Rekomendasi Laptop untuk Pelajar Terbaik

Achmad Fachrur Rozi

Rekomendasi Laptop untuk Pelajar
5/5 - (1 vote)

LABTekno.com – Laptop untuk pelajar sekarang ini memang sudah seperti wajib. Sebab beberapa tahun ini telah beralih kebiasaan yang sebelumnya masih serba offline, kini beralih ke hybrid. 

Tidak melulu offline, kadang juga sering melakukan pembelajaran online. Selain itu, tugas-tugasnya pun memang membutuhkan perangkat laptop.

Nah, bagi kalian yang bingung memilih laptop untuk pelajar, tentunya yang bisa menangani kebutuhan komputasi ringan, browsing, hiburan, pembelajaran online, dan sebagainya. Kami memiliki beberapa rekomendasinya.

Tenang saja, harganya juga disesuaikan dengan kantong pelajar.

Berikut ini beberapa rekomendasi laptop untuk pelajar yang dapat dijadikan pertimbangan kalian sebelum memutuskan membeli.

Laptop untuk Pelajar – ASUS VivoBook Go 14

Laptop Untuk Pelajar Vivobook Go 14 (E1404)
Laptop Untuk Pelajar Vivobook Go 14 (E1404)

Laptop untuk pelajar ini termasuk kelas entry-level dengan desain tipis dan ringan yang ditujukan untuk pengguna dengan mobilitas tinggi termasuk pelajar atau pekerja kantoran. 

Vivobook Go 14 memiliki panel IPS berukuran 14 inci, mengusung bezel layar tipis di ketiga sisi Nano Edge Display serta dapat ditekuk 180 derajat.

Ada dua opsi prosesor yang tersedia, yaitu AMD Ryzen 3 7320U dan Ryzen 5 7520U. Ditandemkan dengan RAM LPDDR5 berkapasitas 8GB atau 16GB dan tidak tersedia slot untuk menambah kapasitas RAM. 

Untuk storage-nya tersedia SSD M.2 NVMe PCIe 3.0 hingga 512GB.

ASUS Vivobook Go 14 memiliki dimensi keseluruhan 32.45 x 21.39 x 1.79 cm dengan bobot cuma 1,38 kg. Ketebalan hanya 1,79cm.

Dilengkapi juga dengan fitur fast charging yang diklaim mampu melakukan pengisian daya hingga 60 persen dalam waktu 49 menit dengan kapasitas baterai 42 WHrs. Tidak ketinggalan fitur lainnya yang tersedia seperti webcam HD dengan fitur privasi, sensor fingerprint, teknologi AI noise-cancelling, keyboard backlit, speaker Sonic Master, serta built-in array microphone.

Baca Juga  Harga Laptop MSI Terbaik di Bawah 10 Juta

Menariknya, ASUS Vivobook Go 14 sudah lolos uji ketahanan berstandar AS (MIL-STD-810H), sehingga tidak diragukan sebagai laptop tangguh di segala kondisi. 

Konektivitas yang tersedia termasuk Wi-Fi 6E dan Bluetooth 5.3, sedangkan dari segi port juga sangat lengkap, meliputi USB 2.0 Type-A, USB 3.2 Gen 1 Type-A, USB 3.2 Gen 1 Type-C, HDMI 1.4, dan 3.5mm Combo Audio Jack.

Tenang saja, harga ASUS VivoBook Go 14 masih ramah dikantong pelajar, dibanderol dengan harga mulai Rp6.299.000 (Ryzen 3 / 8GB RAM / 256GB SSD) hingga Rp9.599.000 (Ryzen 5 / 16GB RAM / 512GB SSD). Sudah termasuk pre-install Windows 11 Home, serta garansi global selama 2 tahun dan 1 tahun ASUS Perfect Warranty. 

Laptop ASUS Vivobook Go 14 hadir dengan dilengkapi dengan Windows 11 Home. Ketika pekerjaan menumpuk, laptop ASUS dengan Windows 11 siap membantu Anda menyelesaikannya. Laptop ASUS dengan Windows 11 yang lebih nyaman di mata, memungkinkan Anda mengekspresikan diri dan cara kerja terbaik Anda. Dan tidak hanya Windows 11 asli, tersedia juga genuine Microsoft Office 2021 untuk menunjang aktivitas kamu sepanjang hari.

Dilengkapi Office Pre-Installed: Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2021. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data Anda.

ASUS VivoBook 14X OLED

Laptop untuk Pelajar - ASUS VivoBook 14X OLED

Bagi kalian yang mementingkan layar, laptop untuk pelajar selanjutnya sudah menggunakan layar OLED. Meski termasuk laptop entry-level, ASUS VivoBook 14X sudah sangat bisa menjadi laptop pelajar yang mumpuni. 

