Kamera Mirrorless : 10 Rekomendasi Terbaik Tahun 2018

Perkembangan kamera dari waktu ke waktu menyisakan sejarah sendiri bagi peminatnya. Ya, pada zaman canggih ini banyak orang yang sudah menggunakan bantuan kamera dalam mengabadikan moment penting di setiap waktunya. Kini eranya mirrorles, jadi pastikan memilih kamera mirrorless terbaik.

Masih teringat jelas dalam ingatan kita semua, pada tahun 2000-an ke atas kamera DSLR menjadi primadona setiap orang karena kelebihannya menciptakan hasil foto yang terbaik.

Namun, seiring berjalannya waktu kamera tersebut kehilangan peminat karena dinilai memiliki sistem pengaturan yang komplit serta ukuran kamera yang tergolong berat untuk aktivitas sehari-hari. Jika Anda seorang fotografer profesional, kamera DSLR ini sangat cocok untuk digunakan.

Karena hal itulah, telah hadir sebuah kamera idaman saat ini yang bernama kamera mirrorless. Dikatakan idaman karena memang dari segi ukuran relatif kecil bisa untuk aktivitas sehari-hari. Dan yang lebih penting kamera mirrorless memiliki lensa yang mirip dengan kamera DSLR dan tak kalah bagusnya.

Banyak penyuka kamera mirrorless membuat para perusahaan kamera pun berlomba-lomba menciptakan kamera tersebut dengan hasil yang terbaik. Karenanya saat ini sudah banyak yang menjual atau yang menggunakan kamera mirrorless tersebut.

Nah, bila saat ini Anda tengah mencari kamera mirrorless dengan kualitas terbaik berikut kami ulas dalam pembahasan 10 Kamera Mirroless Terbaik 2018.

Daftar 10 Kamera Mirrorless Terbaik 2018

GambarMerk MirrorlessSensorISOHarga
Mirrorless Sony Alpha A9Sony Alpha A9Full Frame100-5120065 juta
Mirrorless Sony Alpha A7R IISony Alpha A7R IIFull Frame100-10240030 juta
Mirrorless Panasonic Lumix GH5Panasonic Lumix GH5Micro Four Thirds200-2560027 juta
Mirrorless Fujifilm X-T2Fujifilm X-T2APS-C200-1280025 juta
Mirrorless Canon EOS M5Canon EOS M5APS-C100-2560019 juta
Mirrorless Samsung NX3000Samsung NX3000APS-C100-2560010 juta
Mirrorless Sony Alpha A6000Sony Alpha A6000APS-C100-256009 juta
Mirrorless Fujifilm X-A2Fujifilm X-A2APS-C200-64007,55 juta
Kamera Mirrorless Sony Alpha A5100Alpha A5100APS-C100-256006,3 juta
Kamera Mirrorless Canon EOS M10Canon EOS M10APS-C100-128005,2 juta

*Harga bisa berubah sewaktu-waktu

1. Kamera Mirorrless Sony Alpha A9

Seperti yang diketahui bersama, rata-rata kamera mirorrless memiliki ukuran yang simpel dan mudah untuk kegiatan fotografi sehari-hari.

Nyatanya hal tersebut tidak berlaku untuk kamera mirrorless merk sony alpha A9. Kamera tersebut memiliki ukuran sama halnya dengan DSLR.

Mirrorless Sony Alpha A9

Hal tersebut bisa dilihat dari handgrip yang digunakan dibuat melengkung bukan lurus seperti kamera mirorrless pada umumnya.

Kamera sony alpha A9 ini memiliki dual slot SD card dengan menggunakan UHS-II. Selain itu terdapar pula fitur dan tombol kamera yang lengkap layaknya DSLR.

Tak perlu khawatir akan susahnya memindahkan file dalam jumlah yang banyak ke laptop Anda. Karena kamera sony alpha A9 ini sudah memiliki fitur ethernet port yang berfungsi memudahkan pemindahan file dengan cepat dan praktis.

