Sejarah Perkembangan Internet Dunia dan Indonesia dari 1958 – Sekarang

Internet, saat ini sudah menjadi kebutuhan utama penduduk di seluruh dunia. Pasalanya, internet ini mampu membuat perubahan dalam segala aspek yang dilakukan oleh manusia.

Penggunaan komunikasi yang tak terbatas serta mampu menjangkau suatu hal yang sebelumnya tak bisa dilakukan membuat semua orang takjub untuk menggunakannya.

Selain untuk berkomunikasi, internet pun bisa digunakan untuk berbagai hal seperti belajar, berbisnis, sarana mengekspersikan diri, dan lain sebagainya.

Selain orang dewasa, pengguna internet pun sudah bisa diakses oleh para remaja bahkan anak-anak. Namun khusus untuk anak-anak dibawah umur harus ada pengawasan ekstra dari orang tua.

Pentingnya penggunaan internet ini membuat semua orang tak pernah sedetik pun beranjak dari gadget atau PC yang terhubung dengan jaringan internet. Hal tersebut menandakan begitu mudahnya internet dijangkau pada abad ini.

Tentunya, sangat jauh berbeda kondisinya dengan beberapa tahun silam dimana internet masih sulit untuk didapat. Tak hanya itu, internet menjadi sesuatu yang dianggap aneh pada masa-masa awal diciptakan. Hal tersebut sangat wajar, karena memang untuk sesuatu yang baru perlu suatu perjuangan untuk bisa menyempurnakannya.

Karenanya, bisa kita tengok sejenak mengenai pembahasan sejarah internet, perkembangannya dari awal sampai sekarang.  Seperti apa pembahasannya? Yuk, simak bersama di bawah ini!

Sejarah Internet: Perkembangan Internet dari Tahun ke Tahun

1. Sejarah Internet dimulai tahun 1957 atau 1958

Dilansir dari berbagai sumber yang ada, pada tahun 1958 merupakan awal munculnya internet. Sebelumnya pada tahun 1957. Uni Soviet (Rusia) mengorbitkan sebuah Sputnik, yaitu sebuah benda yang bisa untuk diterbangkan ke luar angkasa.

Banyak ahli yang menilai, Sputnik merupakan teknlogi tercanggih pada saat itu dan merupakan kebanggan tersendiri untuk bangsa Uni Soviet.

Karena merasa tersaingi, maka pada tahun 1958 Amerika Serikat membuat sebuah badan dibawah Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang bernama Advanced Research Projects Agency (ARPA).

Tujuan didirkannya badan organisasi tersebut adalah agar Amerika bisa maju dalam hal ilmu pengetahuan dan juga teknologi, dimana salah satu teknologi yang menjadi sorotan saat itu adalah teknologi komputer.

Baca juga : Sejarah versi android dari waktu ke waktu

2. Sejarah Internet Pada Tahun 1962-1964

Pada bulan Agustus 1962 menjadi tahun yang bersejarah bagi dunia khususunya bagi badan ARPA. Pasalnya, di tahun tersebut J.C.R Licklider seorang ilmuwan dari MIT Massachutts Institute of Technology menemukan internet untuk pertama kalinya.

Pada saat itu J.C.R Licklider menemukan sebuah jaringan global yang bernama “Galactic Network”. Menurutnya, jaringan tersebut bisa untuk menghubungkan sebuah program dan data yang berasal dari manapun.

Setelah menemukan Galactic network tersebut, pada bulan Oktober 1962, beliau masih melanjutnya penelitian tersebut dimana Ia beekrjasama dengan ARPANET untuk membuat suatu jaringan yang sempurna agar bisa mendapatkan informasi yang akurat.

Setelah dirancang sedemikian rupa, jaringan tersebut membentuk sebuah penemuan baru yang dinamakan dengan TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol). Adanya program tersebut dimaksudakan untuk kepentingan departmen Pertahanan Amerika serikat.

Mereka berhasil membuat sebuah jaringan komputer yang bisa mendeteksi masalah adanya serangan nuklir. Selain itu juga digunakan untuk berkomunikasi dengan pimpinan setempat untuk mengabarkan bilamana terjadinya perang.

Lambat laun, proyek tersebut mengalami penyempurnaan. Setelah dirancang oleh J.C.R Licklider, terdapat seorang ilmuwan berkewarganegaraan Amerika yang bernama Leonard Kleinrock. Beliau menulis sebuah jurnal yang bernama “Information Flow In Large Communication Nets”.

