Resmi dirilis, Begini Spesifikasi dan Harga ASUS Zenfone 9

Spesifikasi dan Harga ASUS Zenfone 9
5/5 - (1 vote)

LABtekno.com – ASUS Zenfone 9 telah dirilis secara global pada 28 Juli lalu, dan mendapatkan respon positif oleh para penggemarnya.

Bahkan tidak jarang banyak yang membandingkannya dengan iPhone 13 Mini karena memiliki bentuk kamera boba yang hampir sama. Dua kamera berdiameter cukup besar di bagian belakangnya.

Desain Compact, Spesifikasi Mumpuni

Tampilan bodi yang ditawarkan cukup compact dengan spesifikasi mumpuni. Dilihat dari segi harganya juga terbilang masih cukup terjangkau.

ASUS Zenfone 9
Tampilan Depan dan Belakang ASUS Zenfone 9

Berbekal layar 5,9 inci Full HD+ dengan refresh rate 120 Hz dan punya tingkat kecerahan hingga 800 nit. 

Sebagai HP Flagship, tentu Zenfone 9 menggunakan panel AMOLED yang memiliki 115% sRGB, 112% DCI-P3 color gamut dan dukungan HDR10+.

Pada sisi visualnya, ASUS Zenfone 9 menyuguhkan visual yang memanjakan mata melalui akurasi warna yang luar biasa dengan menggandeng perusahaan pemrosesan visual terkemuka bernama Pixelworks.

Untuk meminimalisir goresan dan benturan yang mungkin terjadi selama masa penggunaannya, smartphone ini telah dilapisi Gorilla Glass Victus.

Meski ukurannya terbilang cukup mungil, namun memiliki dapur pacu yang super ngebut. 

Sebab sudah ditenagai dengan Snapdragon 8+ Gen 1 yang dipadukan RAM LPDDR 5 hingga 16 GB dan penyimpanan internal UFS 3.1 sampai 256 GB.

Sistem Pendingin Lebih Baik

Jika dulu para pengguna Zenfone sering mengeluhkan panas, kini Zenfone 9 memiliki sistem yang mampu berjalan lebih dingin dan lebih cepat dari sebelumnya. 

Hal ini wajib dilakukan mengingat chipset yang digunakan saat ini juga terkenal cepat panas. Oleh sebab itu, sistem pendingin pada smartphone satu ini diubah total. 

Kini sistem pendinginnya menggunakan ruang uap berteknologi tinggi bukan pipa panas, dan terdapat penyebar panas canggih yang menggunakan tembaga, lembaran grafit, dan pasta termal.

Kamera 50 MP

ASUS Zenfone 9 Camera
Kamera ASUS Zenfone 9

Hal paling menarik perhatian dari ASUS Zenfone 9 terletak pada bagian kameranya. Kamera belakang berukuran 50 MP dengan sensor Sony IMX766.

Dilengkapi juga dengan 6-axis Hybrid Gimbal Stabilizer yang mampu menjaga tangkapan kamera menjadi bebas blur dan goyang, baik saat memotret maupun merekam video. 

Kamera belakang 50 MP tersebut dipadukan dengan kamera 12 MP ultra-wide. Melihat tampilan peletakan kamera belakangnya, HP ini tampil lebih stylish layaknya iPhone 13 Mini.

Sedangkan pada kamera selfie, smartphone ini menggunakan kamera depan berukuran 12 MP.

Baterai 4300 mAh, HyperCharge 30 Watt

Dalam hal durabilitas baterai, ASUS Zenfone 9 ditenagai dengan baterai berkapasitas 4300 mAh. 

Baterai tersebut sudah dilengkapi dengan komponen hemat daya agar mampu bertahan lebih lama dari sebelumnya.

Proses pengisian dayanya juga lebih cepat berkat hadirnya adaptor HyperCharge 30 Watt. 

Dengan adaptor ini, proses pengisian daya hingga 50% hanya membutuhkan waktu kurang dari 30 menit.

Fitur Multi-Fungsi ZenTouch

Terdapat fitur menarik pada HP ini, yang khusus diberikan oleh ASUS. Yaitu tombol daya multi-fungsi ZenTouch yang terletak di samping untuk memudahkan penggunaan Zenfone 9 dengan satu tangan. 

Tombol daya tersebut tidak hanya berfungsi untuk membuka kunci sekali sentuh dengan built-in sensor sidik jari. 

Namun juga dapat berfungsi seperti trackpad pada laptop zaman sekarang yang memungkinkan pengguna untuk menggesekkan ibu jari mereka ke atas, ke bawah atau klik dua kali.

Pengguna dapat lebih mudah menjalankan berbagai fungsi termasuk suara-ke-teks, membuka notifikasi, memuat ulang halaman web, dan pindah ke bagian atas/bawah halaman, dan kontrol media.

Bodi Belakang Tangguh dan Nyaman

Pada tampilan bagian belakang Zenfone 9, ASUS menyematkan bahan canggih yang terbuat dari permukaan bertekstur yang baru dikembangkan.

Bagian belakangnya ini benar-benar tangguh dan nyaman, namun dapat selalu tercengkram dengan baik. Berkat bahan material bodi belakangnya tersebut, Zenfone 9 mampu mengurangi bobotnya hingga 30% dari sebelumnya.

Bahkan smartphone ini telah memiliki sertifikasi IP68 yang berarti tahan air dan debu.

Harga Asus Zenfone 9 di Indonesia

ASUS Zenfone 9 hadir dalam beberapa varian warna, antara lain balutan warna Midnight Black, Starry Blue, Sunset Red dan Moonlight White. 

Smartphone ini juga turut merilis aksesori Connex Case yang memungkinkan pengguna memasang Connex Card Holder atau Connex Smart Stand.

Bukan hanya itu, ada juga Smart Backpack Mount yang berfungsi untuk memasang Zenfone 9 dengan aman ke tali ransel. 

Pengguna dapat dengan leluasa memasukkan atau mengeluarkan HP dari dudukan magnet hanya dalam sedetik, ada juga kabel pengamannya.

Jika berbicara soal harga, ASUS Zenfone 9 dibanderol dengan harga mulai dari USD 699 untuk model RAM 8 GB dan ROM 128 GB. 

Hal ini tentu jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan iPhone 13 Mini 128 GB yang dijual Rp 13 jutaan di Indonesia.

Penggemar Zenfone di Indonesia harus bersabar, sebab Zenfone 9 akan diluncurkan di Eropa, Hong Kong dan Taiwan terlebih dahulu, baru kemudian selanjutnya akan menyambangi pasar Amerika Utara, Jepang, sebagian Amerika Selatan dan Indonesia.


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + 9 =

Social Media

PC dan Laptop

Tips n Trik

On Key

Artikel Terkait

Scroll to Top