Kelebihan Kamera mirrorless sony alpha A9 

Selain kelebihan di atas ada beberapa kelebihan lain yang ditampilkan oleh kamera Sony Alpha A9, diantaranya adalah:

  • Dapat menangkap gambar dengan kecepatan 20 frame per detik. Karena itu kamera ini merupakan kamera unggulan untuk memotret objek yang sedang bergerak atau sedang berolahraga.
  • Selain kelebihan yang ditampilkan di atas, kabar baiknya sony alpha A9 ini bisa membidik objek yang sedang bergerak menjadi hasil yang baik dan sempurna. Karena kamera tersebut dilengkapi dengan shutter speed 1/32.000 detik.
  • Selain mengambil gambar, kamera tersebut bisa mengambil video dengan kualitas gambar yang terbaik pula. Kualitas gambar yang dihasilkan bisa mencapai 4K dengan resolusi 3.840 x 2.160 piksel.
  • Memiliki fitur Quick Motion dan Mode Slow dengan kualitas High Definition (HD).
  • Berat yang dimiliki kamera tersebut adalah sebesar 673 gram.

Bila dilihat dari spesifikasi kamera Sony alpha A9 ini hampir memiliki tingkat kesempurnaan. Namun, bila dilihat secara dalam kamera tersebut memiliki kekurangan tersendiri. Kekurangan yang dihadirkan memang tidak begitu fatal tetapi patut untuk diwaspadai. Adapun kekurangannya adalah sebagai berikut:

  • Kamera sony alpha A9 ini tidak tahan air atau istilah lainnya adalah splash proof. Karena itu patut untuk dijaga keamanannya dari hal tersebut.
  • Memiliki resolusi hanya mencapai 24 MP dibandingkan kamera mirorrless lainnya.

Harga Kamera mirrorless Sony Alpha A9

Setelah dipaparkan mengenai kelebihan dan kekurangannya, tentunya yang lebih penting untuk diketahui adalah harga yang dibandrol oleh kamera mirorrless sony alpha A9. Harga untuk kamera tersebut pada tahun ini sudah mengalami penurunan yaitu diangka Rp 65 juta.

2. Kamera Mirorrless Sony Alpha A7R II

Setelah merilis produk kamera mirrorless seri alpha A9, kini sony pun konsisten untuk tetap mengeluarkan kamera serupa dengan seri yang berbeda.

Dua tahun silam, tepatnya di tahun 2016 perusahaan sony pun merilis sebuah kamera mirorrless sony alpha A7R II.

Mirrorless Sony Alpha A7R II

Tentunya kamera yang dirilis pun memiliki perbedaan tersendiri dengan kamera sony alpha A9. Yang pasti untuk merilis kamera tersebut tak main-main dan lebih menjadi penyempurna dari seri sebelumnya walaupun harganya lebih murah dibandingkan sebelumnya.

Kamera yang dirilis pun digadang-gadang sebagai salah satu kamera mirorless terbaik. Lalu, apa saja kelebihan dari kamera tersebut? Ini Dia ulasannya!

Kelebihan Kamera mirorrless Sonya Alpha A7R II, yaitu:

1. Memiliki Keunggulan Layar yang Bisa Dilipat.

Tentunya dengan fitur layar lipat tersebut akan sangat berguna ketika menemukan objek yang sangat sulit untuk Anda bidik.

2. Kamera Bisa Terhubung dengan Wifi.

Kabar baik untuk yang selalau update di media sosial, karena setiap waktu bisa update kegiatan Anda lewat wifi yang tersambung dengan perangkat kamera.

  • Menggunakan lensa 35 mm Exmor R CMOS dilengkapi sensor yang bisa menghasilkan gambar foto dengan resolusi 24 megapiksel.
  • Dilengkapi mikrofon stereo yang sangat memingkinkan untuk melakukan perekaman di luar atau di dalam ruangan.
  • Terdapat fitur AVCHD ( Advanced Video Coding High Definition)

Format file untuk merekam video yang biasa dilakukan oleh para camcorder profesional

Selain kelebihan yang dimiliki oleh kamera mirorrless Sony Alpha A7R II ini juga memiliki kekurangan. Tentunya kekurangan tersebut bukan sesuatu yang fatal hanya harus diwaspadai. Adapun kekurangannya adalah sebagai berikut:

  • Daya tahan baterai yang tak begitu kuat, atau bisa bertahan untuk mengambil gamabr sebanyak 290 photo
  • Hasil film atau hasil video kurang tajam karena tidak tersedia autofokus
  • Tidak bisa mengambil gambar dengan jarak yang jauh, hal ini dikarenakan tidak tersedianya mode HDR.

Harga Kamera Mirorrless Sony Alpha A7R II

Harga terbaru di tahun 2018  untuk kamera mirorrless  terbaik merk Sony Alpha A7R II ini adalah Rp 29,999,000.

