Versi Android : Sejarah Evolusi OS Pertama Hingga Terbaru

Android merupakan salah satu sistem operasi yang ada pada smartphone canggih di zaman ini. Sisitem operasi besutan Google ini mampu menjadi sistem operasi yang unggul dan banyak digunakan oleh masyarakat dunia. mulai populer sejak kemunculan versi Android pertama sampai versi os android terbaru saat ini.

Karena termasuk sistem operasi yang unggul, perusahaan smartphone di dunia pun berlomba-lomba untuk membuat produk dengan basis sistem operasi android.

Tak hanya itu, para programmer pun berlomba-lomba untuk membuat sebuah aplikasi android yang inovatif agar bisa dipasang oleh semua orang di smartphone berbasis android.

Kehadirannya pun banyak membantu para pengguna gadget sehingga sampai saat ini sistem operasi android masih menjadi unggulan setiap orang.

Namun, sebelum android sukses seperti saat ini terdapat proses sejarah yang panjang sampai akhirnya android bisa diterima oleh masyarakat dunia.

Sejarah android ini penting untuk diketahui mengingat keberadaanya di dunia teknologi sangat dibutuhkan dan menjadi inspirasi setiap orang. Lalu seperti apakah sejarah android dar masa ke masa tersebut? Ini Dia Ulasannya!

Mengenal awal mulai berdirinya Android

sejarah versi android

Pembahasan mengenai sejarah android ada baiknya untuk mengenal terlebih dahulu asal mula android didirikan. Pada Bulan Oktober tahun 2003 sebuah perusahaan di Palo Alto, California, Amerika Serikat mendirikan sebuah perusahaan yang bernama Android Inc.

Pendiri dari perusahaan tersebut adalah Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Keempat orang tersebut memiliki latar belakang yang berbeda baik itu dari perusahaan teknologi maupun desain visual.

Namun, saat mereka duduk bersama tercetuslah sebuah ide untuk membuat perusahaan yang akhirnya bisa diterima oleh masyarakat dunia. Perusahaan google pun tertarik dengan bisnis yang dikembangkan oleh mereka.

Oleh karena itu, pada tahun 2005 perusahaan google pun membeli perusahaan Android Inc. Karena melihat peluang yang begitu besar maka untuk pengembangannya dibuatlah OHA atau dikenal dengan Open Handset Alliance.

Dimana para pengembang tersebut diambil dari perusahaan teknologi dan komunikasi dunia seperti Samsung, Google, MI dengan Smartphone Xiaomi, HTC, Qualcomm, T-Mobile, Nvidia, Intel, dan juga Motorola.

Sistem operasi android sendiri pada mulanya akan disematkan pada kamera digital. Namun, seiring berjalnnya waktu pengguna kamera digital di dunia tiap tahunnya mengalami penurunan.

Sehingga para pengembang dan pendiri tersebut berinisiatif untuk menyematkannya pada smartphone yang memang sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat dunia.

Setelah dibeli dan dikembangkan oleh google tim yang tergabung dalam OHA tersebut bekerja sama dan juga bekerja keras untuk membuat sebuah perangkat yang bermanfaat untuk orang banyak. Butuh waktu yang lama untuk membuat android sendiri dikenal oleh masyarakat sejak google membelinya pada tahun 2005.

Sejarah dan makna logo Android

Sebelum merilis perangkat-perangkat yang akan disematkan pada sistem android, para pihak pengembang pun membuat sebuah logo Android yang sampai hari ini menjadi ciri khas yang begitu melekat.

Logo tersebut rupanya dibuat oleh seorang desainer yang bernama irina Blok. Irina memerlukan waktu yang cukup lama untuk membuat logo berskala internasional tersebut.

Sampai akhirnya dia menemukan sendiri sebuah logo yang sesuai dengan sistem operasi tersebut. Logo tersebut dikenal dengan nama Bugdroid atau dikenal dengan sebutan robot hijau.

Diberi nama dengan Bugdroid karena para pengembang setiap harinya harus berhadapan dengan bug atau lubang kelemahan sistem pada proses pembuatan android.

Baca juga : Sejarah internet dunia dan Indonesia

Logo tersebut tentunya menyiratkan sebuah visi misi perusahaan yang syarat akan sebuah makna. Seperti pada logo android berikut ini yang memiliki makna sebagai berikut:

  • Robot

Logo robot yang sudah menjadi ciri khas android ini memiliki sebuah arti yang begitu besar. Pemilihan logo dengan menggunakan robot ini memiliki arti agar para pengguna bisa memodifikais eprnagkat android guna untuk meningkatkan kerja, mengganti ROM dan juga mengubah UI (User Interface) layaknya seperti robot yang hendak untuk berperang.

