Hands On ASUS ROG Phone 8, Spesifikasi dan Harga

Achmad Fachrur Rozi

Hands On ASUS ROG Phone 8, Spesifikasi dan Harga - LABTekno
5/5 - (1 vote)

LABTekno.com – Seri ASUS ROG Phone 8 resmi diumumkan di acara CES 2024. Smartphone gaming ini hadir dalam tiga varian, yaitu ROG Phone 8, ROG Phone 8 Pro dan ROG Phone 8 Pro Edition.

Tentu saja, HP gaming satu ini membawa sejumlah pembaruan dan peningkatan yang sangat menarik, mulai dari segi desain hingga performanya. 

Perbedaan dari ketiga varian seri ASUS ROG Phone 8 terletak pada memori dan tampilan belakangnya.

Ketiga variannya ini, sama-sama mengusung bodi yang sedikit lebih ramping dibanding pendahulunya. Kini ketebalannya hanya 8,9 mm dan bobot lebih ringan 225 gram.

Pada seri pendahulunya, memiliki tebal 10,3 mm dan berat 239 gram.

Namun sayangnya, dengan hadirnya bodi yang lebih tipis ini, kapasitas baterai yang tadinya 6.000 mAh dipangkas menjadi 5.500 mAh.

Menariknya, ASUS berhasil melakukan optimasi yang membuat daya tahan baterai sama dengan sebelumnya. Tidak ketinggalan dengan dilengkapinya fast charging 65W.

Desain ASUS ROG Phone 8

ROG Phone 8 hadir dengan desain premium dalam warna Phantom Black dan Rebel Grey. Tampilan depan smartphone gaming ROG Phone 8, kini mengusung punch hole yang menghilangkan bezel atas besar yang menyembunyikan kamera depan yang terdapat pada seri pendahulunya.

Agar tidak mengganggu pandangan, ASUS memberi pilihan untuk mengecilkan area tampilan untuk menghindari lubang kamera depan.

ROG Phone 8

Di samping kanan, terdapat tulisan ROG di sebelah tombol volume. Tag name ROG juga muncul di area kamera berbentuk kotak, tepatnya di pojok kanan bawah.

Lalu di bagian bawah terdapat logo ROG Republic of Gamersdare to win, ciri khas yang sudah wajib ada di lini gaming ASUS ini.

Baca Juga  Edit Anime Online Lewat Different Dimension Me Website 

Di bagian belakang casing ROG Phone 8 memiliki dots-matrix LED yang bisa menampilkan tulisan ROG sekaligus menunjukkan waktu (jam).

Performa ASUS ROG Phone 8

Performa ASUS ROG Phone 8

Pada segi performa, ASUS ROG Phone 8 merajai smartphone flagship, terutama HP gaming lain. 

Seluruh model ROG Phone 8 didukung chipset Snapdragon 8 Gen 3 yang dipadukan dengan RAM LPDDR5x dan memori internal berjenis UFS 4.0. 

Sebagai perangkat gaming dengan performa tinggi, ponsel jelas memiliki sistem pendingin yang mumpuni untuk membuang panas berlebih.

Sistem konduksi yang menggunakan boron nitrida dan tembaga digunakan untuk mengekstrak panas langsung dari prosesor Snapdragon ponsel dan membuangnya melalui penutup belakang ponsel.

ASUS bahkan berani mengklaim pendekatannya kali ini 20 persen lebih efisien secara termal. Namun jika pengguna merasa masih kurang dingin, ASUS juga menyediakan AeroActive Cooler versi terbaru yang dapat dipasangkan ke bagian belakang ponsel untuk mengurangi panas penutup belakangnya diklaim hingga 26 derajat Celcius.

Layar OLED 165Hz

Layar OLED 165Hz ASUS ROG Phone 8

Untuk mendapatkan pengalaman gaming sempurna, layar ROG Phone 8 menggunakan panel OLED 6,78 inch dengan refresh rate dinamis 1-165Hz dan kecerahan 2.500 nits. 

Dengan begitu para gamer akan mendapatkan pengalaman bermain yang smooth, responsif dan juga tampilan jernih serta tajam. 

Kamera ROG Phone 8

Kamera ASUS ROG Phone 8

Kali ini, ASUS ROG membekali kamera depan perangkatnya dengan kamera selfie beresolusi 32 megapixel. 

Sementara di bagian belakang, terdapat konfigurasi tiga kamera yang terdiri dari sensor utama 50 megapixel (sensor Sony IMX890) dilengkapi 6-axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0, ultrawide 13 megapixel, dan telefoto 32 megapixel dengan zoom optik 3x.

Fitur ROG Phone 8

ROG Phone 8 membawa sejumlah fitur AI baru, seperti AI Grabber yang bisa digunakan untuk memudahkan pencarian penelusuran game secara online dengan mengenali dan menyalin teks dalam game. 

Baca Juga  ASUS ROG Ally, Konsol Game Genggam Saingan Steam Deck

Tidak ketinggalan juga AI noise cancelling atau pereda bising yang berfungsi saat panggilan standar maupun untuk obrolan dalam game.

IP68 ROG Phone 8

Bukan hanya tampilan menarik dan performa mumpuni, ASUS ROG 8 juga sudah mengantongi sertifikat IP68 yang mengindikasikan bahwa ponsel gamingnya ini tahan air.

Hadir juga dukungan WiFi 7, dua port USB Type C dan jack audio. Sehingga gamer tidak perlu bingung lagi ketika ingin bermain game sambil charging, pakai AeroActive Cooler dan wired headset secara bersamaan. Tak perlu membeli dongle tambahan.

Untuk mengakses aplikasi di PC yang terhubung dan memudahkan transfer data, smartphone gaming ini sudah mendukung Microsoft Phone Link. 

Harga ASUS ROG Phone 8

Setelah membahas soal spesifikasi, kalian tentu penasaran mengenai harga ROG Phone 8 tersebut.

Untuk varian terendah ASUS ROG Phone 8 dibanderol USD 1.100 (Rp 17 juta) memiliki logo RGB di bagian belakangnya dan dilengkapi dengan RAM 12GB dan penyimpanan 256GB. 

Kemudian ROG Phone 8 Pro dibanderol dengan harga USD 1.200 (Rp 18,6 juta) memiliki RAM 16GB dan penyimpanan 512GB.
Terakhir, ROG Phone 8 Pro Edition dibanderol dengan harga USD 1.500 (Rp 23,3 juta) memiliki RAM 24GB dan penyimpanan 1TB. Keduanya hadir dengan tampilan dot-matrix LED di bagian belakangnya.

Baca Juga

1 thought on “Hands On ASUS ROG Phone 8, Spesifikasi dan Harga”

  1. Pingback: Daftar HP Snapdragon 8 Gen 3 - Pondokgue

Leave a Comment