3. Kamera Mirrorless Panasonic Lumix GH5

Seperti yang diketahui bersama, panasonic begitu konsisten memproduksi perangkat elektronik yang berkualitas.

Salah satunya yang saat ini tengah menjadi perbincangan masyarakat adalah dengan merilis sebuah produk yang bernama kamera mirrorless Panasonic seri Lumix GH5.

Mirrorless Panasonic Lumix GH5

Yang menjadi heboh dan menjadi perbincangan tersebut adalah kamera lumix tersebut menjadi kamera mirrorless terbaik sepanjang sejarah.

Kamera ini mampu menjaga keaslian warna dari objek yang dibidiknya karena memiliki sebuah fitur Natural Textire Expression.

Tentunya tak hanya dari segi fitur tersebut, masih banyak fitur lain yang menjadi kelebihan dari panasonic tersebut. Lalu apa saja kelebihannya? Berikut pembahasannya!

Kelebihan Kamera mirrorless Panasonic seri Lumix GH5

Kamera Mirrorless yang Bagus untuk Membuat Video : Pada kamera mirrorless panasonic seri lumix GH5 ini dilengkapi sebuah fitur untuk bisa membuat video dengan baik. Hasil video yang dibuat mampu menghasilkan kualitas video 4K dengan kecepatan 60 fps.

Memiliki fitur Sensor Micro Four Thirds : Dengan adanya fitur sensor tersebut membuat kamera mirrorless panasonic seri lumix GH5 tampak kuat dan gagah. Kapasitas sensor sendiri berada di 20,3 megapiksel.

Didukung Oleh Fitur 5-Axis in-body Image Stabilization : Tak perlu khawatir akan hasil kamera yang blur atau tak maksimal sekalipun Anda adalah pemula atau profesional.

Pasalnya fitur 5-Axis in-body Image Stabilization ini mampu menghindarkan hasil bidikan kamera dari blur yang terjadi karena goncangan.

Bisa Terhubung dengan Wifi : Bukan hanya smartphone ataupun laptop saj ayang bisa terhubung dengan wifi. Kamera mirrorless panasonic ini pun sudah memiliki fitur tersebut, dimana Anda bisa terhubung dengan jaringan wifi 5 GHz.

Bisa mentransfer file dengan resolusi tinggi dengan menggunakan soket full- size HDMI

Terdapat sistem autofokus Dept From Defocus (DFD) : yang menjadi ciri khas teknologi yang diterapkan panasonic. Tujuan Adanya sistem tersebut agar hasil objek yang bidik benar-benar akurat dan terfokus dengan baik.

Kekurangan Kamera Mirrorless Panasonic seri Lumix GH5

Selain kelebihan ada juga kekurangan yang ada pada kamera mirrorless ini. hal ini disampaikan untuk menjadi bahan pertimbangan dan juga meningkatkan kewaspadaan Anda ketika membeli atau menggunakannya.

Adapun sejauh ini kelemahan yang dimiliki kamera tersebut adalah harus menambahkan lensa yang dijual secara terpisah dari badan kamera. Tujuan untuk menambahkan lensa tersebut adalah untuk mendapatkan focal length yang lebih panjang.

Harga Kamera Mirrorless Panasonic seri Lumix GH5

Harga terbaru pada tahun 2018 untuk Kamera mirrorless Panasonic seri Lumix GH5 ini adalah Rp 27 juta.

4. Kamera Mirrorless Fujifilm X-T2

Generasi terbaru dari Fujifilm X-T1 ini disambut baik para pecinta fotografi. Buah dari konsistensi dan eksistensi tersebut selalu menghasilkan kamera yang terbaik sepanjang waktu.

Kini kehadiran kamera mirrorless fujifilm X-T2 dinantikan oleh para pecinta fotografi karena dinilai mampu bekerja dengan baik serta maksimal. Fuji film X-TSmasuk dalam salah satu kamera mirrorless terbaik.

Mirrorless Fujifilm X-T2

Sedari dulu fuji film memang mengedepankan kualitas serta basis teknologi yang kuat. Hal tersebut masih dibawa sampai saat ini.

Hingga banyak orang yang menilai kamera mirrorless fujifilm X-T2 ini sejajar dengan X-Pro 2 yang memang dikenal sebagai kamera berfitur canggih yang mengedepankan teknologi masa kini.