  • Warna Hijau

Warna hijau ini pada umumnya memiliki arti tumbuh dan berkembang baik serta pesat. Karena itulah pihak pengembang android setuju agar robot android tersebut untuk dipakaikan warna hijau sesuai dengan maknanya.

Mereka pun berharap dengan menggunakan warna hijau tersebut, Android bisa umbuh dengan pesat dan diterima oleh masyarakat dunia.

Dan ternyata, mereka tak salah menyematkan warna hijau pada robot tersebut. Sesuai dengan keinginannya, android hari ini dikenal sebagai sistem operasi yang unggul.

  • Dua Antena di Atas Kepala

Untuk Anda yang menggunakan android pastinya sudah tak asing lagi dengan robot hijau yang selalu “menempel” pada sistem operasi tersebut.

Jika dilihat lebih seksama, robot tersebut memiliki dua buah antena yang menempel di atas kepalanya.

Rupanya dua antena tersebut memiliki arti bahwsannya android adalah sebuah smartphone yang bisa mengelola semua data dengan baik.

Serta android bisa digunakan di berbagai jaringan yang ada mulai dari GSM, CDMA, jaringan internet 2G hingga 4G, dan juga konektivitas internet seperti Wi-Fi, bluetooth, NFC, dan lain sebagainya.

  • Dua Mata Berbentuk Bulat

Dua mata Bulat yang ada pada robot tersebut juga memiliki sebuah makna tersendiri bahwasannya mata tersebut menyeritakan sebuah arti bahwa android bisa dengan langsung dan mudahnya untuk melihat dunia dengan online.

Android juga bisa menjadi alat penghubung pertama untuk menjelajah dunia maya. Serta menjadi teman pengguna di saat inigin mendownload aplikasi-aplikasi tersebut yang sedang hits saat ini.

  • Tangan Berbentuk Oval dan Terpisah

Jika dilihat seksama, tangan yang dimiliki oleh robot Android tersebut berbentuk oval dan juga terpisah. Rupanya hal tersebut memiliki sebuah arti bahwa sistem operasi android bisa digunakan oleh siapapun. Baik itu kalangan atas, menengah, dan juga kalangan bawah.

Sejarah Peluncuran Android Pertama

Sebelum android diluncurkan untuk pertama kalinya, para pengembang pun mensosialisaikan mengenai komponen dari sistem operasi android tersebut. Adapun penjelasan dari komponen yang dibuat tersebut adalah sebagai berikut:

1. Appilcation Framework aplikasi ini memiliki tujuan agar para pengembang atau developer lainnya bisa untuk membuat dan membangun aplikasi yang bisa dikembangkan bersama lewat sistem operasi android.

Karena hal itulah, sampai saat ini banyak para developer yang membuat aplikasi yang sangat inovatif dan berguna untuk siapapun.

2. Appilcations, seperti yang diketahui bersama di sistem operasi android terdapat banyak aplikasi yang bisa digunakan. Hal tersebut memang sengaja untuk dibuat agar para pengguna bisa merasakan manfaat dari smartphone.

Karena hal itulah, android bekerjasama dengan para pengembang lainnya dalam hal pembuatan email, SMS, kalender, browese, kontak, dan lain-lain.

3. Libraries, Android dilengkapi sebuah libraries yang berfungsi untuk mengabungkkan satu set pustaka C/C ++ dengan komponen sistem android.

4. Android Runtime, merupakan sebuah satu set perpusatakaan untuk mengendalikan sebuah bahasa pemograman dari Java.

5. Linux Kernel, Sistem operasi android sangat bergantung pada linux bersi 2.6 karena memiliki fungsi layanan sistem keamanan, manajemen memori, manajamen proses, untuk mengendalikan semua sistem yang ada pada android tersebut.

Sedangkan fungsi dari kernel sendiri adalah untuk membentuk sebuah lapisan abstrak antara hardware dan software.

Selain memiliki kompenen bangunan utama di atas, sistem operasi android pun memiliki dua jenis distirbutor dunia untuk menunjang kinerja android yang optimal. Adapun dua jenis distributor tersebut adalah Google Mail Services (GMS) dan juga Open Handset Distribution (OHD).

Dengan adanya dua jenis distributor tersebut membuka peluang bagi para developer untuk membuat dan mengembangkan software dengan Android SDK atau dikenal dengan nama Software Development Kit).

