10 Jenis Kamera Digital Paling Populer Saat Ini

Seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi, banyak sekali penemuan-penemuan baru yang semakin canggih dan memudahkan dalam segala aspek kehidupan manusia. penemuan baru tersebut terus berkontribusi memudahkan manusia menjalankan aktivitas hidup setiap harinya.

Jika diturut, sudah banyak sekali penemuan dalam berbagai bidang dan salah satunya ialah penemuan-penemuan dalam hal kamera digital.

Yuph, di zaman ini siapa yang tidak kenal dengan kamera digital?

Hampir semua mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sudah tidak asing dengan benda berteknologi canggih ini. semenjak hadirnya kamera digital ini, maka hal tersebut juga mempengaruhi kehdupan manusia terutama dalam memudahkan manusia dalam mengambil gambar dengan mudah, efektif dan cepat.

1. Kamera saku (Compact Camera)

Jenis kamera digital pertama yang bisa anda ketahui ialah kamera saku (compact  camera). Sebelum bermunculan berbagai jenis kamera digital lain, kamera jenis ini sudah banyak beredar dan digunakan banyak orang bersamaan dengan kemunculan kamera analog Single Lens Reflex (SLR).

Kamera Mirrorless

Baik kamera saku dan kamera SLR tersebut sudah sangat popular dan digunakan para fotografer pada masanya. Perpindahan teknologi analog ke digital pun juga tidak mengurangi minat para pecinta fotografi untuk tetap menggunakan kamera saku ini.

Banyak sekali merk kamera digital yang bisa anda dapatkan dengan berbagai merk, harga, dan juga spesifikasi. Kamera ini, juga mempunyai desaign yang sangat compact sehingga mudah untuk dibawa dan digunakan ke mana-mana.

Kualitas gambar yang ditawarkan oleh kamera saku ini memang tidak sebaik kamera SLR, namun hal tersebut ternyata tidak mengurangi minat pecinta fotografi untuk tetap menggunakan jenis kamera digital ini. Kamera jenis ini memang biasanya digunakan untuk para pemula dalam dunia fotografi. Semua  fitur yang ada dalam kamera ini hampir semuanya sudah distel secara otomatis sehingga mudah digunakan oleh siapapun, bahkan anak-anak pun bisa menggunakan kamera jenis ini.

Kamera jenis ini juga mempunyai nama lain point and shoot camera. Yang bermakna, bahwa anda hanya perlu untuk mengincar objek  fotografi dan tinggal di klik tombol kameranya. Sangat mudah dan simpel bukan?

2. Bridge kamera ( Prosumer Camera)

Selain kamera saku, jenis kamera digital lain yang bisa anda ketahui ialah Bridge kamera atau yang juga sering disebut Prosumer kamera. Jika kita lihat dari bentuknya, Bridge Kamera ini memang hampir mirip dengan kamera saku.  Hanya saja Bridge kamera ini mempunyai bentuk sedikit lebih besar daripada kamera saku.

Bridge kamera

Bagaimana dengan kualitas gambar yang dihasilkan? Jika dibandingkan dengan jenis kamera saku, maka kamera jenis ini bisa memberikan kualitas gambar yang lebih baik dari kamera saku. Jadi jangan salah, meskipun bentuknya hampir mirip, namun kualitasnya jauh berbeda.

Perbedaan yang mencolok antara Bridge Kamera dengan kamera saku ialah pada mode auto dan juga manual yang sudah ditambahkan pada kamera prosumer ini. Selain itu, kamera prosumer ini juga dibekali dengan kemampuan zoom yang lebih baik daripada kamera saku.

Tentu dengan keunggulan ini, anda akan mendapatkan gambar yang jelas dan kualitasnya lebih tinggi meskipun anda meng-shoot object gambar dari jarak yang lumayan jauh. Banyak orang yang mengatakan bahwa kamera prosumer ini memang didesain khusus untuk mengakomodasi para fotografer yang menginginkan kualitas gambar setara dengan kamera DSLR namun bentuknya tetap seukuran dengan kamera saku.

Bisa dikatakan bahwa kamera prosumer ini merupakan perpaduan antara kamera DSLR dan juga kamera saku, baik secara fitur maupun fleksibilitasnya. Namun demikian, hasil gambar yang dihasilkan tetap masih di bawah kamera DSLR.