Adapun kelebihan yang dimiliki oleh kamera mirrorless fujifilm X-T2 sebagai berikut:

  • Memiliki Sensor yang canggih dari seri sebelumnya
  • Sensor yang digunakan adalah sensor X-Trans CMOS III APS-C, Sehingga bisa menghasilkan gambar menjadi 24, 3 Megapiksel.
  • Bisa untuk merekam video full HD dengan 1080 fps.
  • Layar LCD dilengkapi dengan layar dan resolusi tinggi. Selain itu layar LCD pun bisa diputar dan sangat membantu dalam proses pengambilan gambar.
  • Kamera dilengkapi teknologi Hybrid AF, dimana dengan teknologi tersebut bisa melakukan multibidik gambar berturut-turut hingga 8 kali dengan kecepatan 3 foto dalam satu detiknya.
  • Terhunumg dengan Wifi dimana Anda bisa leluasa mengendalikan kamera dengan menggunakan smartphone Anda. Tetapi sebelumnya harus menginstal terlebih dahulu aplikasi yang bernama fujfilm camera remote.
  • Fujifilm seri X-T2 menggunakan baterai Li-ion NP-W126S. Dimana dengan menggunakan baterai tersebut bisa membidik objek hinggan 340 kali.
  • Dapat menampun gambar RAW sebanyk 27 buah yang tidak dikompres, 83 JPEG ukuran penuh, serta 33 file RAW yang belum dikompres.

Kekurangan Kamera Mirrorless Fujifilm X-T2

Belum dilengkapi fitur layar sentuh pada kamera.

Seperti yang diketahui bersama, layar sentuh saat ini tengah digemari karena dianggap praktis. Hal tersebut banyak ditemukan pada smartphone. Namun, masih jarang ditemui pada layar kamera.

Harga Kamera Mirrorless Fujifilm X-T2

Harga yang dibandrol untuk salah satu kamera mirrorless terbaik tersebut adalah Rp 20 juta body only. Jika ingin ditambah lagi lensa kit 18-55 mm dibandrol dengan harga Rp 25 juta.

5. Kamera Mirrorless Canon EOS M5

Sebelum meluncurkan kamera mirrorless, canon memang dikenal sebagai produsen kamera DSLR yang terbaik. Karenanya pada peluncuran kamera mirrorless Canon EOS M5 desain yang digunakan tak jauh berbeda dengan DSLR bahkan terasa cukup erat.

Mirrorless Canon EOS M5

Hal tersebut bisa dilihat dari posisi viewfinder yang tepat berada di tengah badan kamera. Serta adanya handgrip yang didesain dengan ergonomis serta memiliki lengkungan yang dikenal sebagai ciri khas dari DSLR.

Walaupun begitu, banyak pecinta fotografi yang menilai kamera mirrorless Canon EOS M5 ini memiliki kelebihan tersendiri yang unik dan juga terbaik.

Lalu apa saja kelebihannya? Yuk simak bersama pemaparannya berikut ini!

Kelebihan Kamera Mirrorless Canon EOS M5

1. Memiliki Viewfinder dengan Resolusi yang Tinggi

Mendesain viewfinder tepat berada di tengah kamera layaknya DSLR memiliki pertimbangan dan ciri khas tersendiri. Hal tersebut merupakan keseriusan canon dalam memproduksi kamera mirrorless.

Viewfinder yang didesain tersebut memiliki resolusi tinggi, yaitu 2,36 juta titik. Tujuan adalah bisa menghasilkan photo yang jernih dan warna yang ditampilkan mirip atau mendekati keasliannya.

2. Menghasilkan Kualitas Foto yang sama dengan DSLR

Canon berkomitmen untuk membuat kamera mirrorless terbaik. Karenanya pada seri ini dilengkapi sebuah fitur yang bernama sensor APS-C CMOS dan dukungan prosesor DIGIC 7 yang dimilikinya.

Dengan dilengkapi fitur terebut bisa membuat hasil foto begitu tajam dan jernih layaknya hasil foto yang dibidik oleh DSLR.

3. Memiliki Sistem Autofokus yang Canggih

Canon memiliki sitem auto fokus canggih dimana hal tersbeut bisa menggunakan fitur teknologi predictive AF.

Dengan menggunakan teknologi tersebut Anda bisa membidik objek yang sedang bergerak dalam waktu yang cepat namun hasil yang didapat begitu sempurna.