Setelah dibuat dengan “sempurna”, Android pun pada bulan September 2007 mulai mengajukan hak paten aplikasi telepom seluler  dan juga bersamaan dengan diluncurkannya sebuah pernagkat seluler android pertama yang dikenal dengan nama HTC dream. Perangkat seluler tersebut menggunakan sebuha sistem operasi versi pertama Android seri 1.0.

Antusias dari para perusahaan teknologi pun begitu tinggi setelah dikeluarkan android seri pertama. Setelah mencoba perangkat seluler tersebut, para perusahaan tersebut bergabung dalam Android ARM Holdings.

Adapun perusahaan yang tergabung didalamnya adalah Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, Softbank, SonyEricsson, Toshiba Corp, dan juga Vodafone Group Plc.

Setelah HTC Dream diluncurkan, para pengembang pun mengevaluasi dan juga tercetus sebuah ide agar nama-nama dari sistem operasi diberikan sebuah nama yang mudah diingat. Akhirnya tercetuslah sebuah nama makanan ringan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat dunia.

Pada Bulan April tahun 2009, bisa dibilang sebagai hari yang bersejarah bagi Android karena pada tanggal tersebut diluncurkan sebuah sistem opersi versi 1.5 dengan nama Cupcake.

Saat meluncurkan sistem operasi tersebut nama Android mulai dikenal dan menjadi cikal bakal awal kesuksesan android. Di tahun tersebut sudah mulai banyak perusahaan yang menggunakan sistem operasi android.

Perusahaan-perusahaan yang menggunakan sistem android tersebut adalah perusahaan ternama seperti samsung, LG, Sony, Asus, dan lain sebagainya. Kerja sama tersebut mampu dilaksankan hingga kini karena perusahaan tersebut mampu menghasilkan produk- produk yang berkualitas yang ditunjang dengan sistem operasi android.

Sejarah perkembangan Android dari masa ke masa

Sejarah android berikutnya disajikan dengan mengulasa perkembangan sistem operasi android  dari masa ke masa. Dari awal berdiri hingga sampai saat ini tercatat sudah ada 8 versi yang digunakan oleh android.

Uniknya, penamaan dari sistem operasi tersebut diawal dengan huruf abjad berurutan yang diambil dari makanan ringan. Adapun sejarah perkembangannya adalah sebagai berikut:

1. Android Versi 1.0 Apple Pie

Android Versi 1.0 Apple Pie
Android Versi 1.0 Apple Pie

Android versi 1.0 ini diluncurkan pada tanggal 23 September 2008. Saat itu pihak perusahaan menamakan sistem android dengan nama Alpha. Di sumber lain ada pula yang mengatakan bahwa sistem operasi Android pertama dinamakan dengan Astro.

Namun, dikarenakan terjadi permasalahan dalam hak cipta maka penamaan astro ataupun alpha dihentikkan. Barulah pada saat itu, android versi pertama diberi nama dengan Apple Pie.

Di awal kemunculan android pertama ini sudah mulai dikembangkan sebuah fitur pull down notification. Dimana fitur tersebut akan memberitahu Anda adanya  SMS yang masuk ke ponsel.

Selain itu sudah ada pula aplikasi bawaan google play store dengan tampilan yang sederhana dan bertajuk market.

2. Android Versi 1.1 Banana Bread

Android Versi 1.1 Banana Bread
Android Versi 1.1 Banana Bread

Android versi 1.1 ini diluncurkan pada tanggal 9 Februari 2009. Sama halnya dengan versi awal untuk penamaan sistem operasi ini mengalami beberapa perubahan.

Pada awalnya pihak perusahaan menyematkan sebuah nama Beta kemudian berubah menjadi Bender sampai akhirnya memiliki nama tetap yaitu Banana Bread.

Pada sistem operasi versi ini lebih anyak menyempurnakan versi pertama terutama dalam hal system user interface.

Namun pada sistem operasi versi 1.1 ini mengalami perubahan yang cukup signifikan yaitu mulai dari adanya fitur  Show & hide numeric keyboard yang tertera pada sebuah apikasi telepon. Selain itu juga terdapat fitur untuk menyimpan MMS attachments.

3. Android Versi 1.5 Cupcake

Android Versi 1.5 Cupcake
Android Versi 1.5 Cupcake

Pada bulan Mei tahun 2009 pihak perusahaan android kembali meluncurkan versi terbarunya yaitu versi 1.5. Pada versi ini, perusahaan android untuk pertama kalinya menetapkan sebuah nama makanan ringan yang sedang hits pada saat itu.

Nama tersebut diambil dari sebuah nama kue kecil yang snagat digemari anak-anak maupun orang dewasa. Adapun nama sistem operasi android versi 1.5 yang dimaksud adalah Cupcake.

