua kemampuan versi berbasis web mereka, AI Prompts memungkinkan pengguna untuk mempersingkat atau mengubah paragraf dengan cepat, menjelaskan kata-kata, atau membuat posting untuk media sosial berdasarkan bagian halaman yang dipilih.

Opera AI Lebih Intuitif Dibandingkan Microsoft Edge

Perusahaan telah menambahkan fitur baru di mana pengguna dapat membuat tweet atau bahkan membuat lagu rap berdasarkan materi tertentu. Integrasi Opera dirasa lebih mudah digunakan dan intuitif dibandingkan Microsoft Edge.

Opera mengatakan bahwa fitur AI yang mendukung ChatGPT baru merupakan permulaan. Versi berikutnya dari produk mereka juga akan menggunakan algoritme AI buatan mereka sendiri selain mendukung fitur berbasis ChatGPT. 

Menurut Opera, alat baru ini dapat membantu pengguna menghasilkan ide, ringkasan, terjemahan, rencana perjalanan, menulis kode, mempelajari musik, mendapatkan bantuan dalam matematika, dan membuat gambar. 

Alat ini menawarkan portal ke web yang lebih pribadi dan cerdas yang memberikan solusi untuk kebutuhan khusus pengguna.

Baru Tersedia Versi Desktop

Menurut laporan 9to5Mac pada tanggal 23 Maret, pengguna dapat mencoba peningkatan AI baru yang tersedia di akses awal sekarang di browser Opera standar untuk Mac, Windows, dan Linux dan di Mac dan Windows dengan Opera GX. 

Namun, perlu diingat bahwa untuk menggunakan alat AIGC di sidebar, pengguna harus membuat akun dengan masing-masing layanan atau masuk dengan akun yang sudah ada jika mereka sudah memilikinya.

Di desktop, Opera Browser dan Opera GX tersedia dalam lebih dari 40 bahasa untuk Windows, MacOS, dan Linux (untuk saat ini hanya Opera Browser). 

Perlu diketahui juga bahwa alat bertenaga AI di browser Opera ini belum tersedia untuk versi seluler.

Baca Juga  Hands On ASUS ROG Phone 8, Spesifikasi dan Harga

Baca Juga

Tags

Leave a Comment