Baca Juga  Harga Laptop ASUS RAM 8 GB Termurah

Sebab sudah menggunakan prosesor AMD Ryzen™ 5 dan terintegrasi dengan GPU AMD Radeon™ Vega 7 Graphics, menghasilkan tampilan grafis yang detail, jernih, dan memanjakan mata. 

Kapasitas RAM 8GB dan ROM 512 GB. Menariknya lagi, masih menyediakan slot untuk upgrade jika nantinya ingin beralih ke spesifikasi lebih tinggi. 

ASUS VivoBook 14X dibanderol dengan harga resmi Rp8,5 jutaan.

ACER ASPIRE 5 SLIM A514-54-39E7

ACER ASPIRE 5 SLIM A514-54-39E7

Rekomendasi laptop untuk pelajar selanjutnya yaitu ACER ASPIRE 5 SLIM A514-54. Laptop ini terbilang sudah sangat mumpuni bagi pelajar. 

Sebab sudah menggunakan prosesor Intel Core i3 generasi ke-11, upgradable RAM hingga 20 GB, dan storage bawaan mencapai 512 GB plus HDD kit untuk keperluan upgrade. Bagi kalian yang membutuhkan koneksi internet kuat, ACER ASPIRE 5 SLIM A514-54 juga sudah dipasangi Exo Amp Antenna, sehingga tangkapan sinyal lebih baik daripada seri di bawahnya. 

Harganya juga masih sangat terjangkau, yaitu Rp7,3jutaan saja. 

Huawei MateBook D14

Laptop untuk Pelajar - Huawei MateBook D14

Ada juga laptop untuk pelajar dari HUAWEI, yang akhir-akhir ini memang menyasar pasar laptop pelajar yang affordable namun dengan spesifikasi mumpuni. 

Salah satu seri yang direkomendasikan adalah HUAWEI MateBook D14 ini. CPU yang digunakan sudah menggunakan Intel® Core™ Generasi ke-11, dengan layar beresolusi FHD yang sudah tersertifikasi Flicker-Free untuk mengurangi kelelahan mata. 

Untuk pelajar yang biasa membawa laptop kemana-mana, laptop ini sangat cocok digunakan karena bobotnya hanya 1,38 kg saja. 

Sehingga masih sangat ringan untuk dibawa ke sekolah. 

Laptop HUAWEI MateBook D14 tersebut dibanderol dengan harga Rp8 jutaan. 

DELL VOSTRO 5310

Rekomendasi Laptop untuk Pelajar - DELL VOSTRO 5310

Bagi kalian yang membutuhkan perangkat dengan keamanan mumpuni, maka DELL Vostro 5310 wajib dilirik. Sebab laptop ini sudah memiliki chip TPM 2.0 berbasis hardware, camera privacy shutter, dan fingerprint. 

Baca Juga  Vivobook Pro 14 OLED K3400, 11th Gen Intel®️ Core™️ i7

Laptop untuk pelajar dari Dell ini juga memiliki kinerja yang baik, karena sudah menggunakan Intel® Evo i5-11300H sebagai prosesornya dan RAM hingga 8GB. 

Selain itu, Dell Vostro 5310 telah dilengkapi dengan teknologi Express Charge atau semacam fast charging, sehingga sangat aman ketika dibawa bepergian. 

Meski harganya sedikit lebih mahal dari rekomendasi laptop untuk pelajar lainnya, namun masih affordable, yaitu di kisaran Rp9,8 jutaan.

INFINIX INBOOK X2 GEN 11

INFINIX INBOOK X2 GEN 11

Bagi kalian yang memiliki budget terbatas, rekomendasi laptop untuk pelajar termurah namun memiliki spesifikasi yang mumpuni, maka wajib melirik INFINIX INBOOK X2 GEN 11. Laptop ini adalah pilihan tepat, sebab sudah dibekali dengan CPU Intel® Core™ i3-1115G4, GPU Intel UHD Graphics, RAM 8GB, SSD 256 GB, dan OS Windows 11 Home.

Selain itu, konektivitasnya juga terbilang mantap, karena menggunakan Bluetooth versi 5.1, sehingga tidak butuh waktu lama untuk menyambungkan TWS dan bersiap menyimak semua pemaparan guru di meeting online. 

Ada empat varian warna yang tersedia, antara lain warna abu, biru, hijau, dan merah. Harga INFINIX INBOOK X2 Gen 11 sangat terjangkau, yaitu hanya Rp5,7 jutaan saja. 

Demikian beberapa rekomendasi laptop untuk pelajar yang dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan. Jadi, sebelum memilihnya, silakan tentukan kebutuhan kalian, agar nantinya tidak salah membeli.

Baca Juga

1 thought on “Rekomendasi Laptop untuk Pelajar Terbaik”

  1. Pingback: Vivobook Go 14 (E1404f): Jawaban Untuk Keperluan Laptop Pelajar – Caracerdik

Leave a Comment