Hands-on ASUS ROG Phone 6, Smartphone Gaming Over Power

Hands-on ASUS ROG Phone 6
5/5 - (4 votes)

LABtekno.com – Hands-on ASUS ROG Phone 6 selama seminggu terakhir ini akan kami jelaskan kepada Anda. 

Sebelumnya, kami memang sudah beberapa kali membahas ROG Phone 6, mulai dari rumor, peluncuran dan penjelasan detail mengenai spesifikasi serta harganya di pasar Indonesia.

Baca: ASUS ROG Phone 6: Review Kelebihan dan Kekurangannya

Namun nampaknya, kekaguman kami pada smartphone gaming tergahar saat ini tidak berhenti di situ.

Sudah seminggu ini, kami mencicipi betapa buasnya ASUS ROG Phone 6 untuk daily use. Klaim ASUS sebagai smartphone gaming gahar memang begitu terasa saat mencobanya sendiri.

Spesifikasi ASUS ROG Phone 6

ASUS ROG Phone 6 mampu menyajikan performa gaming yang gahar berkat ditunjang berbagai hal. Salah satu yang paling terasa adalah hadirnya prosesor Snapdragon 8+ Gen 1 terbaru. Ditandemkan dengan GPU Adreno 730 yang mampu menciptakan kinerja CPU dan GPU 10% lebih tinggi dan memiliki peningkatan efisiensi daya CPU sebesar 30%.

Sedangkan untuk meminimalisir bottleneck, ASUS ROG Phone 6 diperkuat dengan RAM LPDDR5 berkapasitas hingga 18GB dan penyimpanan SSD UFS 3.1 hingga 512GB.

Perangkat yang ada di tangan kami adalah varian terendahnya, yaitu RAM 8GB dan penyimpanan 256GB.

Spek ROG Phone 6 yang kami uji
Sumber: LABTekno.com

Bagian layarnya menggunakan AMOLED HDR10+ berukuran 6,78 inci dari Samsung yang diatur oleh ROG dengan refresh rate maksimal 165Hz. 

Touch-sampling rate hingga 720Hz dan latensi sentuh 23 ms yang membuat layar touch screen-nya begitu sensitif dan transisinya sangat halus, tanpa flikering screen.

Kombinasi tersebut akan sangat terasa saat Anda menggunakannya untuk bermain game.

Baca Juga  8 Aplikasi Convert Pulsa ke ATM

Upgrade Fitur di ROG Phone 6

Jika Anda sudah pernah mencoba seri ROG Phone sebelumnya, salah satu upgrade penting di ponsel ini adalah teknologi pendinginan GameCool 6 Cooling System.

Sistem GameCool canggih ini merupakan generasi kelima yang menawarkan pembuangan panas yang lebih efisien. Sebab telah diperkuat sistem pendingin CPU 360° terbaru dan difokuskan pada tata letak dual-PCB yang ditempatkan di tengah, sehingga kinerja pendinginannya meningkat hingga 10°C.  

ASUS ROG Phone 6 With Aero Active Cooler

Kebetulan, perangkat yang kami coba tanpa AeroActive Cooler 6. Namun saat pengujian betapa buasnya ROG Phone 6 dalam menjalankan game FPS selama 4 jam masih mampu menghasilkan frame rate yang stabil. 

4E PZmuhirlwkiMVud9iM AiUzK95Jc18L8OKDbM53aLCiC6IlIepS yHoO7P7NbchQ gecVuUNU37fEvkh8Ju4XNBtKTrVft6TDaT6DWYKrmkUcVnp4GaXiC DLG vQEBUQnD9X Pq4lN8K89wDyRAuEP72czB2HOorSebhTFkJtcXurQzFitFIVQ

Kami mengujinya bermain game PUBG Mobile pada grafik smooth 90 FPS, mampu menghasilkan fps stabil di angka 60-90 fps. 

GhGlpDJr7pMhxYiYTwrE0rjarRCbgOVR8GSWzxrp1IFU0T62HQjhhO4 hefOBatGFwXAvSHiR9CP0bFE0hh0ly4n8AfWPf3H iEJWP

Meskipun sebenarnya smartphone gaming over power ini mampu menggunakan grafis Ultra HD – Ultra dengan resolusi 4K saat bermain game.

p8FwpzNbl 3aYeak4M2DvDPWaByfJuA Hc1oCBRMaDatJoQbKvswjlq 70VgrsoEv0dyRBbuGjM3XbJ1Ur41qsfiITyJzd5bT3UB3MDadCGOx5CY9FAfU6ZKEl0ovRJXk3J3jsQbKtiLv2ZsacbNlCgfLOVGnZnqXVO8l looORKlJJ7r2 01HtBkg
taAmTEeig0 iqlgBmCEEL4 i5xoaCNBJVRUlyQnTI KePQPfEO3qCpelvNK73LA5sUSChhgzjrDfoQ6mw753g9qRuZ9E3

Sementara temperaturnya berada di kisaran 38-48 derajat Celcius. Ingat ya, tanpa AeroActive Cooler 6.

Baterai yang tadinya full 100% digunakan untuk bermain game PUBG Mobile masih tersisa 62%. Benar-benar awet, efisiensi dayanya terbukti.

