Aplikasi Coding PC Terbaik 2022

Aplikasi Coding PC Terbaik 2022
Rate this post

LABtekno.com – Aplikasi coding PC saat ini sudah tersedia dengan spesifikasi yang beragam. Mulai dari yang sederhana, hingga yang memiliki dukungan fitur lengkap. Bahkan ada juga aplikasi yang menawarkan berbagai macam plugin tambahan.

Namun biasanya para programmer akan memilih aplikasi coding yang sesuai selera dan lengkap. Satu hal lagi yang penting, yaitu sesuai dengan sistem operasi PC yang digunakan.

Aplikasi coding yang ringan, kompatibel atau dapat digunakan semua sistem operasi dan mampu diintegrasikan dengan program lain, jelas menjadi andalan para programmer. Berikut ini daftar rekomendasi aplikasi coding PC terbaik tahun 2022:

Visual Code Studio

Aplikasi Coding PC Terbaik 2022 - Visual Code Studio
Visual Code Studio

Rekomendasi aplikasi coding PC terbaik yang pertama yaitu Visual Code Studio. Aplikasi ini merupakan garapan dari Windows yang memiliki tampilan sederhana namun tetap menarik. Tak perlu mengeluarkan budget lebih untuk membelinya.

Meskipun gratis, aplikasi ini menawarkan fitur yang cukup lengkap. Di antaranya seperti keyboard shortcut, melengkapi barisan kode secara otomatis, menggunakan mode Zen untuk menyembunyikan menu dan ikon dan lain-lainnya.

Bahasa pemrograman yang didukung oleh aplikasi coding Visual Code Studio yaitu C#. Saat ini bahkan sudah mendukung bahasa pemrograman yang lebih banyak.

Berbagai Ekstensi yang tersedia di Visual Code Studio
Berbagai Ekstensi yang tersedia di Visual Code Studio

Sublime Text

Aplikasi Coding PC - Sublime Text
Sublime Text

Aplikasi coding PC selanjutnya yaitu Sublime Text. Aplikasi coding ini kompatibel digunakan di semua perangkat seperti Windows, Mac, maupun Linux.

Namun kami merekomendasikan agar Anda menggunakan sistem operasi Linux untuk keperluan pemrograman, karena lebih mudah digunakan, terlebih lagi untuk aplikasi Sublime Text.

Bukan hanya menawarkan performa yang baik, tampilan aplikasi ini juga menarik, beragam dan tetap terkesan simpel. Anda dapat dengan bebas melakukan berbagai pengembangan.

Baca Juga  Resmi dirilis, Begini Spesifikasi dan Harga ASUS Zenfone 9

Notepad++

Aplikasi Coding PC Terbaik - Notepad++
NotePad++

Bagi yang sudah terbiasa dengan pemrograman di Windows, mungkin sudah sangat familiar dengan aplikasi coding PC satu ini, yaitu Notepad++. Aplikasi Notepad++ ini dapat digunakan sebagai software bebas yang kompatibel ditambahkan ke banyak plugins.

Tampilan jendela tab pada Notepad++ adalah yang paling dikenal. Tidak heran jika aplikasi ini mampu membuka beragam file sekaligus.

Bukan hanya itu, aplikasi ini juga memiliki berbagai fitur canggih lainnya, seperti text-shortening, macro recording, shortcut customization, auto-completion, dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya. 

Emacs

Aplikasi Coding PC - Emacs
Emacs

Rekomendasi aplikasi coding terbaik di PC selanjutnya adalah Emacs. Aplikasi Emacs atau singkatan dari Editor MACroS telah dirilis sejak lama, yaitu pada tahun 1975 oleh Richard Stallman bersama dengan Guy L. Steele Jr.

Setelah itu, ia juga mengembangkan aplikasi coding lainnya, yaitu GNU Emacs dan XEmacs. Kedua aplikasi coding ini saat ini tentu sudah akrab di kalangan programmer.