Pemberian nama ini juga dilandasi dengan peluncurkan versi ketiga android. Dimana mereka mengambil urutannya dari nama abjad. Karena hal itulah dipilih nama Cupcake yang pas mengawali abjad ketiga tersebut.

Adapun fitur-fitur yang dimiliki oleh Android versi 1.5 sendiri adalah sebagai berikut:

  • Terdapat fitur aplikasi untuk merekam dan memutar video dalam format MPEG4,
  • Terdapat fitur aplikasi kamus dan keyboard
  • Terdapat fitur aplikasi widget yang lengkap
  • Terdapat fitur aplikasi untuk mengunggah video ke Youtube dengan mudah.
  • Tersedia fitur Bluetooth A2DP, AVRCP.

Smartphone Pertama di Dunia yang Menggunakan Sistem Operasi Android Versi 1.5 Cupcake

Pada tahun 2009 terdapat sebuah smartphone pertama yang menggunakan sistem operasi versi 1.5, smartphone tersebut diberi nama HTC Dream (T-Mobile G1). Pada saat itu, HTC dream masuk dalam kategori smartphone tercanggih dimana sudah menggunakan fitur layar sentuh.

Selain menggunakan layar sentuh, HTC dream pun menggunakan keyboard QWERT yang dilengkapi dengan trackpad. Layar yang dimiliki oleh smartphone tersebut berukuran 3.2 inchi dengan resolusi 320 x 480 pixel.

Mesin yang digunakan menggunakan Chipset Qualcomm MSM 72012A, RAM sebesar 192 MB yang pada saat itu tergolong RAM dengan kapasitas besar, serta memiliki resolusi kamera belakang 3.2 MP.

Ruang penyimpanan internal yang dimilikinya sebesar 256 MB dengan kapasitas baterai 1150 mAh. Pada tahun tersebut HTC dream dianggap sebagai smartphone tercanggih di dunia yang begitu fenomenal.

4. Android 1.6 Donut

Android 1.6 Donut
Android 1.6 Donut

Dalam tahun yang sama selang beberapa bulan setelah peluncuran cupcake, perusahaan android pun mengeluarkan kembali sistem operasi android terbaru bernama donut versi 1.6.

Tentunya fitur yang ada pada sistem tersebut semakin berkembang dan canggih mengikuti tren teknologi saat itu. Adapun fitur-fitur yang tersedia pada sistem operasi versi 1.6 donut tersebut adalah sebagai berikut:

  • Terdapat fitur untuk mendukung jaringan CDMA/EDVO
  • Fitur pada kamera lebih bervariasi dan lebih canggih
  • Terdapat sebuah fitur search engine atau mesin pencari

Smartphone yang menggunakan Sistem Operasi Android Versi 1.6 Donut

Keberadaan HTC pada itu patut untuk diperhitungkan karena merupakan smartphone yang menggunakan android dalam beberapa versi.

Setelah HTC dream menggunakan sistem operasi android versi 1.5 cupcake, giliran HTC magic yang menggunakan sistem operasi android versi 1.6 donut.

HTC magic ini begitu laku dipasaran dan dibeberapa negara seperti Amerika HTC magic dikenal dengan nama T-Mobile myTouch 3G. Sedangkan di negara Jepang, HTC Magic dikenal dengan nama NTT docomo HT-03A.

Spesifikasi dari layar sistem operasi android tersebut berukuran 3.2 inci, 320 x 480 pixel. Selain menggunakan keyboard QWERTY smartphone tersebut sudah menggunakan touchscreen atau layar sentuh.

Jaringan yang dimilikinya pun berada dalam jaringan 2G dan 3G yang pada saat itu sedang booming. RAM yang dimiliki berkapasitas 288 MB dengan memori internal 512 MB. Hardwarenya menggunakan chipset Qualcomm MSM7200A.

Untuk kamera belakang memiliki kapasitas 3.15 MP dengan fitur menggunakan autofocus. Uniknya HTC magic ini selain menggunakan sistem operasi android vers 1.6 donut juga menggunakan sistem operasi tambahan Java.

Fitur lain yang dimiliki adalah video untuk memutar musik MP3, bluetooth, voice note,dan fitur MMS. Baterai yang digunakan memiliki kapasitas 1340 mAh yang bisa tahan selama 420 jam.

5. Android 2.0 Eclair

Android 2.0 Eclair
Android 2.0 Eclair

Masih di tahun yang sama yaitu tepatnya tanggal 26 Oktober 2009, perusahaan android kembali meluncurkan sebuah sistem operasi versi 2.0 yang diberinama Eclair.

Dalam fitur Android 2.0 Eclair ini untuk pertama kalinya meluncurkan sebuah fitur layanan navigasi Google Maps.