Selain itu, fitur yang menarik perhatian kami adalah AirTrigger 6 dengan haptic feedback. Fitur ini saat digunakan bermain game terasa natural.

fm0SP0fzXQQIx96R9ti3s6G7LlOuVOUEreobeO n8eiN6DNzzdRdZD Kn5Wp0JATjXr5popMWCTkzpJ XecfciAB9wLd5hw1tTb6aXSDStejGFO vQoBYffv2sF7m5C ek8tWYztg84UL5AmfGZG66CI5pPQQKZwhV1qBA2nrOAFj7MX3uwd6k3hg

AirTrigger 6 mampu melakukan mapping sampai 14 touch point di layar secara simultan. 

67dkhtcbGhllX7TTQgqouAqmQTUuXcYIg6 v7J6KUBRF1djaZf5U8nbqm9vvECKwF HZSDEA82ZYmG3IaSDLdCeF8o6yQy69KaB nizQTW RuCvy9pPwGTvAzzskvQDZURc9NRM Uo73Cs BgXTWMaKVLQca6 MpJTKNX9YCYWH2Q1J pnwKVZOIhw

Jika Anda menggunakan AeroActive Cooler 6, maka masih bisa menambahkan empat tombol fisik lagi. Jadi total ada 18 touch point, belum termasuk yang sudah ada di layar.

Tidak ketinggalan juga fitur Game Genie, dashboard khusus gaming legendaris ini sudah di-upgrade juga. 

Pengguna dapat dengan mudah menemukan jalan pintas kembali ke Armory Crate, memblokir semua notifikasi dan panggilan masuk, mengubah refresh rate, melepaskan RAM yang tidak digunakan, melakukan pencarian di internet dan YouTube tanpa meninggalkan game, dan masih banyak lagi.

Baca Juga  Google Pixel 7 dan Pixel 7 Pro: Spesifikasi dan Harganya

Cara Setting Air Trigger ROG Phone 6

Salah satu fitur ROG Phone 6 yang sangat memudahkan pengalaman bermain para gamer layaknya mencicipi cheat legal dari smartphone gaming adalah fitur Air Trigger 6.

Air Trigger ASUS ROG Phone 6 menawarkan input tambahan yang bisa dilakukan oleh kedua jari telunjuk, sensor gerakan ponsel, hingga fitur yang terhubung dengan aksesoris Active Cooler 6.

Pengguna dapat mengontrol permainan dengan dua jari telunjuk, layaknya tombol L1 dan R1 pada controller console game. Bagi para gamer yang terbiasa menggunakan dua jari, fitur ini akan sangat membantu dalam meng-upgrade skill gaming. 

Gameplay Anda menjadi jauh lebih lincah. Meskipun demikian, Anda mungkin butuh waktu untuk menyesuaikannya hingga benar-benar terbiasa. 

Bagi yang sudah terbiasa dengan empat jari tanpa bantuan Air Trigger, mungkin akan cepat merasa pegal dan kurang leluasa. Fokusnya mudah teralihkan sehingga berakibat mengacaukan permainan.

Nah, inilah pentingnya Air Trigger pada sebuah ponsel gaming. Kontrol permainan jadi lebih akurat dan terasa lebih nyaman dalam memegang smartphone. 

Anda dapat mensetting fitur Air Trigger dengan leluasa untuk merepresentasikan sentuhan jari pada bagian manapun di layar. Ia akan merespon seolah-olah sedang menekan layar di bagian yang sudah Anda atur sebelumnya.

Dengan begitu, jari Anda tak perlu repot menjangkau bagian tersebut jika ingin menyentuhnya. Hanya dengan menekan atau pilih tombol partisi ganda pada Air Trigger, Anda sudah bisa menjangkaunya.

Demikian pengalaman hands-on ASUS ROG Phone 6 kami selama seminggu penggunaan. Kami malah semakin kagum dengan smartphone gaming over power ini. Pengalaman bermain game Anda akan jauh lebih baik. Berkat dukungan semua spek, fitur dan aksesoris gamingnya.

Baca Juga  POCO M4 Pro dan POCO X4 Pro, Duo Mid-Range Terbaru dari Xiaomi

Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − 1 =

Social Media

Artikel Terbaru

On Key

Artikel Terkait

Cara Melihat Stalker di Instagram

5 Cara Melihat Stalker di Instagram

LABTekno.com – Cara melihat stalker di Instagram bisa dilakukan dengan bantuan tools maupun aplikasi checker. Instagram memang menjadi salah satu media sosial yang paling populer untuk meningkatkan eksistensi. Namun perlu diingat juga bahwa konsekuensinya adalah postingan yang telah dibagikan otomatis

Review ASUS VivoBook 16X OLED

Review ASUS Vivobook 16X OLED, Laptop 4K untuk Konten Kreator

LABTekno.com – ASUS Vivobook 16X OLED merupakan laptop yang diciptakan khusus bagi content creator digital. Semua hal yang dibutuhkan dalam proses pembuatan konten telah mendukung dengan baik. Laptop ASUS Vivobook 16X OLED dikelompokkan menjadi 2 kategori berdasarkan chipset yang digunakan,

Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip

Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip Segera Rilis

LABTekno.com – Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip, dua smartphone terbaru dari Oppo dikabarkan akan segera dirilis. Meski belum ada informasi resmi mengenai tanggal kepastiannya. Namun biasanya Oppo akan merilis produk terbarunya pada pertengahan Desember, yaitu pada acara

Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru

3 Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru dengan Mudah

LABTekno.com – Cara memindahkan kontak ke HP baru bisa dilakukan dengan mudah. Tak perlu menyimpannya satu per satu secara manual. Ada cara yang jauh lebih mudah, praktis dan cepat. Sehingga pekerjaan lebih efisien.  Salah satu masalah yang sering dihadapi ketika

Scroll to Top