Dimana dalam jurnal tersebut dituliskan pula mengenai ARPANET yang berubah menjadi internet. Didalam jurnal tersebut dijelaskan puka mengenai proses transfer data yang dilakukan pada sistem jaringan komputer.

Selain Leonard ada pula Paul baran, ilmuwan yang memang berkonsentrasi untuk mengurus hal ini. Baran pun menuliskannya sebuah jurnal yang berjudul “Distributed Coomunications” yang kemudian disempurnakan oleh Leonard pada tahun 1964 dengan judul  “Communication Nets : Stochastic Message Flow and Design”.

3. Sejarah Perkembangan Internet Tahun 1965-1967

Di tahun ini Lawrence G.Roberts dan Thirmas Merril membuat sebuah percobaan dengan menghubungkan dua buah komputer yang berada di Massachusetts dan juga California dengan menggunakan kabel telepon.

Dua buah komputer tersebut bisa terhubung karena adanya peran serta dari ARPA. Saat itu, komputer yang digunakannya adalah merk TX-2 yang berada di MIT Lincoln Lab kemudian dihubungkan pada sebuah komputer yang bernama AN/SFQ  dimana kompter tersebut memiliki sebuah Koorporasi sistem pengembangan yang berada di California.

Pecobaan menghubungkan dua komputer tersebut menggunakan sebuah garis telepon dengan memiliki kecepatan 1200 bps.

Dari percobaan tersebut bisa dilihat bahwa dua buah komputer tersebut bisa saling terkoneksikan walaupun jaraknya cukup jauh.

Ciri dari terhubungnya dua buah komputer tersebut adalah bisa saling menukar data, serta bisa menjalankan sebuah program secara bersama-sama.

Namun, dalam percobaan tersebut masih ada kendala-kendala yang dihadapi, salh satunya adalah jaringan telepon yang digunakan belum cukup praktis untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama.

4. Sejarah Perkembangan Internet Tahun 1971-1972

Setelah dibentuk sebuah badan yang bernama APRANET, banyak sekali percobaan-percobaan yang dilakukan oleh TIM. Salah satunya adalah membentuk grup penelitian untuk menyelesaiakan sebuah proyek yang bernama Host-to Host.

Proye tersebut berada di bawah pimpinan S.Crocker, dimana penelitan tersebut dibernama nama NCP (Network Control Protocol) yang kemudian dipraktekkan didalam wesbite ARPANET pada tahun 1971-1972.

NCP tersebut banyak menghasilkan aplikasi-aplikasi bermanfaat salah satunya adalah proses surat menyurat elektronik atau yang saat ini dikenal dengan nama email.

Proses surat menyurat tersebut ditemukan pertama kalinya oleh Rya Tomlinson dimana ia mencoba untuk mengirimakan email dari sau komputer ke komputer lain. Tentu saja proses tersebut tak luput dari dukungan ARPANET yang memang menjadi sponsor utama dalam penelitian tersebut.

5. Sejarah Perkembangan Internet Pada tahun 1974- 1979

Sejarah perkembangan Internet
Ilustrasi sejarah perkembangan Internet

Internetworking, begitulah kta yang dikenal oleh para peneliti dan penduduk setempat. Namun, nama tersebut pun perlahan hilang hingga populer dengan istilah internet yang dipelopori oleh Vin Cer dan juga Bob Kahn.

Karena begitu populernya nama internet, hingga menyebabkan para penduduk setempat mengenal kedua peneliti tersebut sebagau bapak internet dunia.

Dampak dari terkenalnya internet tersebut menyebabkan ARPANET semakin terkenal dan membuah sebuah produk bernama Telenet untuk diperjualbelikan kepada warga agar bisa menggunakan paket data internet tersebut.

Itulah, paket data pertama di dunia yang diperjualbelikan oleh ARPANET.

6. Sejarah Perkembangan Internet Tahun 1982-1983

Pada tahun 1982, dibuatlah sebuah basic keamanan internet atau saat ini dikenal dengan nama internet Protocol (IP), selain untuk keamanan, IP tersebut diperuntukkan menukar sebuah sistem informasi dari satu komputer ke komputer lainnya.

Kemudian pada tahun 1983, dibuatlah sebuah Domain Name System (DNS) bersamaan dengan sebuah nama-nama website yaitu org., com, net, mil, edu., dan lain sebagainya.

Pada saat itu website begitu populer dan cukup diminati oleh warga sekitar.