4. Dilengkapi Layar Sentuh dan Layar yang Fleksibel

Pada bagian belakang canon EOS M5 terdapat layar sentuh yang memiliki resolusi 3,2 inci. Layar tersebut bisa diputar atau ditekuk mulai dari 85 derajat sampai 180 derajat ke bawah.

Dengan begitu para penggunanya kan diberi kebebasan untuk mengambil gambar baik itu wefie, selfie, dan sangat bagus untuk Anda seorang vloger.

5. Kualitas Lensa yang Terbaik

Kualitas lensa pada kamera mirrorless ini pun tidak main-main. Dirancang sedemkian rupa dengan dilapisi teknologi yang mutakhir.

Canon seri tersebut memiliki lensa EF-M18-150mm f/3.5-6.3 IS STM dengan warna silver dan graphite.

Lensa kamera memiliki rasio zoom hingga 8,3 xdan hasil bidikan pun akan tetap berkualitas walaupun mengambil gambar dari jara fokus yang cukup jauh.

Canon pun dilengkapi lensa makro terbaru yaitu Canon EF-M28mm f/3.5 Macro IS STM. Tujuan adanya lensa makro untuk memudahkan para fotografer ketika dalam mengambil gambar terutama dalam hal pencahayaan.

6. Dilengkapi dengan Wifi

Canon pun mengerti akan keperluan pengguna kamera tersebut. saat ini semua orang membutuhkan wifi agar mudah untuk berkoneksi internet dan mentransfer file kapanpun dan dimanapun.

Kekurangan Kamera Mirrorless Canon EOS M5

1. Kurang Bagus untuk Merekam Video

Hampir rata-rata kamera mirrorless sudah dilengkapi fitur untuk bisa merekam video setara 4K. Sayangnya, canon EOS M5 ini belum mampu untuk merekam sampai sejauh tersebut.

Harga Kamera Mirrorless Canon EOS M5

Harga terbaru di tahun 2018 untuk kamera Canon EOS M5 adalah Rp 19 juta. Dengan harga tersebut Anda sudah mendapatkan kamera mirrorless terbaik dan mendekat sempurna ditambah dengan kit EF-M18-150 IS STM.

6. Kamera Mirrorless Samsung NX3000

Samsung pun dikenal sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi yang cukup konsisten dan produktif.

Setelah sukses mengeluarkan smartphonenya yang dapat diterima lapisan masyarakat, kini Samsung pun mengeluarkan produk terbaru yaitu Kamera Mirrorless terbaik yang diberi nama Samsung NX3000.

Mirrorless Samsung NX3000

Kamera tersebut dinilai cukup unik terutama dari desain yang mengusung tema vintage. Sekilas kamera tersebut tampak seperti kamera lama. Namun, untuk urusan teknologi dan fitur yang dimilikinya pun cukup canggih.

Adapun untuk jelas mengenai kelebihan Kamera Mirrorless Samsung NX3000 adalah sebagai berikut:

1. Desain Menarik dan Unik

Kamera mirrorless ini dengan merk samsung ini dinilai menjadi kamera yang memiliki desian yang menarik serta unik. Bentuknya yang mengusung vintage ini sangat diapresiasi oleh para pecinta fotografi.

2. Memiliki Sensor yang Besar

Banyak yang menilai bahwasanya kamera samsung NX3000 ini memiliki desian yang kecil. Tetapi dibalik itu semua terdapat sensor yang begitu besar. Sensor yang digunakan pun adalah APS-C CMOS 20 MP, crop factor 1,5x.

3. Memiliki Lensa Kit dengan Kualitas Terbaik

Walaupun terlihat “main-main” rupanya samsung tengah menyiapkan “amunisi” lensa yang berkualitas terbaik. Lensa yang digunakan dimulai dari 16mm.

4. Memiliki fungsi dasar yang lengkap

Fungsi dasar yang dimaksud adalah standar yang harus dipenuhi dari kamera mirrorless berupa ISO 25.600, Burst yang lengkap, dilengkapi dengan WB, memiliki video full HD stereo, dan tersedia HDR.