Dari sanalah awal mula adanya sebuah fitur GPS yang saat itu sedang booming. Selain di pasang dalam smartphone GPS pun mulai dipaang pada kendaraan beroda empat.

Selain fitur GPS, ada beberapa fitur lainnya yang terdapat dalam sistem android tersebut seperti bluetooth v2.1, dan semakin canggihnya fitur kamera yang disematkannya seperti adanya lampu flash, digital zoom, makro fokus dan efek warna.

Kemudian hadir pula sebuah fitur HTML 5 dimana dengan keberadaannya tersebut mampu untuk memutar video dengan sempurna.

Tak lupa Fitur layar untuk mengunci screen pun hadir di android eclair dengan sistem swipe dan juga menyapu layar.

Smartphone  yang Menggunakan Sistem Operasi Android Versi 2.0 Eclair

Pada saat itu smartphone yang menggunakan sistem operasi versi 2.0 Eclair adalah Motorola Milestone.

Hardware pada smartphone tersebut menggunakan Chipset Mediatek, CPU single-core 600 GHz, GPU menggunakan PowerVR SGX530, RAM 256 GB dan memori eksternal hingga mencapai 32 GB.

Jaringan yang tersedia pada smartphone tersebut menggunakan jaringan 2G dan 3G yang pada saat itu sedang menjadi trend dikalangan pengguna ponsel.

Selain itu, baterai yang digunakan bisa untuk dilepas dan memiliki tipe baterai Li-Ion 1400 mAh. Layar pada ponsel berukuran 3 inci dengan resolusi yang digunakan sebesar 480 x 854. Pada saat itu layar sudah dilindungi oleh corning gorilla glass.

Kamera belakang yang dimiliki smartphone motorola tergolong sudah sangat canggih karena memiliki  resolusi kamera belakang sebesar 5 MP. Fitur lain yang diunggulkan pada ponsel tersebut adalah GPS.

6. Android Froyo 2.2

Android Froyo 2.2
Android Froyo 2.2

Pada tanggal 20 Mei 2010, android kembali meluncurkan sebuah sistem operasi 2.2 bernama Froyo atau kepanjangan dari Frozen Yogurt.

Tentunya kehadiran sistem operasi versi 2.2 membawa “angin segar” bagi para pengguna smartphone. Fitur-fitur terbaiknya kembali dihadirkan dengan kualitas yang leboh modern serta canggih. Adapun fitur-fitur yang terdapat dalam android froyo 2.2 adalah sebagai berikut:

  • Terdapat fitur Adobe Flash Player
  • Terdapat fitur kartu Micro SD (Secure Digital) untuk menyimpan data lebih besar.
  • Terdapat USB Tethering
  • Terdapat file upload pada browser

Smartphone yang Menggunakan Sistem Operasi Android Versi 2.2 Froyo

Pada tahun 2010 ada 5 smartphone yang menggunakan sistem operasi android versi 2.2 Froyo seperti :

  • HTC Passion atau Nexus One

Smartphone nexus one ini memiliki spesifikasi layar 3.7 inci dengan resolusi 480 x 800 pixels. Hardware yang digunakan menggunakan chipset Qualcomm QSD 8250 Snapdragon S1 dan GPU yang digunakan adreno 200.

Resolusi kamera berkapasitas 5MP dengan fitur geo-tagging. Kapasitas video pun sudah semakin besar yaitu 480p. Baterai yang digunakan berjenis Li-Ion 1400 mAh. Dengan jaringan yang digunakan menggunakan 2G dan 3G.

  • Samsung Galaxy Ace (S5830)

Desain yang dimiliki oleh samsung galaxy Ace ini mirip dengan Iphone 4 dengan mengusung layar HVGA yang menggunakan TFT.

Fitur-fitur yang ada pada samsung pun sudah canggih layaknya ponsel layar menengah seperti berikut ini:

1. Hardwarenya menggunakan Qualcomm Turbo 800MHz

2. Kamera menggunakan resolusi 5MP dengan fitur LED

3. Memori Internal sebesar 150 MB

4. Baterai yang digunakan memiliki kapasitas 1350 mAh

  • Samsung Galaxy Fit (S5670)

Fitur-fitur yang terdapat dalam ponsel smartphone galaxy fit adalah sebagai berikut:

  • Layarnya menggunakan TFT berukuran 3.3 inci dengan resolusi QVGA (320 X 240).
  • Kamera yang digunakan memiliki resolusi 5 MP
  • Hardware yang digunakan adalah prosesor 600 MHz
  • Baterai yang digunakan berkapasitas 1350 mAh
  • Dengan memori internal sebesar 150 MB
  • Samsung Galaxy Gio (5660)