Adanya DNS tersebut disamabut baik oleh para warga, karena website pada zaman itu memiliki alamat yang cukup rumit dengan menampilkan angka yang cukup banyak.

7. Sejarah Perkembangan Internet Tahun 1991-1993

Perkembangan internet di  tahun tersebut sudah mulai semakin canggih. Website dengan penggunaan WWW atau World WIDE Web sudah mulai banyak digunakan.

Selain itu mesin pencarian browsing pun sudah mulai banyak bermunculan, saat itu yang paling terkenal adalah mesin pencarian yang bernama Mosaic. Mosaic banyak digunakan oleh masyarakat karena memang mudah untuk digunakan.

Selain mesin pencarian, sudah ada yang membuat “kekacauan” di Internet dengan menyebarkan sebuah virus lewat internet.

8. Sejarah Perkembangan Internet Tahun 1994 – 1996

Di tahun ini, pengguna internet sudah mulai banyak dan terdapat sebuah toko online seperti Craiglist, eBay, dan juga amazon.com. Selain digunakan untuk berjualan, terdapat pula website yang digunakan untuk mencari pasangan yaitu situs website Match.com.

Selain toko online dan situ pencarian pasangan, pengiriman surat elektronik pun sudah mulai marak. Karenanya David Filo dan Jerry yang membuat sebuah layanan email terbesar di dunia yaitu Yahoo.com.

Seperti yang diketahui bersama, Yahoo ini selain bisa untuk mengirim email bisa pula digunakan untuk aktivtas chatting dari berbagai negara. Yang pada masanya begitu populer dan diminati.

Aplikasi mesin pencarian pun semakin banyak, pada taun 1996 peminat mosaic pun semakin berkurang. Karena di tahun tersebut terdapat browser yang paling diminati masyarakat dunia yaitu Microsoft dengan meluncurkan internet explorer. Dan juga Netscape yang meluncurkan sebuah browser bernama Navigator.

9. Sejarah Perekmbangan Internet Tahun 2000-an

Sejarah perkembangan internet di tahun 200-1n

Di tahun ini internet semakin berkembang, terbukti banyaknya penggunan website dari seluruh dunia yang menggunakan layanan tersebut. selain website ada pula platforma blog yang pertama kali diciptakan yaitu wordpress.com.

Selang empat tahun kemudian mulai bermunculan website-website media sosial, contohnya seperti facebook. Barulah setelah itu mulai bermunculan layanan internet lainnya seperti youtube, twiter, dan lain sebagainya.

10. Sejarah Perkembangan Internet Tahun 2010-2011

Setelah facebook sukses diluncurkan di tengah masyarakat, banyak layanan sejenis yang bermunculan. Contoh saja instagram dan path yang hadir untuk memfasilitasi masyarakat dunia untuk berkomunikasi dan juga menunjukkan eksistensi diri di dunia maya.

Pada tahun 2011 ini , sejumlah layanan sosial dan juga website sudah banyak digunakan. Menurut data netcraft pada tahun 2011, sudah ada 357 situs yang digunakan menggunakan jaringan internet. Pada tahun 2011 ini Google mulai muncul ke permukaan dan disambut baik oleh warga dunia.

Meningkatnya pengguna internet ini membuktikan bahwa masyarakat dunia sudah mulai merasakan manfaat yang positif terutama untuk hal berkomunikasi.

Selain manfaat positif ada pula yang merasakan negatif, dimana hal tersbut terjadi pada usia remaja. Sebanyak 15 % remaja di seluruh dunia mengaku pernah merasakan pembulyan terhadap dirinya sendiri lewat situs internet.

Namun, dengan adanya dampak negatif tersebut tak menyurutkan masyarakat untuk berhenti menggunakan internet. Sebaliknya, makin banyak orang yang penasaran akan penggunaan internet itu sendiri.

Sejarah Perkembangan Internet di Indonesia

Perkembangan internet di Indonesia pun rupanya sudah ada sejak tahun 1983. Sejarah mencatat perkembangan internet di Indonesia diawali oleh seorang pakar komputer dan ekonomi bernama Joseph Luhukay.

Beliau adalah orang yang pertama kalinya melakukan koneksi inernet di Indonesia. Setelah sukses melakukan koneksi, Joseph Luhukay pun berhasil menghubungkan sebuah jaringan internet Indonesia ke jaringan global yang saat itu diberinama UINet yang berada di Unviersitas Indonesia.