5. Memiliki Grip yang nyaman dan Bodi tidak licin

6. Tersedia fasilitas wifi

7. Tersedia Scene Mode yang bisa diatur seperti waterfall, light trace, sunset, dan lain-lain-lain.

Kekurangan Kamera Mirrorless Samsung NX3000

  • Tidak memiliki Fitur touch screen atau layar sentuh. Serta layar LCD tidak bisa di putar ke bawah.
  • Tidak memiliki fitur phase-detect AF
  • Tidak memiliki fitur sensor cleaning dan juga level gauge

Harga Kamera Mirrorless Samsung NX3000

Harga terbaru untuk kamera mirrorless kecil dan terbaik ini di tahun 2018 dibandrol dengan harga Rp 10 juta.

7. Kamera Mirrorless Sony Alpha A6000

Kamera yang dibuat oleh Sony Alpha ini termasuk dalam generasi terbaru NEX-6. Banyak pecina fotografi yang mereview bahwasanya kamera mirrorless ini masuk dalam jajaran kamera terbaik dan sukses.

Rupanya pihak sony mampu merespon segala kekurangan yang ada pada seri sebelumnya dengan menyempurnakan hal tersebut di seri sony alpha A6000.

Mirrorless Sony Alpha A6000

Hasil jepretannya pun dinilai mampu melebihi dari hasil jepretan kamera DSLR. Lalu seperti apa kelebihan dan kekurangannya? Yuk, simak bersama di bawah ini!

Kelebihan Kamera Mirrorless Sony Alpha A6000

  • Desain Body Kamera Terbaik : Dalam seri ini body kamera dibuat dari logam. Ukuran yang digunakan untuk kamera pun tidak terlalu besar.
  • ViewFinder dari kamera mirrorless tersebut diletakan pada posisi pojok kiri atas. Tentunya hal tersebut menjadi inovasi dan keunikan tersendiri yang dimiliki oleh sony alpha A6000.
  • Auto Fokus Menggunakan Fitur Hybrid AF : Dengan menggunakan auto fokus tersebut bisa membidik foto dengan cepat. Hasil yang didapat dalam satu detik bisa menghasilkan 11 foto terbaik dan tajam.
  • Memiliki Dua Tombol Custom : Dengan memiliki dua tombol tersebut memiliki fungsi ebagai jalan pintas untuk bisa mengakses ke berbagai fitur yang tersedia.

Kekurangan Kamera Mirrorless Sony Alpha A6000

Adapun kekurangan yang dimiliki kamera tersebut adalah sebagai berikut:

  • Tidak Memiliki Layar sentuk atau touch Screen
  • Roda Mode kamera tidak didesain menonjol atau timbul. Sehingga ketika diputar sangat sulit dan juga berat.
  • Mengisi daya baterai menggunakan USB
  • AUTO ISO Basic

Harga Kamera Mirrorless Sony Alpha A6000

Harga terbaru yang dibandrol untuk Kamera Mirrorless Sony Alpha A6000 adalah 9 juta.

8. Kamera Mirrorless Fujifilm X-A2

Fujifilm tengah mewarnai industri fotografi sudah sejak lama. Sampai hari ini walaupun banyak perusahaan yang bermunculan mengeluarkan produk terbaiknya, tetap saja menjadi idaman dan favorit para pecinta fotografi.

Terlebih dengan kehadiran kamera mirrorless yang kekinian, membuat para pelanggannya selalu menantikan produk terbaru dari fujifilm. Seperti pada pembahasan berikut ini yang akan mengulas tentang Kamera Mirrorless Fujifilm X-A2.

Mirrorless Fujifilm X-A2

Lalu kelebihan dan kekurangan apa sajakah yang dimiliki oleh salah satu kamera mirrorless terbaik tersebut? Berikut ulasannya!

Kelebihan Kamera Mirrorless Fujifilm X-A2

  • Resolusi yang dimiliki fujifilm X-A2 adalah 16 megapixel. Tentunya hal ini menjadi kabar baik untuk para pecinta fotografi yang terwakili oleh fujifilm.
  • Kamera ini sangat cocok untuk para penggemar selfie. Pasalanya kamera tersebut dilengkapi dengan layar yang bisa diputar sampai 180 derajat. Kabar baiknya sudah menggunakan teknologi touch screen yang memudahkan Anda untuk mengambil gambar
  • Dilengkapi dengan fitur APSC CMOS. Dengan memiliki layar tersebut membuat hasil gambar tampak jernih dan berkualitas tinggi.
  • Memiliki fitur Techlife, dengan tujuan hasil video yang diambil bisa sebagus dan sejernih video dengan format 4K.
  • Terhubung dengan wifi untuk memudahkan mentransfer file dimanapun dan kapanpun

Kekurangan Kamera Mirrorless Fujifilm X-A2

Kekurangan yang dimiliki fujifilm X-A2 ini terletak pada pengambilan video yang hanya bisa membuat file video Full HD. Namun kekurangan tersebut masih bisa diatasi dengan menggunakan fitur techlife.