Fitur-fitur yang terdapat pada galaxy Gio adalah sebagai berikut:

  • Kapasitas kamera memiliki resolusi 3MP
  • Layar yang digunakan adalah TFT 3.2 inci dengan resolusi HVGA 320 X 480
  • Kapasitas baterai sebesar 1350 mAh
  • Memori internal yang digunakan berkapasitas 158 MB
  • Samsung Galaxy Mini

Fitur-fitur yang ada pada samsung galaxy mini adalah sebagai berikut:

  • Layar yang dimiliki memiliki ukuran 3.4 inci dengan menggunakan resolusi layar QVGA.
  • Prosesor yang digunakan memiliki clock 600 MHz
  • Memori pada smartphone tersebut berkapasitas 158 MB
  • Baterainya memiliki kapasitas 1200 mAh.

7. Android 2.3 Gingerbread

Android 2.3 Gingerbread
Android 2.3 Gingerbread

Pada penghujung akhir tahun 2010, android pun mengeluarkan sistem terbarunya bertakjub sistem operasi android 2.3 Gingerbread.

Pada sistem ini fitur-fitur pada smartphone sudah mulai berkembang dan semakin canggih. Sistem operasi Gingerbread pun mengalai perubahan-perubahan yang siginifikan seperti yang di bawah ini:

  • Terdapat fitur Video call
  • Terdapat Fitur Social networking
  • Adanya peningkatan pada copy/paste
  • Support NFC
  • Support Native VoIP
  • Tedapat fitur video chat pada google talk
  • Aplikasi dan game sudah mulai bisa didownload dan dioptimalkan dalam Google Play Store.

Smartphone yang Menggunakan Sistem Operasi Android Versi 2.3 Gingerbread

  • ACER Liquid Z110
  • Lenovo A269
  • Samsung Galaxy Y S5360
  • Evercroos A5
  • Huawei Ascend Y210D

Kelima ponsel di atas sudah dianggap sebagai ponsel tercanggih pada saat ttu karena memiliki fitur-fitur teknologi yang modern.

8. Android Versi 3.0 Honeycomb

Android Versi 3.0 Honeycomb
Android Versi 3.0 Honeycomb

Pada Bulan Februari 2011, android kembali meluncurkan sebuah sistem operasi dengan versi honeycomb.

Versi yang diluncurkannya tampaklah berbeda arena dikhsususkan untuk tablet yang menggunakan sistem operasi android.

Sistem operasi tersebut mengalami perubahan-perubahan yang signifikan hingga menghasilan sebuah versi mencapai 3.6.

Tentunya fitur yang ditawarkan pun tampak lebih beragam seperti yang tertera di bawah ini:

  • Terdapat fitur tampilan status bar yang berfungsi untuk memudahkan para pengguna tablet android ketika berselancar.
  • Terdapat sebuah fitur multicore
  • Fitu Update 3D UI
  • Fitur Video chat di google talk
  • Fitur Google E-Books
  • Fitur Private Browsing
  • Fitur HTTP Live streaming
  • Fitur Widget Home screen yang bisa diatur ukurannya
  • Fitur USB host API
  • Fitur Pay As You Go untuk tablet

Tablet yang Menggunakan Sistem Operasi Android Versi 3.0 Honeycomb

Pada tahun 2011, keberadaan tablet di tanah air masih tergolong sedikit dan istimewa. Ditambah dengan dukungan sistem operasi android versi 3.0 Honeycomb yang membuat tablet tersebut menjadi lebih canggih.

Saat itu tablet yang menggunakan sistem operasi android versi 3.0 honeycomb adalah Motorola XOOM MZ604. Adapun spesifikasi yang dimiliki oleh tablet tersebut adalah sebagai berikut:

  • Layar yang digunakan memiliki resolusi 800 x 1280 pixels dengan uuran 10.1 inci dan menggunakan tipe layar touchscreen
  • Hardware pada tablet tersebut menggunakan Chipset Nvidia Tegra 2 T20, CPU dual core, GPU ULP GeForce
  • Kamera utama memiliki resolusi 5 MP dan Video 720p
  • Memori internal motorola sebesar 16,32,dan 64 serta RAM 1 GB. Terdapat pula slot kartu microSD hingga mencapai 32 GB.

9. Android 4.0 Ice Cream Sandwich

Android 4.0 Ice Cream Sandwich
Android 4.0 Ice Cream Sandwich

Pada Bulan Oktober 2011 perusahaan android kembali meluncurkan android versi terbarunya dalam versi Ice Cream Sandwich. Pada versi ini tampak lebih elegan dibandingkan sebelumnya.

