5 Rekomendasi Laptop Dua Layar Terbaik untuk Meningkatkan Produktivitas

Achmad Fachrur Rozi

Rekomendasi Laptop Dua Layar Terbaik
5/5 - (2 votes)

LABTekno.com – Memiliki laptop dua layar bagi seorang profesional dapat meningkatkan potensi produktivitas dan kreativitas pengguna. 

Apakah kalian pernah membayangkan memiliki dua layar dalam satu laptop?

Sekarang, sudah banyak produsen laptop yang menawarkan dual screen, sehingga tidak perlu layar tambahan untuk multitasking tanpa beralih antar aplikasi atau tab. 

Inovasi laptop dua layar saat ini semakin menarik, bahkan nantinya dapat mengubah cara kerja penggunanya menjadi lebih produktif dalam berkreasi. 

Berikut ini beberapa rekomendasi laptop dua layar terbaik yang perlu dipertimbangkan. Simak sampai tuntas!

ASUS Zenbook Duo (UX8406) – Laptop Dua Layar Penuh

ASUS Zenbook Duo (UX8406) - Laptop Dua Layar Penuh

Rekomendasi laptop dua layar yang pertama yaitu Zenbook Duo (UX8406). Model terbaru dari ASUS yang memiliki layar kedua dengan format penuh.

Sebelumnya, ASUS memang telah mengeluarkan lini laptop dual screen. Namun formatnya masih berbagi area dengan keyboard dan touchpad. 

Bagi pengguna yang membutuhkan dua layar untuk memudahkan multitasking, Zenbook Duo menjadi pilihan yang tepat.

Dua layar Zenbook Duo menampilkan layar OLED dengan resolusi 3K (2880×1800) dan tingkat penyegaran 120Hz. Saat disatukan, kedua layar 13 inci ini memiliki dimensi total 19,8 inci.

Kedua layar pada Zenbook Duo (UX8406) dilengkapi dengan fitur layar sentuh dan dapat menggunakan stylus Asus Pen 2.0 yang sudah termasuk dalam paket penjualannya.

Laptop ini hadir sebagai versi laptop Intel® Evo™ yang ditenagai oleh prosesor Intel® Core™ Ultra 7 155H. 

Kelebihan lainnya, laptop ini dilengkapi dengan chip Intel® AI Boost NPU yang menjadikannya sebagai laptop berbasis kecerdasan buatan (AI-powered).

Selain itu, prosesor Intel® Core™ Ultra 7 155H dilengkapi dengan chip grafis Intel® Arc™ yang mampu memberikan performa dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan chip grafis terintegrasi pada prosesor Intel® generasi sebelumnya.

Baca Juga  Rekomendasi Laptop untuk Pelajar Terbaik

Chip grafis Intel® Arc™ juga telah mendukung berbagai teknologi grafis modern, seperti real-time ray tracing, Xᵉ Super Sampling, hingga DX 12 Ultimate dan Advanced Media Engine.

Intel® Arc™ pada Zenbook Duo (UX8406) tidak hanya mampu mempercepat pemrosesan grafis, tetapi juga encoding video yang sangat vital bagi para konten kreator.

Kemudian pada bagian memori, laptop ini dilengkapi dengan penyimpanan SSD M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 sebesar 1TB dan RAM LPDDR5 sebesar 16GB.

Sisi paling menarik dari laptop ini adalah fleksibilitasnya. Laptop ini memiliki berat 1,35 kilogram dan ketebalan 14,6 milimeter, sehingga mudah dibawa bekerja kemanapun.

Setidaknya ada lima skenario penggunaan yang dapat dipilih, termasuk Mode Laptop, Mode Laptop+Keyboard Virtual, Mode Layar Ganda+Keyboard, Mode Desktop, dan Mode Berbagi.

Meskipun desainnya kompak, laptop ini telah dilengkapi dengan berbagai port I/O modern, seperti dua port Thunderbolt 4, USB 3.2 Gen 1 Type-A, HDMI 2.1, dan jack audio 3,5 mm. Laptop dengan dua layar ini dijual dengan harga Rp33,999 juta.

ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED

Zenbook Pro 14 Duo OLED - Laptop Dua Layar

Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402VU) memiliki prosesor Intel Core H-Series generasi ke-13, biasanya digunakan pada laptop gaming premium. 

Dilengkapi dengan chip grafis NVIDIA GeForce RTX 4050, memberikan kinerja grafis yang lebih baik. Cocok digunakan oleh profesional dalam bidang video editing, animasi, dan desain 3D.

Layar ASUS Lumina OLED Zenbook Pro 14 Duo OLED memiliki resolusi 2,8K dan refresh rate 120Hz. 

Dilengkapi dengan beragam fitur, teknologi, dan inovasi canggih. Dilengkapi juga dengan ScreenPad Plus yang mendukung ASUS Pen 2.0.

ScreenPad Plus pada Zenbook Pro 14 Duo OLED telah ditingkatkan dengan fitur ScreenXpert. Sehingga memungkinkan pengguna untuk mengelola aplikasi dengan mudah, bahkan tanpa mouse atau touchpad.

