ASUS ROG Phone 6: Review Kelebihan dan Kekurangannya

Achmad Fachrur Rozi

ASUS ROG Phone 6
5/5 - (1 vote)

LABtekno.com – ASUS ROG Phone 6 beberapa waktu yang lalu telah resmi diluncurkan. Smartphone gaming andalan dari ASUS ini menawarkan kinerja yang powerful, desain keren terasa gaming banget, dan kapasitas baterai yang cukup besar.

Jika diperhatikan pada bagian belakangnya, ASUS memberikan sentuhan dari beragam ornamen yang memberikan kesan perangkat gaming yang futuristik.

Apalagi dengan hadirnya Illuminated RGB Logo di bagian belakangnya, yang mampu menampilkan logo ROG berwarna-warni. 

Kemudian yang paling penting sebagai perangkat gaming, ASUS ROG Phone 6 menawarkan fitur Air Trigger di bagian tepi perangkat tersebut, seperti layaknya tombol L dan R pada stick. 

Sehingga para penggunanya akan dimanjakan dan sangat memudahkan dalam memainkan berbagai game seperti PUBG Mobile, COD Mobile, Genshin Impact, Mobile Legends, dan game-game lainnya.

Tersedia juga aksesoris dari ASUS ROG Phone 6 lainnya yang mampu mendukung kenyamanan penggunanya dalam bermain game, yaitu Aero Active Cooler 6, Kunai GamePad 3, dan Glass Screen Protector.

Kelebihan ROG Phone 6

Adapun beberapa kelebihan lain dari ROG Phone 6, antara lain:

Pertama, segi SoC yang telah menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 dengan fabrikasi 4nm, Octa-Core 3,19 GHz. 

Hal tersebut jelas merupakan keunggulan paling mencolok pada smartphone gaming ini. 

Sebab sangat tepat jika menyerahkan urusan dapur pacu pada chipset seri tersebut yang terkenal memiliki performa monster. 

Penggunanya tak perlu khawatir, HP gaming ini akan mampu melibas aplikasi maupun game berat sekalipun.

Kemudian jika melihat skor AnTuTu V9 yang diperoleh ASUS ROG Phone 6, tentu berada jauh di atas rata-rata. Bahkan berhasil mendapatkan skor AnTuTu V9 yang mencapai 1.126.983 poin. 

Baca Juga  Resmi dirilis, Begini Spesifikasi dan Harga ASUS Zenfone 9

Sebagai smartphone gaming, memacu kinerjanya secara maksimal merupakan kebutuhan yang wajib terpenuhi, agar pengalaman bermain game juga dapat lebih maksimal.

Oleh sebab itu, ROG Phone 6 didukung oleh sistem pendingin Game Cool 6 yang mampu membuat suhu tetap terjaga meskipun digunakan bermain game atau menjalankan suatu aplikasi berat dalam waktu yang lama.

Perlu diingat, salah satu kelebihan dari penggunaan Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 juga dapat mendukung jaringan 5G. Chipset tersebut memiliki kecepatan download maksimal hingga 10 Gbps. 

Berkat dukungan kapasitas baterai yang besar, yaitu 6.000mAh, ASUS mengklaim bahwa perangkat ini mampu bertahan lama dalam pemakaian normal. 

Kemudian untuk mengimbangi kapasitas baterai jumbo tersebut, ASUS menawarkan fitur 65W HyperCharge, yang mampu mengisi daya dari kondisi 0% ke 100% dalam waktu 42 menit saja.

Tidak berhenti di situ, ASUS juga sangat serius memanjakan penggunanya dalam memainkan game. Terbukti dengan hadirnya teknologi Samsung AMOLED 6,78 inci. Resolusi yang mampu ditampilkannya yaitu Full HD+ (2448 x 1080 piksel), HDR10+, dengan tingkat kecerahan hingga 1200 nits, refresh rate 165Hz, dan dilindungi Corning Gorilla Glass Victus.

Pada bagian kameranya, ASUS ROG Phone 6 dilengkapi dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP, ultrawide 13 MP, dan makro 5 MP. Sedangkan kamera depan memiliki resolusi 12 MP.

ASUS ROG Phone 6 juga dilengkapi dengan dukungan dua kartu SIM, WiFi, Bluetooth 5.2, speaker stereo, port USB Type-C 3.1 pada bagian samping, port USB Type-C 2.0 di bagian bawah. 

Sedangkan untuk sensor fingerprint berada di dalam layar, ada juga fitur Face Unlock, dan sistem operasi Android 12.

Kekurangan ROG Phone 6

Adapun beberapa kekurangan dari ROG Phone 6, antara lain:

Baca Juga  Huawei Mate 60 RS Ultimate Design Resmi Diluncurkan 28 September

ASUS ROG Phone 6 tidak menawarkan slot microSD. Meskipun kapasitas penyimpanan internalnya memang sudah besar, yaitu mencapai 256 GB. 

Kemudian pada segi kamera, sebagai HP belasan jutaan, ROG Phone 6 tidak memiliki kamera telephoto. Kamera jenis ini sangat penting untuk kebutuhan membidik objek dari jarak jauh dengan jelas dan tajam.

Terakhir, kapasitas baterainya yang besar membuat bodi dari ROG Phone 6 membengkak, ketebalannya mencapai 10,3 mm. Hal ini akan sangat terasa besar jika Anda menggenggamnya dengan satu tangan.

Harga di Indonesia

ASUS ROG Phone 6 memperkenalkan dua variannya. Hal yang membedakan keduanya terletak pada kapasitas RAM-nya saja. 

Smartphone gaming terbaru dari ROG yang memiliki RAM 8 GB + penyimpanan 256 GB dibanderol dengan harga Rp10.999.000.

Sedangkan untuk varian yang lebih tinggi, yaitu untuk RAM 12 GB + penyimpanan 256 GB dibanderol dengan harga Rp13.999.000.

Baca Juga

Leave a Comment