Banyak fitur-fitur terbaru yang dihasilkan hingga membuat peningkatan sistem android menjadi lebih signifikan dan semakin dicari oleh para pengguna gadget.

Adapun fitur-fitur terbaru yang dimiliki oleh android 4.0 Ice Cream Sandwich adalah sebagai berikut:

  • Memiliki fitur lock screen yang baru
  • Meningkatkan sistem text input dan koreksi ejaan
  • Terdapat aplikasi email EAS v.14
  • Terdapat fitur Wi-Fi direct
  • Fitur bluetooth menjadi lebih canggih
  • Terdapat fitur face lock
  • Kualitas kamera dan video menjadi lebih baik dengan hasil yang terbaik
  • Perputaran layar menjadi lebih halus

Smartphone yang Menggunakan Sistem Operasi Android Versi 4.0 Ice Cream Sandwich

Smartphone yang menggunakan sistem operasi android versi 4.0 Ice cream sandwich adalah samsung galaxy nexus i9250. Pada awal pertama peluncurannya, samsung tersebut menjadi yan tercanggih dan juga populer dengan spesifikasi berikut ini:

  • CPU menggunakan dual core
  • Layar menggunakan super HD Amoled dengan fitur layar sentuh ukuran 729 x 1280 pixel 4.65 inci
  • Kamera utama berkapasitas 5MP sedangkan kamera sekunder 1.3 MP dengan video 720p.
  • Baterai yang digunakan bertipe Li-Ion 175 mAh.

10. Android 4.1 Jelly Bean

Android 4.1 Jelly Bean
Android 4.1 Jelly Bean

Pada tahun 2012 tepatnya bulan Juli, perusahaan android kembali meluncurkan sistem operasi terbarunya bernama Android Jelly Bean. Adapun fitur yang digunakan pada sistem operasi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Peningkatan kualitas keyboard
  • Terdapat fitur aplikasi pencarian google now yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang traffic dan cuaca.
  • Peningkatan terdapat aplikasi camera
  • Terdapat sebuah sistem akses untuk keyboards huruf braille
  • Resolusi video bertambah hingga mencapai 4K

Tablet yang Menggunakan Sistem Operasi Android Versi 4.1 Jelly Bean

Sistem operasi android versi 4.1 ini digunakan oleh tablet Nexus 7 hasil buatan google dan juga asus. Tablet ini banyak dicari masyarakat dunia karena selain menggunakan sistem operasi jelly bean juga menggunakan sebuah chip Nvidia Tegra 3.

11. Android 4.4 Kitkat

Android 4.4 Kitkat
Android 4.4 Kitkat

Berikutnya adalah yang diluncurkan pada tangga 4 September 2013. Pada sistem operasi ini menawarkan sebuah fitur terbaru dengan tampilan status bar transparan dan adanya pembaharuan pada User Interface Google Maps Navigation.

Selain itu, fitur lain yang ditawarkan oleh sistem operasi android versi 4.4 Kitkat adalah sebagai berikut:

  • Memiliki fitur screen recording yang berfungsi untuk merekam kegiatan yang ada pada layar smartphone Anda.
  • Meningkatnya akses notifikasi
  • Penyempurnaan pada kualitas kamera
  • Meningkatnya kinerja sistem keamanan

Smartphone yang Menggunakan Sistem Operasi Android Versi 4.4 Kitkat

  • Ponsel LG pada tahun 2013 banyak yang menggunakan Android KitKat dengan RAM 512 MB. Adapun ponsel yang dimaksud adalah sebagai berikut :
  • LG G2
  • Nexus 4
  • Optimus L7, L5, dan L3
  • Optimus G dan G Pro
  • Optimus VU
  • Ponsel Sony XPERIA dengan RAM 512 MB dan menggunakan prosesor siingle core Qualcomm adalah sebagai berikut:
  • Seri Xperia Z
  • Xperia Tablet S dan Z

12. Android 5.0 Lollipop

Android 5.0 Lollipop
Android 5.0 Lollipop

Pada tanggal 17 Oktober 2014 android kembali meluncurkan sistem operasi terbarunya bernama Android 5.0 Lollipop.

Pada sistem ini android telah menerapkan sebuah prosesor 64 bit yang mampu meningkatkan kinerja pada baterai lebih optimal. Sehingga smartphone yang menggunakan sistem operasi ini memiliki daya tahan baterai yang lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.