Baca Juga  ASUS Vivobook A416, Cocok Buat Kerja, Kuliah dan Gaming

Laptop dua layar ini dibanderol dengan harga Rp36,999 juta.

Lenovo Yoga 9i

Lenovo Yoga 9i

Lenovo Yoga 9i hadir dengan desain comfort edge yang membuatnya nyaman digenggam. Desain ini tidak hanya membuatnya terlihat stylish tetapi juga memberikan pengalaman pengguna yang ergonomis. 

Ditenagai oleh prosesor Intel Core i7 – 1360P Generasi ke-13, Lenovo Yoga 9i menawarkan performa yang impresif. 

Prosesor ini memungkinkan laptop ini untuk berjalan lancar dalam berbagai tugas, mulai dari multitasking hingga pengeditan video tanpa hambatan. 

Dengan begitu, pengguna dapat bekerja dengan efisien tanpa harus khawatir tentang kinerja yang lambat.

Lenovo Yoga 9i sudah mengadopsi standar platform Intel Evo, yang berarti laptop ini telah diuji untuk memberikan pengalaman premium kepada penggunanya. 

Sehingga pengguna dapat menikmati multitasking secara kreatif tanpa khawatir tentang responsivitas yang mengecewakan atau masa pakai baterai yang pendek. 

Salah satu hal yang membuat pengalaman menonton atau mendengarkan menjadi lebih baik adalah kualitas suara yang memukau. Lenovo Yoga 9i Gen 8 menawarkan penggunaan Dolby Atmos pada soundbar yang dapat berputar 360°. 

Oleh sebab itu, pengguna dapat merasakan suara yang mengelilingi ruangan, memberikan pengalaman mendengarkan yang lebih imersif. Bagi pecinta film atau musik, fitur ini pastinya menjadi nilai tambah yang besar.

Lenovo Yoga 9i tidak hanya unggul dalam hal performa dan suara, tetapi juga menawarkan tampilan yang luar biasa. 

Resolusi yang ditampilkan hingga 4K pada layar OLED PureSight dan dukungan Dolby Vision, pengguna dapat menikmati gambar yang jernih dan tajam dengan warna yang hidup. 

Hal ini membuat pengalaman menonton film atau video menjadi lebih memikat dan memuaskan.

Lenovo Yoga 9i dibanderol dengan harga Rp34,999 juta.

Baca Juga  ZenBook S 13 OLED Rilis: Laptop Paling Tipis, Ringan dan Powerful

HP Omen X 2S

HP Omen X 2S

Rekomendasi laptop dua layar terbaik berikutnya adalah HP Omen X 2S. Dalam menyusul langkah-langkah yang diambil oleh ASUS dengan ZenBook Pro Duo, HP memperkenalkan layar tambahan di antara keyboard dan layar utama. 

Layar utama ini memiliki dimensi 15,6 inci dengan resolusi FHD, refresh rate sebesar 240Hz, dan didukung oleh teknologi NVIDIA G-Sync.

Sementara layar tambahan yang ditanamkan hanya berukuran 5,98 inci dengan resolusi yang sama, yaitu FHD. 

Sebagai sebuah laptop gaming, Omen X 2S menampilkan spesifikasi yang tangguh. Prosesor Intel Core i7 generasi ke-9 menjadi jantung utamanya, didukung oleh kartu grafis NVIDIA seri RTX, RAM hingga 16GB DDR4, dan penyimpanan SSD hingga 1TB.

Laptop dua layar ini dibanderol dengan harga Rp66,3 juta.

Lenovo ThinkBook Plus Twist

Rekomendasi laptop dua layar yang terakhir, yaitu Lenovo ThinkBook Plus Twist. Dibandingkan dengan laptop dua layar lainnya, ThinkBook Plus Twist ini sangat unik. Sebab memiliki layar e-Ink yang dapat memudahkan pengguna melakukan berbagai hal.

Pengguna untuk membuat draf, mengedit, dan mengoreksi dokumen menggunakan keyboard atau pena. 

Selain itu, layar e-Ink ini juga dapat mengurangi ketegangan mata akibat penggunaan dalam waktu yang lama dan juga menggunakan daya yang lebih kecil, yang berarti waktu ketahanan daya yang lebih lama.

Laptop ini bisa digunakan untuk dalam mode yang dapat dikonfigurasikan ke dalam format clamshell atau format tablet. 

Dalam segi performa, Lenovo ThinkBook Plus Twist telah ditenagai prosesor Intel Raptor Lake U15 dengan pilihan Intel Core i5 atau intel Core i7, RAM LPDDRX 16 GB, dan storage SSD 512 GB/1 TB.

Lenovo ThinkBook Plus Twist dibanderol dengan harga Rp30,999 juta.

Demikian beberapa rekomendasi laptop dua layar terbaik yang bisa kami rekomendasikan. 

Memiliki perangkat pendukung yang sesuai kebutuhan, tentu saja menjadi solusi untuk meningkatkan produktivitas pengguna. 

Oleh sebab itu, silakan pertimbangkan beberapa laptop di atas. Laptop mana yang akan menjadi pilihan kalian?

Baca Juga

Leave a Comment