Emacs menggunakan bahasa pemrograman C dan Lisp. Emacs ini mengusung file manager, kemudian melengkapinya dengan subversion, bzr, git, hg hingga fitur lain diantaranya tampilan email, debugger, maupun berita.

Komodo Edit

Komodo Edit - Aplikasi Coding PC
Komodo Edit

Aplikasi coding PC berikutnya juga kompatibel hampir di seluruh sistem operasi seperti Windows, Mac OS maupun Linux. Aplikasi Komodo Edit telah diluncurkan sejak tahun 2007. Saat ini fitur yang tersedia cukup lengkap, para programmer dapat memanfaatkannya untuk berbagai kebutuhan programming seperti HTML, SQL, CSS, Python, PHP, bahkan hingga Ruby.

Atom

Atom - Aplikasi Coding PC Terbaik 2022
Atom

Selanjutnya, ada aplikasi coding PC dari GitHub, yaitu Atom. Aplikasi ini mendukung banyak bahasa dan memiliki tampilan yang menarik. Selain itu, Atom kompatibel di berbagai sistem operasi seperti Windows, Mac OS, hingga Linux.

Baca Juga  Poco F4 GT Harga dan Spesifikasi di Indonesia

Bisa disebut modular, karena program yang cukup besar dibagi menjadi beberapa bagian yang lebih kecil. Agar semakin mudah dipahami dan dapat digunakan kembali.

Para programmer bisa dengan mudah menambahkan berbagai fitur lainnya, hanya dengan menginstall plugins yang telah tersedia di Atom. Anda dapat menambahkan fitur-fitur seperti teknologi web based, fuzzy finder, TextMate grammars, telah terintegrasi dengan Node.js, fast project-wide dan file system browser.

Demikian beberapa rekomendasi aplikasi coding PC terbaik tahun 2022 yang cocok digunakan para programmer. Daftar rekomendasi di atas mungkin sudah familiar, karena menawarkan berbagai fitur yang lengkap dan kompatibel di berbagai perangkat.

Sebagai programmer, Anda akan jauh lebih bebas untuk kustomisasi menggunakan sistem operasi Linux. Selamat mencoba! 


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 2 =

Social Media

Artikel Terbaru

On Key

Artikel Terkait

Cara Melihat Stalker di Instagram

5 Cara Melihat Stalker di Instagram

LABTekno.com – Cara melihat stalker di Instagram bisa dilakukan dengan bantuan tools maupun aplikasi checker. Instagram memang menjadi salah satu media sosial yang paling populer untuk meningkatkan eksistensi. Namun perlu diingat juga bahwa konsekuensinya adalah postingan yang telah dibagikan otomatis

Review ASUS VivoBook 16X OLED

Review ASUS Vivobook 16X OLED, Laptop 4K untuk Konten Kreator

LABTekno.com – ASUS Vivobook 16X OLED merupakan laptop yang diciptakan khusus bagi content creator digital. Semua hal yang dibutuhkan dalam proses pembuatan konten telah mendukung dengan baik. Laptop ASUS Vivobook 16X OLED dikelompokkan menjadi 2 kategori berdasarkan chipset yang digunakan,

Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip

Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip Segera Rilis

LABTekno.com – Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip, dua smartphone terbaru dari Oppo dikabarkan akan segera dirilis. Meski belum ada informasi resmi mengenai tanggal kepastiannya. Namun biasanya Oppo akan merilis produk terbarunya pada pertengahan Desember, yaitu pada acara

Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru

3 Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru dengan Mudah

LABTekno.com – Cara memindahkan kontak ke HP baru bisa dilakukan dengan mudah. Tak perlu menyimpannya satu per satu secara manual. Ada cara yang jauh lebih mudah, praktis dan cepat. Sehingga pekerjaan lebih efisien.  Salah satu masalah yang sering dihadapi ketika

Scroll to Top