Setelah Joseph Lukay sukses mengembangkan jaringan tersebut, pada tahun 1993 orang yang mengembangkan jaringan internet tersebut adalah Onno Purbo. Dia bersama teamnya membuat sebuah jaringan internet dari sebuah frekuensi radio yang dikembangkannya.

Pada tahun 1994, Onno dan teamnya membuat sebuah PT yang bernama PT Indo Internet dimana perusahaan tersebut fokus untuk bergerak dalam bidang Internet Dervice Provider (ISP).

PT tersebut juga membuat sebuah artikel yang cukup terkenal saat itu yaitu mengenai “langkah Membangun jaringan telekomunikasi dengan ekonomis lewat internet”.

Dari artikel tersebut banyak melahirkan perusahaan ISP sejenis seperti PT Rahardjasa, PT.Pos Indonesia dengan meluncurkan produk Wasanatara Network, IndosatNet, dan juga Telkomsel di tahun 1994-1996.

Pada tahun 1998 pun ketika masa reformasi di Indonesia, pengguna internet semakin banyak. dari 138.000 pelanggan bertambah menjadi 512.000 pengguna internet.

Di tahun 2000-an, internet di Indonesia mulai berkembang dengan pesat. Terbukti dengan banyaknya masyarakat yang membuat sebuah usaha warnet atau warung internet. Pada tahun tersebut, biaya internet masih tergolong mahal dan dibebankan bersama biaya telepon.

Kini, penggunan internet di Indonesia sudah muali tak terhitung lagi. Internet baik di Indonesia maupun dunia sudah menjadi kebutuhan utama. Segala macam informasi bisa didapatkan melalui internet.

Pengguna Internet di Era Milenial

Perkembangan internet di era milenia
Perkembangan internet di era milenia

Dilansir dari sebuah situs internetworldstats.com, telah merilis data yang cukup membantu untuk melihat perkembangan internet di dunia. Adapun negara-negara yang paling banyak penduduknya menggunakan internet adalah sebagai berikut:

  1. China : 740.434.547 pengguna
  2. India : 472.124.989 pengguna
  3. AS : 290.942.362 pengguna
  4. Brazil : 200.111.185 pengguna
  5. Jepang : 150.200.000 pengguna
  6. Indonesia : 143.700.000 pengguna

Angka di atas tentunya akan terus bertambah karena data di atas diambil pada tahun 2017 lalu. Dari data di atas yang paling banyak menggunakan gadget adalah para anak muda yang dimulai dari usia 17 tahun hingga usia produktif sampai 40 tahun.

Di usia 40 tahun ke atas pun ada pula yang menggunakan hanya persentasenya lebih kecil daripada usia muda. Oleh karenanya, jangan heran selain internet digunakan untuk berkomunikasi digunakan pula untuk membuat sebuah inovasi dalam aplikasi-aplikasi internet yang begitu menarik dan bermanfaat untuk orang banyak.

Sejarah Perkembangan Media Sosial

Berdasarkan infromasi yang dilansir dari kominfo.go.id, 40 persen penggunan internet di Indonesia rata-rata digunakan untuk bermain media sosial. Tidak hanya di Indonesia saja, hampir di seluruh dunia setengah warga pengguna internet menggunakannya untuk media sosial.

Tentunya media sosial ini masih menjadi primadona dikalangan penggunan internet karena bisa dengan mudah untuk berkomunikasi. Awal tercipta media sosial ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1978 dimana pada saat itu populer dengan yang namanya papan buletin.

Cara kerja papan buletin ini mirip dengan email hanya bisa mengirim pesan yang bisa dikirimkan melalui jaringan internet. Penemu papan buletin sendiri bernama Ward Christensen dan Randy Suess.

Seiring berjalannya waktu, paapn buletin tersebut mulai ditinggalkan. Karena pada tahun 1997 ditemukan sebuah media sosial pertama bernama Sixdegree.com dan juga Classmates.com.

Kedua situs tersebut pun tergurus oleh zaman karena pada tahun 1999 blog pribadi sudah mulai dikenal dimana saat itu diawali dengan kemunculan sebuah blogger. Kehadiran blogger saat itu cukup diminati karena bisa membuat situs halaman sendiri.

Selain blogger, pada tahun 2002 dihebohkan dengan sebuah media sosial bernama Friendster. Friendster ini berdiri cukup lama hingga tahun 2009.