Harga Kamera Mirrorless Fujifilm X-A2

Harga terbaru pada tahun 2018 yang dibandrol untuk Kamera Mirrorless Fujifilm X-A2 dibandrol dengan angka Rp 7,55 juta.

9. Kamera Mirrorless Sony Alpha A5100

Sony bisa dibilang sebagai produsen pembuat kamera mirrorless yang begitu rajin dan konsisten. Paslanya kamera yang dikeluarkan ini masih dari generasi yang sama dan bisa dikatakan sebagai penyempurna dari Sony Alpha 5000.

Tetapi walaupun begitu, kamera ini patut diapresiasi karena memiliki kelebihan yang belum banyak orang yang mengetahuinya.

Seperti apakah ulasannya? Ini Dia pemaparannya!

Kelebihan Kamera Mirrorless Sony Alpha A5100

  • Ukuran kamera ringan dan kecil, karena itu cocok untuk fotografi pemula yang biasa mengabadikan moment dalam aktifitas sehari-hari
  • Memiliki Resolusi tinggi, yaitu 24 megapiksel. Dengan kapasitas tersebut gambar yang dihasilakn pun tampak lebih bagus dan jernih
  • Autofokus yang digunakan sangat cepat dan tepat untuk membidik objek yang bergerak
  • Layar LCD begitu kontras dan terang karena menggunakan Sunny Weather
  • Tersedia Wifi yang berguna untuk mnetransfer data serta dilengkapi dengan remote
  • Memiliki ISO tinggi yaitu 1600-3200 karena bisa membuat gamabr jernih, tajam, dan warnanya tak akan pudar
  • Memiliki fitur touch focus
  • Layar LCD bisa dipuatr ke atas ataupun ke bawah untuk keperluan candid atau selfie
  • Terdapat fitur movie yang lengkap, yaitu XAVCS, dual format record, dan zebra.

Kekurangan  Kamera Mirrorless Sony Alpha A5100

  • Bahan Kamera terbuat dari plastik
  • Tidak ada Quick menu
  • Fungsi touch screen hanya untuk shutter dan fokus saja
  • External Charger terjual terpisah

Harga Kamera Mirrorless Sony Alpha A5100

Harga kamera Mirrorless Sony Alpha A5100 terbaru di tahun 2018 ini dibandrol dengan harga Rp 6,3 juta.

10. Kamera Mirrorless Canon EOS M10

Kamera mirrorless yang sangat pas untuk selfie, begitulah yang disematkan pada canon EOS M10 ini. karena itu untuk Anda yang senang narsis menjatuhkan plihan pada kamera tersebut adalah hal yang tepat.

Kamera Mirrorless Canon EOS M10

Kelebihan Kamera Mirrorless Canon EOS M10

  • Memiliki kekuatan kamera sebesar 18 megapiksel yang dihasilkan dari sensor APS-C CMOS.
  • Didukung oleh prosesor teknologi khas canon, yaitu Digic 6.
  • Memiliki ISO kamera 100-12.800 karena hal itulah bisa menghasilkan foto yang detail, jernih, dan warna sempurna walaupun pencahayaan sangat kurang.
  • Dilengkapi fitur teknolisi Hybrid AF sehingga bis amenghasilkan 49 titik fokus di setiap framenya.
  • Layar LCD sudah dilengkapi fitur touch screen

Kekurangan Kamera Mirrorless Canon EOS M10

Kekurangan yang dimiliki canon ini adalah dari segi autofokus. Banyak yang menilai sangat lambat sehingga menyulitkan proses pembidikan objek.

Harga Kamera Mirrorless Canon EOS M10

Harga terbaru pada tahun 2018 untuk kamera tersebut dibandrol dengan harga 5,2 juta

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai 10 Kamera Mirrorless Terbaik 2018. Dari kesepuluh kamera di atas manakah yang menjadi favorit Anda? Yang terpenting dalam pemilihan kamera adalah sesuaikan dengan kemampuan dan juga budget yang dimiliki agar bisa untuk mengoptimalkan.