ASUS Zenfone 9, Smartphone Mungil Performa Overkill

Achmad Fachrur Rozi

ASUS Zenfone 9 Smartphone Mungil Performa Overkill
5/5 - (1 vote)

LABTekno.com – ASUS Zenfone 9 telah resmi di pasarkan di Indonesia pada 17 November 2022. Smartphone mungil satu ini memiliki performa yang terbilang overkill.

Terbukti dengan dukungan prosesor flagship compact di dalamnya, yaitu Snapdragon 8+ Gen 1.

Terbilang mungil, karena ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan smartphone terbaru lain pada umumnya. Ukurannya hanya 5,9 inci saja. 

Hal ini membuat penggunanya merasa nyaman saat menggunakannya dengan satu tangan. Apalagi mengetahui adanya fitur-fitur pendukung lainnya, seperti ZenTouch. Sebuah teknologi yang disematkan pada tombol daya sebagai sidik jari sekaligus touchpad yang dapat mengontrol notifikasi di HP tersebut.

Menurut Marcia Sung, selaku Product Manager Smartphone Business Unit, Kehadiran ASUS Zenfone 9 di Indonesia ditargetkan akan terjual minimal sekitar 50 ribu unit.

Spesifikasi Utama ASUS Zenfone 9

Mudah Digenggam dengan Satu Tangan

ASUS Zenfone 9 - Nyaman digenggam satu tangan
One Hand – ASUS Zenfone 9 | Sumber: ASUS

Smartphone mungil ini memiliki dimensi dan bobot yang menjadi sorotan banyak pihak. Sebab dimensi keseluruhannya hanya 146,5 x 68,1 x 9,1 mm dengan berat hanya 169 gram.

Hal ini membuatnya one hand-able atau mudah digenggam dengan satu tangan. Fitur fingerprint tersedia di tombol power, yang juga merangkap menjadi shortcut untuk perintah/membuka aplikasi tertentu dengan gestur berbeda yang diberi nama ZenTouch. 

Ada beberapa gestur sentuhan yang dapat terdeteksi, antara lain gesek, tap dua kali, gesek ke atas atau gesek ke bawah. 

Terdapat juga edge tool, hanya dengan tap dua kali di bodi belakang, pengguna bisa menambahkan shortcut untuk buka aplikasi/fitur tertentu. 

Baca Juga  HP Vivo Dibawah 2 Jutaan Terbaik

ASUS tidak main-main untuk menciptakan smartphone yang ramah satu tangan. Benar-benar fitur yang praktis dan memudahkan penggunaan satu tangan, kan?

Layar AMOLED 120Hz

Layar AMOLED ASUS Zenfone 9
Layar AMOLED ASUS Zenfone 9 | Sumber: ASUS

ASUS Zenfone 9 memiliki layar berukuran 5,9 inci ini sudah menggunakan panel AMOLED dengan refresh rate 120Hz. Hal ini tentu membuat para penggunanya tetap nyaman tanpa efek flicker.

Refresh Rate 120Hz
Refresh Rate 120Hz | Sumber: ASUS

Desain dan Ketahanan

Dilihat dari segi desainnya, smartphone mungil ini dibalut dengan plastik polikarbonat bertekstur, yang tidak meninggalkan sidik jari sekaligus tidak licin jika digunakan satu tangan. 

Sementara bagian framenya dilindungi aluminium frame. Pada bagian kaca depannya sudah Gorilla Glass Victus

Apalagi dengan adanya sertifikasi IP68 sehingga membuatnya tahan air kedalaman 1,5 meter hingga 30 menit dan tahan debu. Kesan smartphone mungil, tangguh dan overkill begitu melekat.

Disebut overkill bukan tanpa alasan, sebab ASUS Zenfone 9 memiliki dapur pacu dengan Snapdragon 8+ Gen 1. Selain itu, OS-nya sudah Android 12 dengan update 2 kali.

Kamera Stabil dan Jernih

Kamera ASUS Zenfone 9
Kamera ASUS Zenfone 9 | Sumber: ASUS

Pada bagian kamera belakangnya, smartphone ini telah membawa resolusi 50 MP yang dipadukan dengan OIS gymbal stabilizer 6-axis dan algoritma EIS untuk menghasilkan gambar dan video yang jernih dan stabil. Apalagi kamera belakangnya ini  juga sudah mendukung format RAW. 

Perlu diketahui bahwa sensor kamera Zenfone 9 ini sama dengan ASUS ROG Phone 6, yakni Sony IMX 766. Kemudian kamera ultra-wide 12 MP yang biasa digunakan untuk fotografi makro dan kamera selfie 12MP.

Perekaman video menggunakan kamera belakangnya dapat dihasilkan hingga 8K di 24 fps dan 4K di 120 fps. Sementara perekaman video kamera depan mampu menghasilkan resolusi maksimal 4K dengan frame rate 30 fps.

Baca Juga  Cara Membuka Akun Mi yang Lupa Sandi

Baterai 4.300mAh

Kapasitas Baterai ASUS Zenfone 9
Kapasitas Baterai Zenfone 9 | Sumber: ASUS

Di sektor suplai daya, ASUS Zenfone 9 memiliki baterai dengan kapasitas 4.300mAh. Sudah mendukung fast charging 30W dan dapat melakukan reverse charging 5W.

Paduan kapasitas baterai dan SoC yang dibawanya, menjadikan smartphone mungil ini dapat bertahan hampir 2 hari dengan penggunaan normal.

Sistem pendingin yang dimiliki Zenfone 9 kiha lebih baik, berkat disematkannya material pendingin vapor chamber 230 persen lebih besar dibanding heat pipe pada generasi sebelumnya.

Harga ASUS Zenfone 9 di Indonesia

ASUS Zenfone 9 memiliki empat varian warna, yaitu Black, Blue, Red, dan Silver. Harganya juga bervariasi, tergantung varian RAM dan memori internal yang dibawanya.

  • Harga Asus Zenfone 9 6GB/128GB dibanderol dengan Rp. 7.999.000
  • Harga Asus Zenfone 9 8GB/256GB dibanderol dengan Rp. 9.999.000
  • Harga Asus Zenfone 9 16GB/256 dibanderol dengan Rp. 11.999.000

Demikian beberapa hal terkait ASUS Zenfone 9 yang kini telah resmi masuk ke pasar Indonesia. Bagaimana, apakah tertarik membeli smartphone mungil dengan performa overkill ini?

Baca Juga

Leave a Comment