Para remaja di seluruh dunia mendominasi penggunaan friendster karena cukup banyak menu yang ditawarkan untuk berkenalan dengan pengguna friendster baik itu di dalam amupun luar negeri.

Setelah friendster, perkembangan media sosial pun semakin tak terbendung. Hal tersebut ditandai dengan adanya facebook, disusul twitter, dan sekrang mulai banyak media soaila lainnya seperti instagram, path, pinterest, dan lain sebagainya.

Sejarah Perkembangan  Bisnis Online

Bisnis online di dunia dimulai sejak tahun 1993, dimana saat itu sedang booming sebuah situs yang bernama amazon.com. seiring dengan berjalannya waktu, penggunan internet pun tidak hanya memanfaatkan internet untuk mencari informasi melainkan untuk mencari penghasilan.

Bisnis online pun tak hanya berkembang di negara-negara maju, melainkan juga berimbas pada Indonesia. Menurut hasil survey dari Kemenkominfo, bahwa Indonesia saat dinyatakan sebagai negara e-commerce terbesar  Asia Pasifik. Dalam satu tahun sellu ada transaksi hingga mencapai US $4,89 miliar.

Tentunya, bisnis online saat ini bukanlah bisnis yang main-main. Selalalu ada peluang besar yang bisa dimaksimalkan ketika pengguna internet menjalankan bisnis secara online. Perkembangan teknologi yang semakin modern, telah membukakan penduduk dunia untuk berlomba-lomba membuat sesuatu yang bermanfaat. 

Sejarah Financial Technology

Cikal bakal muncul FinTech terjadi pada tahun 1980an. Saat tu pihka bank dunia sudah muali melakuakn pencatatan data menggunakan komputer dengan tujuan agar mudah untuk diakses. Di tahun 1982, terdapat sebuah E-Trade uang semakin menerapkan FinTech pada sistem perbankan secara digital bagi investor.

Karena semakin bertumbuhnya internet di awal 1990-an, menyebabkan FinTech pun semakin banyak yang menggunakan. Saat itu terdapat sebuah situs saham online bernama brokerage yang memudahkan investor untuk menanamkan modalnya

FinTech pun semakin tumbuh dengan pesat pada tahun 1998, pada saat itu pihak bank sudha memiliki sebuah layanan online banking dimana para nasabaha bisa melakukan pembayaran dengan mudah tanpa harus mengantri ke bank.

Selain pihak bank, ada juga perusahaan-perusahaan dunia yang sudah muali menerapkan pembayaran secara online. Dan dari sinilah FinTech tumbuh dengan pesat hingga sampai ke Indonesia.

Di Indonesia sendiri, FinTech baru muncul pada tahun 2006. Di waktu yang singkat tersebut sudah ada 100 Fintech yang tersebar di Indonesia. Kemudian, pada tahun 2015 didirikanlah sebuah asosisasi yang diberi nama Asosiasi Fintech Indonesia.

Tentu saja dengan asosiasi tersebut diharapkan mampu menghimpun perusahaan-perusahaan startup terbaru di Indonesia agar bisa tumbuh berkembang bersama.

Hadirnya FinTech bertujuan untuk memudahkan masyarakat mengakses produk-produk keuangan yang saat ini memang tengah marak mewarnai dunia maya.

Fintech di Indonesia sudah berkembang di beberapa sektor, yaitu dimulai dari peminjaman, pembayaran keuangan secara online, untuk perencanaan keuangan, pembiayaan, investasi, riset keuangan, dan juga remitansi.

Pada awalnya pengguna FinTech di Indonesia pada tahun 2006-2007 sekitar 7 %. Kemudian pada tahun 2017 mengalami peningkatan hingga mencapai 78 %. Transaksi yang dilakukan dalam Fintech sendiri menurut data dari kontan.co.id sebanyak (Rp 202,77 triliun).

Tentunya angak di atas akan semakin bertambah, mengingat masyarakat dunia khususnya masyarakat Indonesia sudah mulai mengerti akan pentingnya FinTech. Dengan berkembanganya jumlah penggguna Fintech amak secara otomatis akan membantu perusahaan startup untuk terus berkembang.

Penutup

Itulah dia informasi mengenai sejarah internet, perkembangannya dari awal hingga sekarang. Perubahan di muak bumi ini pasti saja terjadi, tinggal kita harus menerima segala tantangan yang ada di zaman ini ataupun zaman yang akan datang.

Jika tidak ingin tertinggal di muka bumi ini, maka harus terus belajar dan mampu menerima sebuah perubahan.

Loading...