ASUS Zenfone 9, Ponsel Ringkas Performa Berkelas

ASUS Zenfone 9 Ponsel Ringkas Performa Berkelas
5/5 - (5 votes)

LABTekno.com – ASUS Zenfone 9 merupakan ponsel flagship yang ultra-compact, ultra-stylish, dan ultra-speedy. Ponsel terbaru dari ASUS ini sudah diluncurkan di Indonesia sejak bulan November lalu.

Launching ASUS Zenfone 9 di Indonesia
Launching ASUS Zenfone 9 di Indonesia | Sumber: ASUS

Tampilannya yang lebih eye-catching, kokoh dengan adanya high-grip texture, serta sertifikasi IP68 yang membuatnya tangguh. 

Masalah performa, ponsel mungil ini sangat bisa diandalkan, berkat dibekali prosesor premium Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform dan baterai 4300 mAh untuk penggunaan yang lebih lama. 

Disebut mungil, karena mengusung layar berukuran 5,9 inci, sehingga bisa dengan mudah digenggam satu tangan dan pas dimasukkan saku. 

Tampilan antarmukanya juga fresh karena sudah menggunakan ASUS ZenUI 9 (Android 12) yang telah dioptimalkan untuk penggunaan satu tangan. Termasuk hadirnya ASUS ZenTouch, yaitu tombol power multifungsi yang menggabungkan sensor sidik jari untuk unlock yang lebih mudah dan penggunaan gesture control yang lebih nyaman.

Dalam paket penjualannya, ASUS Zenfone 9 terbilang lengkap. Berikut isi paket dalam dusnya:

Isi Paket Penjualan ASUS Zenfone 9
Isi Paket Penjualan ASUS Zenfone 9 | Sumber: ASUS
  • Unit ASUS Zenfone 9
  • Charger 30 Watt
  • Kabel USB Type C to Type C
  • Headset dengan konektor 3.5 mm
  • Case
  • SIM Tray Ejector
  • Paket Dokumen

Desain ASUS Zenfone 9

Tampilan ASUS Zenfone 9
Tampilan ASUS Zenfone 9 | Sumber: ASUS

Kualitas material premium yang digunakan pada ASUS Zenfone 9, membuat ketangguhannya tak perlu diragukan. Layarnya telah diproteksi dengan Corning Gorilla Glass Victus, sehingga empat kali lebih antigores dibanding kompetitor dan tangguh saat jatuh dari ketinggian sampai 2 meter. 

Selain itu, body-nya juga telah bersertifikasi IP68 yang artinya sudah anti air dan debu. 

Desainnya yang sleek dan clean, diperkuat dengan mid-frame bermaterial matte aluminum dan tombol multifungsi ZenTouch di sisinya untuk gesture control yang lebih lengkap.

Kemudian desain tampilan UI Zenfone 9 juga tidak kalah menarik, karena sudah menggunakan ZenUI 9 yang mampu memberikan performa yang lebih cepat dan smooth, sekaligus lebih pintar, yang sudah disesuaikan untuk penggunaan satu tangan yang lebih mudah. 

Penggunanya bisa mudah melakukan navigasi, dilengkapi dengan tool Edge untuk menemukan aplikasi favorit dengan lebih cepat. 

Performa Berkelas

Ukuran Zenfone 9 yang ringkas telah diperkuat prosesor flagship Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform. Sehingga meskipun ukurannya mungil, namun performanya bisa lebih stabil, smooth dan responsif. 

Baca Juga  Xiaomi Mix Fold 2 Saingan Galaxy Z Fold 4

Kesan premium dan berkelas semakin terasa, karena suhunya bisa tetap dingin berkat teknologi cooling system dengan vapor chamber berteknologi tinggi dan fitur penyebaran panas. Walaupun performanya tinggi, tapi tanpa kenaikan suhu berlebih. 

Prosesor Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform menawarkan CPU clock speed yang tinggi hingga 3.2 GHz. Performa yang mampu dihasilkannya 10% lebih tinggi namun dengan efisiensi CPU 30% dibandingkan Snapdragon 8 Gen 1. 

Agar terhindar dari potensi bottleneck, Zenfone 9 juga sudah dilengkapi LPDDR5 RAM hingga 16GB dan UFS3.1 storage.

