Oppo Sedang Mengerjakan Pengisian Cepat SuperVOOC 300W

Achmad Fachrur Rozi

Oppo Sedang Mengerjakan Pengisian Cepat SuperVOOC 300W
Rate this post

LABTekno.com – Teknologi pengisian cepat SuperVOOC 300W sedang dikerjakan oleh Oppo. Nantinya solusi pengisian cepat baru yang sedang digarap Oppo tersebut diharapkan dapat menandingi teknologi pengisian daya 300W Redmi yang sebelumnya sudah diperkenalkan pada bulan Februari.

Apa itu Teknologi Pengisian Cepat SuperVOOC?

SuperVOOC adalah teknologi pengisian cepat yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi asal Tiongkok, Oppo. 

Berkat teknologi tersebut, smartphone Oppo bisa mengisi daya hingga penuh dalam waktu yang sangat singkat. 

Arus listrik tinggi yang digunakan pada teknologi tersebut disesuaikan dengan daya baterai ponsel dan menggunakan teknologi pengelolaan suhu yang canggih untuk menjaga suhu baterai agar tetap stabil saat pengisian. 

Hal ini mencegah terjadinya kerusakan pada baterai akibat pemanasan yang berlebihan.

Selain itu, teknologi SuperVOOC juga menggunakan kabel pengisian khusus dengan tiga pin yang dirancang khusus untuk mengoptimalkan pengisian cepat. 

Kabel ini memiliki ketebalan yang lebih besar daripada kabel pengisian biasa dan dapat menyalurkan arus listrik yang lebih besar dengan lebih efisien.

Perbedaan SuperVOOC dan VOOC

SuperVOOC dan VOOC sebenarnya adalah teknologi pengisian cepat yang sama-sama dikembangkan oleh OPPO. Namun terdapat perbedaan utama antara keduanya:

Pertama, dari segi kecepatan pengisian. SuperVOOC mampu mengisi daya baterai dengan kecepatan jauh lebih cepat dari VOOC. Sebab SuperVOOC sendiri adalah versi upgrade dari VOOC. Bahkan saat ini sedang dikerjakan pengisian cepat SuperVOOC 300W.

Kedua, dari segi keamanan. SuperVOOC dilengkapi dengan sistem keamanan yang lebih canggih untuk memastikan pengisian aman dan tidak merusak baterai smartphone. 

Baca Juga  Redmi K60 Pro Gunakan Kamera Utama Sony IMX800

Dalam SuperVOOC, pengisian daya akan berhenti secara otomatis setelah baterai terisi penuh. 

Sedangkan pada VOOC, meskipun pengisian daya berlangsung dengan aman, sistem keamanan yang lebih canggih tidak tersedia.

Ketiga, masalah kompatibilitas. SuperVOOC hanya kompatibel dengan beberapa model smartphone OPPO tertentu, sementara VOOC dapat digunakan pada berbagai model smartphone OPPO.

Keempat, bisa dilihat dari segi ketersediaan. Untuk saat ini teknologi SuperVOOC belum tersedia secara luas di pasar, sedangkan VOOC telah digunakan pada banyak model smartphone OPPO yang berbeda.

Dalam keseluruhan, SuperVOOC menawarkan kecepatan pengisian yang lebih cepat, keamanan yang lebih canggih, dan hanya tersedia untuk beberapa model smartphone OPPO tertentu. 

Sementara VOOC menawarkan kecepatan pengisian yang lebih rendah, namun dapat digunakan pada berbagai model smartphone OPPO.

Pengisian Cepat SuperVOOC 300W Oppo

Pengisian Cepat SuperVOOC 300W Oppo

Menurut DigitalChatStation, keterangan rahasia yang andal, solusi baru ini masih dalam pengembangan dan akan dipasangkan dengan baterai 4.450mAh (tipikal baterai 4.600mAh). Jika diluncurkan, solusi pengisian cepat SuperVOOC 300W baru ini akan menjadi charger smartphone tercepat di pasaran, bersama dengan 300W Immortal Second Charger milik Redmi.

Teknologi pengisian cepat bukan hanya tentang kecepatan pengisian tetapi juga tentang seberapa efisiennya mengatur panas dan mengatur arus. 

Pengisian cepat SuperVOOC 300W Oppo ini diharapkan dapat mempertahankan kecepatan yang sama setidaknya hingga baterai mencapai 80 persen. 

Harapannya tidak seperti pengisian 300W Redmi yang hanya bisa menyentuh 290W selama sekitar 3 detik saja. 

Daftar Smartphone dengan Pengisian Daya Tercepat

Sementara tanggal rilis pengisian cepat SuperVOOC yang baru belum diumumkan, diharapkan akan terungkap sebelum akhir tahun ini.

Saat ini, ponsel tercepat yang tersedia secara komersial di dunia adalah Realme GT 3, yang menawarkan kecepatan pengisian daya 240W. 

Baca Juga  Google Wallet Sedang Uji Kartu ID Negara Digital di Aplikasi Wallet Android

Namun, jika berbicara pengisian cepat, Infinix baru-baru ini meluncurkan sistem pengisian daya All-Round FastCharge 260W baru. Hal ini mengantarkan Infinix menjadi teknologi pengisian cepat terkencang kedua di pasar saat ini. 

Selain itu, Infinix juga memperkenalkan solusi Wireless All-Round FastCharge 110W. 

Kemudian ponsel dengan pengisian tercepat lainnya disusul oleh Xiaomi Redmi Note 12 Explorer yang memiliki teknologi fast charging 210W. Chargernya tersebut diklaim mampu mengisi daya hingga penuh hanya dalam waktu 9 menit saja.

Ada juga iQOO 10 Pro yang telah hadir pertengahan tahun lalu, membawa solusi pengisian cepat 200W. Dengan baterainya yang berkapasitas 4.700mAh, iQOO 10 Pro mampu mengisi daya dari nol hingga penuh hanya dalam waktu 10-12 menit saja.

Solusi pengisian cepat baru dari Oppo bisa menjadi pengubah permainan di pasar, terutama jika berhasil mempertahankan kecepatannya hingga baterai mencapai kapasitas penuh.

Baca Juga

Leave a Comment