Adapun fitur lain yang dimiiki oleh sistem operasi ini adalah sebagai berikut:

  • Fitur desain pada smartphone menggunakan material
  • Support Multi SIM Card
  • Fitur pengamanan smartphone ketika hilang atau dicuri
  • Fitur penggunaan suar high definition untuk telepon

Smartphone yang Menggunakan Sistem Operasi Android Versi 5.0 Lollipop

Pada versi androis 5.0 lollipop ini sudah banyak smartphone yang menggunakan sistem tersebut. diantaranya seperti:

  • Sony Xperia Z Ultra
  • HTC One
  • Samsung Galaxy S3 hingga samsung galaxy note 4
  • LG G Mini
  • Asus Zenfone 4

Nama-nama di atas tentunya hanya sebagian kecil dari merk smartphone dunia yang sudah menggunakan sistem operasi tersebut.

13. Android 6.0 Marshmallow

Android 6.0 Marshmallow
Android 6.0 Marshmallow

Pada tanggal 5 Oktober 2015 perusahaan android kembali meluncurkan sebuah sistem operasi android terbaru bernama Marshmallow versi 6.0.

Pada versi ini sistem android sudah semakin sempurna dan disesuaikan dengan perkembangan teknologi pada tahun tersebut.

Fitur unggulan yang terdapat pada sistem operasi tersebut seperti aplikasi API yang berfungsi untuk menyempurnakan asisten kontekstual yang digabungkan dalam Google Now On Tap sebagai pengembang terbaru dari aplikasi Google Search.

Adapun fitur lain yang dimiliki oleh sistem operasi Marshmallow tersebut adalah sebagai berikut:

  • Terdapat fitur USB Type C
  • Terdapat fitur finger print untuk keamanan
  • Fitur doze yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan baterai dan manajemen konsumsi baterai
  • Fitur pembayaran dengan menggunakan AndroidPay

Smartphone yang Menggunakan Sistem Operasi Android Versi 6.0 Marshmallow

  • HTC One A9
  • Google Nexus 6P
  • Huawei Mate 8
  • Samsung Galaxy S6
  • Samsung Galaxy S7

Rata-rata smartphone tersebut sudah memiliki RAM 3 dan 4 GB dengan menggunakan proseseor Quad-core 2.2 GHz. Kualitas kamera pun sudah semakin baik dengan resolusi hingga mencapai 20 MP.

14. Android 7.0 Nougat

Android 7.0 Nougat
Android 7.0 Nougat

Pada bulan Maret 2016 Android kembali meluncurkan sistem operasi terbarunya dengan nama nougat atau permen kacang khas dari Perancis. Pada sistem operasi ini semakin berkembang dan semakin modern.

Bagi Anda yang menggunakan sistem operasi nougat bisa membuka dua aplikasi sekaligus dengan menggunakan mode split screen yang merupakan fitur terbaru dan unggulan pada aplikasi tersebut.

Selain itu fitur Doze kembali diperbaharui menjadi Doze mode 2.0 dengan tujuan untuk meningkatkan daya tahan baterai pada saat smartphone dinyalakan maupun dimatikan.

Smartphone yang Menggunakan Sistem Operasi Android Versi 7.0 Nougat

Smartphone yang menggunakan sistem operasi android versi 7.0 nougat ini adalah Samsung    Galaxy note 7, LG V20, Google Pixel, dan lain sebagainya.

15. Android 8.0 Oreo

Android 8.0 Oreo
Android 8.0 Oreo

Pada tanggal 21 Agustus 2017, Perusahaan android kembali meluncurkan sistem operasi terbarunya dengan versi 8.0 oreo.

Beberapa fitur terbaik hadir pada sistem tersebut diantaranya adalah Aplikasi picture ini picture yang berfungsi para pengguna bisa melihat dua aplikasi sekaligus dalam tampilan layar.

Fitur Notifications dots membuat pengguna lebih mudah mengetahui adanya notifikasi baru dalam aplikasi yang dipasang pada smartphone.

Selanjutnya adalah fitur Google play protect yang bertujuan untuk memberikan keamanan ketika memasang aplikasi pada smartphone.

Smartphone yang Menggunakan Sistem Operasi Android Versi 8.0 Oreo

Smartphone yang sudah menggunakan sistem operasi android versi 8.0 oreo adalah Nokia, Google Pixel dan Nexus, Coolpad, dan HTC.

Penutup

Nah, itulah dia sejarah android dari masa ke masa serta perkembangannya setiap tahun. Di antara sistem operasi android yang ada mana sajakah yang pernah atau sedang Anda miliki?

Tentunya Android akan kembali merilis sistem operasi android ke 9 dalam waktu terdekat. Dan perilisan tersebut disambut baik oleh para pecinta gadget. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Similar Posts:

Loading...