Konektivitas ASUS Zenfone 9

Pada bagian konektivitas, ponsel ini telah didukung teknologi Wi-Fi 6E. Teknologi Wi-Fi terbaru ini mampu menghasilkan konektivitas yang lebih stabil, lebih cepat. Bahkan pada kondisi crowded sekalipun. 

Konfigurasi Multiple-antenna di dalamnya juga di-upgrade dengan teknologi HyperFusion agar bisa menyajikan konektifitas simultan antara Wi-Fi dan seluler, yang mengarahkan pengguna ke koneksi dengan sinyal terbaik.

Ada juga jack audio 3.5mm Zenfone 9 yang menggunakan Qualcomm Aqstic DAC terbaru. Lengkap dengan sound tuning dari Dirac, sehingga Zenfone 9 mampu memberikan pengalaman audio yang impresif.

Baterai Awet Seharian

Lagi-lagi, ponsel dengan panjang 14,8cm dan lebar kurang dari 7cm ini, tidak hanya menawarkan performa terbaik. Namun juga telah didukung baterai yang mumpuni untuk digunakan seharian. 

Baterai berkapasitas 4300mAh yang digunakannya ini lebih besar dari seri pendahulunya yaitu Zenfone 8. 

Sama seperti ROG Phone 6, baterai pada Zenfone 9 juga sudah menggunakan teknologi STP (Specific Tab Process). Baterainya bisa diisi dari middle and out sehingga menurunkan impedansi dan kenaikan suhu selama pengosongan dan pengisian daya. 

Tidak heran jika Zenfone 9 bisa menggunakan adaptor HyperCharger 30W yang mampu memberikan daya baterai lebih lama dan pengisian ulang lebih cepat.

Kamera 50MP yang Lebih Stabil dan Bebas Guncangan  

Kamera ASUS Zenfone 9
Kamera ASUS Zenfone 9 | Sumber: ASUS

Pada bagian kameranya, baik kamera depan maupun belakang, menggunakan kamera berkualitas pro dari Sony. Saat melihat ponsel ini, mata kalian mungkin langsung tertuju pada bagian kamera belakangnya.

Kamera belakang berukuran 50MP ultra-wide angle dari SONY IMX766 yang diperkuat teknologi 6-axis Hybrid Gimbal Stabilizer dan Autofocus untuk pengambilan gambar yang lebih stabil dan bebas guncangan. 

Baca Juga  ASUS Zenbook 14X OLED (UX5401), Laptop Premium Untuk Pekerja 

Rekaman video yang mampu dihasilkannya hingga 8K/24fps dengan OIS/EIS. Menariknya, kamera ini mampu merekam foto 16MP dengan light sensitivity yang lebih tinggi menggunakan filter warna Quad Bayer dan perekaman hingga 50MP pada kondisi terang.  

Sedangkan kamera keduanya berukuran 12MP ultra-wide dengan sensor SONY IMX363 yang mendukung fotografi makro dan disertai fitur autofocus. 

Rekaman video yang mampu dihasilkan hingga 4K/60fps dengan EIS dan koreksi distorsi yang real-time. Kualitas foto yang dihasilkan pada foto makro dengan fokus sampai jarak 4cm benar-benar tajam.

Hal ini membuatnya menjadi ponsel pertama yang menggunakan sensor SONY IMX663 yang mampu melakukan autofocus dengan cepat berkat dual PDAF. 

Kamera depannya mampu merekam foto hingga 12MP dan kualitas video 4K/30fps atau FHD/60fps dengan EIS. Foto selfie yang diambil juga memiliki tingkat kedalaman yang tinggi dan lebih tajam.  

Formasi kamera yang lengkap dan canggih ini, membuat penggunanya bisa melakukan  perekaman foto dan video dalam mode pro. Tersedia lebih banyak pilihan kustomisasi dan setup untuk menghasilkan foto maupun video yang diinginkan.

Kalian bebas melakukan manual setting untuk focus, ISO, kecepatan shutter, EV, dan white balance, serta perekaman dalam RAW. 

Apalagi dengan hadirnya fitur baru Light-trail mode (BETA) yang memungkinkan pengguna menggunakan manual shutter atau melakukan preset shutter time untuk merekam objek bergerak dan menghasilkan efek cahaya yang menarik, seperti lalu lintas malam hari, light graffiti, memotret air terjun, dan sebagainya.

