Cara Melihat Lokasi Teman Lewat WA

Kategori
5/5 - (1 vote)

Labtekno.com – Mengetahui cara melihat lokasi teman lewat WA merupakan perkara remeh, namun sangat berguna jika dibutuhkan. Fitur lokasi terkini secara real time sudah seperti salah satu fitur wajib bagi aplikasi perpesanan di era digital sekarang ini. Di Indonesia khususnya, WhatsApp saat ini menjadi aplikasi perpesanan paling favorit, mengalahkan Facebook Messenger, Line, dan sebagainya. Jika Anda belum tahu caranya, akan kami bisikkan khusus untuk Anda.

Cara Melihat Lokasi Teman Lewat WA

Pada aplikasi WhatsApp terdapat fitur Live Location yang dapat digunakan untuk melihat lokasi teman bahkan secara real-time alias langsung. Lokasi yang ditampilkan juga sangat akurat hingga radius 5 meter.

Selama gadget mereka menyalakan GPS akurasi tinggi dan terkoneksi dengan internet, melihat lokasi teman secara akurat ini tidak akan sulit dilakukan. Berikut ini cara melihat lokasi teman lewat WA, antara lain:

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Chat teman yang ingin dilihat lokasinya
  3. Mintalah ia membagikan lokasi terkini (live location), caranya mudah:
  4. Ketuk file attachment berupa tanda paper clip yang terdapat di pojok kanan bawah, sebelah kiri ikon kamera, lalu pilih opsi Lokasi.
  5. Tunggu beberapa saat sampai lokasi terkini akurat , ketuk opsi Berbagi lokasi terkini.
  6. Jika belum pernah memakainya, maka akan ada peringatan seperti ini, “Peserta di chat ini akan melihat lokasi Anda dalam real time. Fitur ini membagikan lokasi Anda selama durasi yang Anda pilih meskipun Anda tidak sedang menggunakan aplikasi. Anda dapat berhenti berbagi kapan saja. Pelajari selengkapnya.” Lalu klik Lanjut.
  7. Tentukan durasi berbagi lokasi terkini, ada 3 pilihan durasi: mulai 15 menit, 1 jam, hingga 8 jam. 
  8. Tambahkan keterangan pada kolom yang tersedia, jika diperlukan.
  9. Klik ikon Send pada pojok kanan bawah untuk mulai mengirim.
  10. Lokasi terkini teman akan terlihat setelah Anda klik gambar peta selama durasi yang telah ditentukan oleh pengirim.
  11. Lokasi terkini juga dapat dinonaktifkan kapan saja oleh pengirimnya, hanya dengan mengetuk tombol “Stop Sharing” atau “Berhenti Berbagi”.
  12. Jika live location ini dibagikan dalam sebuah grup obrolan WA, dan ada beberapa anggota grup yang membagikan lokasi mereka, maka akan terlihat semua lokasi terkini anggota grup tersebut.
Baca Juga  8 Cara Mengatasi GPS Tidak Mau Jalan

Melihat Lokasi Teman Lewat WA Dekstop dan CMD

Jika kamu menggunakan WhatsApp pada laptop/PC (WhatsApp Web), Kamu juga bisa mencobanya menggunakan Command Prompt atau CMD. Berikut ini cara melihat lokasi melalui WhatsApp Web:

  1. Buka WhatsApp Web melalui laptop atau PC.
  2. Bukalah pesan terakhir orang yang ingin kamu lacak posisinya.
  3. Setelah membukanya, kemudian tekan Ctrl+Alt+Del pada keyboard secara bersamaan
  4. Kemudian masuk ke Task Manager.
  5. Tekan Windows+R di keyboard secara bersamaan, tepat setelah Task Manager muncul.
  6. Kemudian ketik cmd dan tekan Enter.
  7. Saat jendela command prompt sudah muncul, ketik netstat dan tekan Enter.
Tampilan CMD saat melacak alamat IP
  1. Catat atau copy alamat IP yang terdapat pada command prompt.
  2. Kamu dapat melacaknya melalui situs https://www.ip-adress.com/ip_tracer/, kemudian masukkan alamat IP yang sudah kamu dapatkan.

Melihat Lokasi Lewat Google Maps

Selain itu, melihat lokasi melalui Google Maps juga bisa. Selain sebagai alat navigasi, Google Maps ini juga fitur berbagi lokasi secara langsung dengan tingkat keakuratan cukup tinggi. Melalui Google Maps juga dapat mengirim lokasi ke WA, berikut caranya:

  1. Buka aplikasi Google Maps
  2. Pada halaman utama, ketuk ikon tiga garis di sebelah kiri atas
  3. Pilih opsi Berbagi lokasi
  4. Untuk mulai membagikan agar orang lain bisa melacak lokasi, ketuk Mulai.
  5. Bakal muncul beberapa opsi membagikan. Pilih WhatsApp.
  6. Cari dan pilih kontak yang hendak dikirimi lokasi, lalu klik send/kirim.

Pada pesan WhatsApp, nantinya akan muncul tautan atau link yang dapat diklik langsung mengarahkan pada lokasi terkini pengirimnya.

Sebenarnya masih ada banyak opsi lain yang dapat digunakan untuk melacak lokasi seseorang di Play Store maupun App Store, contohnya: Trackview, Glympse, HLR Lookup, iKeyMonitor, Find My Friends, Google Trusted Contacts, mSpy, Life360, dan lain sebagainya.

Baca Juga  Cara Membuat Reels Instagram dengan Mudah

Fitur semacam ini sangat berguna ketika kita memiliki janji temu dengan seseorang. Dengan fitur ini juga, kamu bisa memantau keberadaan mereka dengan mudah. Tertarik mencobanya? Jika ada cara lain yang biasa kamu andalkan, silakan bagikan di kolom komentar bawah.

Ikuti Kami

Artikel Terbaru

Artikel Tterkait

Continue to the category

Cara Mendapatkan Uang dari Aplikasi Baca Novel

LABtekno.com - Cara mendapatkan uang dari aplikasi baca novel hari ini jelas perlu diketahui untuk menambah penghasilan. Sebab...

Cara Membuat Komunitas YouTube

LABtekno.com – Cara membuat komunitas YouTube perlu diketahui setiap pemilik channel. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian...

6 Cara Mudah Memperkuat Sinyal WiFi Indihome

LABtekno.com – Memperkuat sinyal WiFi Indihome bisa dilakukan dengan berbagai cara. Langkah-langkah yang perlu dijalankan juga terbilang...