Mudah Digenggam dengan Satu Tangan

Zenfone 9 Muat di Saku
Zenfone 9 Mudah Dimasukkan ke dalam Saku | Sumber: ASUS

Ukuran Zenfone 9 yang hanya 5,9 inci ini, membuatnya ringan sekaligus kompak. Hal ini memang sengaja dilakukan oleh ASUS agar smartphone tersebut bisa nyaman digunakan dalam satu genggaman tangan dan mudah dimasukkan ke dalam saku. 

Bukti keseriusan ASUS dengan slogan One-Handed to the Max yaitu pengguna bisa mengoperasikan semua fiturnya, termasuk mengambil foto maupun video dengan mudah. 

Dilengkapi juga dengan hadirnya tombol multifungsi Zen Touch di salah satu sisinya. Fitur ini berfungsi untuk membuka sensor sidik jari, menggesekkan ibu jari ke atas maupun ke bawah, mengetuk dua kali untuk mengakses fitur lain, seperti beralih dari suara ke teks, membuka notifikasi, browsing, dan sebagainya.

Baca Juga  6 Alasan Kenapa Harus Membeli ROG Phone 6

Menariknya lagi, Zenfone 9 sudah dibekali dengan ASUS ZenUI9 dan Android 12. Kalian bisa mengambil tangkapan layar hanya dengan dua kali ketukan pada bagian belakang Zenfone 9. 

Bisa juga digunakan untuk membuka kamera, mengatur cahaya kamera, mengaktifkan menu perekaman suara, membuka Google Assistant, mengontrol media pemutar lagu atau video, dan memperbesar atau memperkecil tampilan objek yang akan direkam.

Fitur Pendukung Gaming

Gaming Experience Zenfone 9
Gaming Experience Zenfone 9

Penggunanya pasti ingin mencobanya untuk bermain game. Tenang saja, untuk gaming juga tak tanggung-tanggung. Kecepatan respon dari Zenfone 9 terbilang tinggi untuk pengalaman menikmati berbagai konten dengan visual yang lancar dan mulus. 

Ponsel ini memiliki refresh rate 120Hz yang ultra-smooth, touch-sampling rate 240Hz, dan response time hanya 1ms. Penggunanya akan merasakan pengalaman ponsel flagship yang lebih besar dan lebih mahal. 

Zenfone 9 juga sudah dibekali aplikasi Game Genie untuk meningkatkan gaming experience. ZenUI 9 menawarkan dashboard Game Genie versi terbaru agar bisa menghadirkan pengalaman gaming seperti yang terdapat pada ROG Phone 6. 

Speaker bawaan maupun headsetnya juga sudah disetting untuk mendukung game mode untuk memainkan game. Pengaturan audio khusus game dalam frekuensi tertentu agar penggunanya lebih mudah mendengar suara penting dalam game, seperti langkah kaki.

Ada juga aplikasi AudioWizard yang dapat diatur dengan cepat di quick setting, untuk mengoptimalkan dan meningkatkan kualitas audio pada Zenfone 9. 

Tampilan antarmukanya menawarkan 10-band equalizer yang bisa dengan mudah diatur serta pilihan audio style, seperti Dynamic, Music, Cinema, dan Game.

Harga di Indonesia

Harga ASUS Zenfone 9 di Indonesia
Harga ASUS Zenfone 9 di Indonesia | Sumber: ASUS

ASUS Zenfone 9 menawarkan tiga varian kapasitas penyimpanan dan empat varian warna. Kapasitas penyimpanan 6GB/128GB dibanderol dengan harga Rp7.999.000 dalam empat warna pilihan; Midnight Black, Moonlight White, Sunset Red, dan Starry Blue. 

Sedangkan, untuk kapasitas penyimpanan 8GB/256GB dibanderol dengan harga Rp9.999.000 dalam dua pilihan warna; Midnight Black dan Moonlight White. 

Terakhir, untuk kapasitas penyimpanan 16GB/256GB dibanderol dengan harga Rp11.999.000 dengan warna Midnight Black.

Buat kalian yang mau beli Zenfone 9, udah bisa kalian dapatkan melalui partner dan channel pembelian resmi produk ASUS antara lain Erafone, Tokopedia, ASUS Exclusive Store, ASUS Online Store.

Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS Zenfone 9 Blog Writing Competition di Blog Widyanti Yuliandari.


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media

PC dan Laptop

Tips n Trik

On Key

Artikel Terkait

Scroll to Top