Hal yang menyebabkannya salah satunya ialah ukuran sensor pada kamera prosumer lebih kecil jika dibandingkan dengan kamera DSLR. Oleh karena hal tersebut, para fotografer professional biasanya membawa dua jenis kamera ini yang mana kamera prosumer dijadikan cadangan kamera DSLR. Hal tersebut dikarenakan kamera prosumer ini lebih praktis dan mempunyai baterai yang tahan lama.

3. Kamera Mirrorless

Selain kedua jenis kamera digital di atas, ada juga jenis kamera Mirrorless. Apa itu kamera mirrorless? Apakah anda pernah tahu sebelumnya?

Tentu bagi anda yang sudah lama berkecimpung dalam dunia fotografi sudah tidak asing dengan kamera digital ini. Seperti namanya, jenis kamera ini tidak dilengkapi dengan cermin layaknya jenis kamera yang kita temukan pada kamera DSLR.

Kamera Mirrorless

Tidak adanya cermin tersebut membuat kamera jenis ini mempunyai ukuran yang lebih kecil dan lebih compact jika dibandingkan dengan kamera DSLR. Namun demikian, jangan ragukan kemampuan kamera ini. Kualitas foto yang diberikan kamera jenis ini hampir setara dengan kamera DSLR level menengah (middle-end).

Apa kelebihan yang ditawarkan kamera jenis ini? Salah satu keunggulannya ialah lensa kamera yang bisa dilepas sesukanya layaknya kamera DSLR. Hal tersebut tentu akan sangat membantu anda dalam menunjang kebutuhan pemotretan anda.

Selain itu, kategori sensor kamera ini 4/3 dan kategori itu sudah hampir setara dengan kualitas sensor kamera DSLR. Dengan demikian, kualitas gambar  yang dihasilkan oleh kamera jenis ini sudah cukup mumpuni dan bagus dalam berbagai kondisim, baik di dalam ruangan maupun luar ruangan.

 4. Kamera Aksi (Action Camera)

Jika anda anak muda, pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis kamera digital ini. Yuph, kamera ini memang sedang naik daun di kalangan kawula muda, banyak digandrungi oleh mereka akhir-akhir ini. Terlebih bagi anak muda yang suka berpetualang dan melakukan aktivitas di alam bebas, seperti traveling ke tempat wisata menarik.

Kamera aksi

Kamera jenis ini juga termasuk dalam kamera yang sering dipake para Youtubers untuk kegiatan video blog (vlog). Jika dilihat dari fungsi umumnya, kamera ini memang lebih banyak digunakan untuk  merekam video daripada mengambil foto.

Salah satu hal yang menarik dari kemera ini ialah bentuknya yang cukup kecil untuk ukuran kamera. Bahkan, jika dibandingkan dengan kamera saku, ukuran kamera  aksi ini ukurannya lebih kecil. Sehingga banyak pengguna kamera ini, yang   memasangnya di berbagai tempat seperti di spion motor, di atas helm dan tempat-tempat yang lain.

Meskipun demikian, meskipun ukurannya yang kecil, kualitas gambar kamera yang dihasilkan oleh jenis kamera digital ini tidak kalah dari kamera saku. Bahkan kualitasnya lebih bagus dibandingkan dengan kamera saku.

Kamera aksi ini bisa menghasilkan kualitas video yang cukup mumpuni dengan kualitas video 1080p di kecepatan 30 frame per second (fps). Pada kecepatan 60 fps, bisa menghasilkan kualitas video 720 p.  ukuran tersebut menunjukkan bahwa kualitas video yang dihasilkan oleh kamera aksi ini sudah sangat mumpuni bahkan bisa disetarakan dengan level High Definition (HD) yang cukup tajam.

Selain itu, kamera ini juga dibekali dengan fitur-fitur yang mumpuni dan menarik. Salah satu fitur unggul yang bisa anda temukan pada kamera ini ialah fitur Image Stabilization. Yang mana fitur  ini memungkinkan kamera tetap menghasilkan kualitas video atau gambar yang stabil hampir tanpa goncangan meskipun anda memasangnya di atas motor atau helm ketika sedang melaju dijalanan.

5. Kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex)

Jenis kamera digital lainnya ialah kamera Digital Single Lens Reflex.  Jenis kamera inilah yang paling mumpuni jika dibandingkan dengan kamera-kamera digital jenis lainnya untuk saat ini. Kamera jenis ini juga yang paling banyak digunakan oleh para fotografer professional dalam mengabadikan setiap objek gambar dalam momen tertentu.

Kamera DSLR

Kamera DSLR ini merupakan pengembangan dari kamera jenis analog yang sudah disempurnakan dengan fitur-fitur dan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan pemotretan sekarang ini. Dengan kata lain, jika anda menginginkan fitur-fitur fotografi yang mumpuni, maka anda bisa memilih kamera ini sebagai senjata pemotretan anda.

Jenis kamera digital ini juga mempunyai beberapa kategori, yakni entry level, semi-pro dan pro. Level yang paling rendah ialah kamera DSLR entry-level yang sudah mempunyai fitur canggih yang lengkap dan mumpuni. Namun demikian, semakin tinggi kategori kamera tersebut maka spesifikasi dan fitur yang ditawarkan juga semakin bagus.

Akan tetapi harga yang dipatok tentunya juga akan lebih mahal. Oleh karena itu, jika anda fotografer pemula atau anda baru mau belajar fotografi, maka anda sebaiknya menggunakan kamera jenis ini yang kategori rendah dulu terlebih dahulu. Hal itu dilakukan untuk membiasakan anda dalam mengenali fitur-fitur serta mempelajari teknik fotografi dengan menggunakan kamera ini.

Selain itu, kamera DSLR juga menawarkan jenis lensa yang lebih banyak, apalagi jika dibandingkan dengan jenis-jenis kamera yang lain. Jenis lensa kamera ini cukup lengkap dari lensa yang mempunyai sudut lebar, seperti fish eye hingga jenis lensa zoom yang lebih dari 500 mm. awalnya jenis kamera ini hanya digunakan untuk memotret objek foto saja.

Akan tetapi, kamera ini juga sudah digunakan untuk merekam video  dengan kualitas gambar yang sudah HD (high definition). Oleh karena hal tersebut, banyak para vloger menggunakan kamera jenis ini untuk melakukan aktivitas video bloging mereka. Kamera ini juga banyak digunakan oleh para fotografer professional untuk kebutuhan komersil, seperti pemotretan model, produk dan yang lain.

6. Kamera DSLT ( Digital Single Lens Transculent)

Jenis kamera digital selanjutnya yang bisa anda ketahui ialah kamera DSLT ( Digital Single Lens Transculent).

Jika dilihat sekilas, kamera DSLT ini mempunyai kesamaan dengan kamera DSLR.

Kamera DSLT

Jika dilihat dari bentuk dan juga ukurannya, memang kamera jenis ini hampir sama dengan kamera DSLR.

Akan tetapi hal yang membedakan kamera jenis ini dengan DSLR ialah yakni adanya cermin transculent tetap atau juga disebut cermin semi transparan, atau cermin transmitif.

Cara kerja dari cermin ini sebagian kecil cahaya dipantulkan ke sensor auto-focus sedangkan bagian cahaya yang lain melewati lensa transculent.

Dengan lensa tersebut, kamera ini bisa merekam 7 hingga 10 frame gambar tiap detiknya ( 10 fps).

7. Kamera Video

Selain kamera DSLR, jenis kamera digital lainnya ialah Kamera Video. Seperti halnya dengan kamera DSLR, kamera video tipe digital ini juga merupakan salah satu jenis kamera yang mengalami perkembangan dari tipe analog.

Kamera Vidio

Jika selama ini ketika anda ingin merekam video dengan menyimpannya ke CD atau kaset, maka generasi terbaru dari kamera video ini memungkinkan anda untuk mengabadikan video dan menyimpan hasil video tersebut ke kartu memori dengan kapasitas penyimpanan yang cukup besar juga. Jika anda ingin mengambil video, anda bisa menggunakan kamera jenis ini.

Akan tetapi, kamera ini hanya digunakan untuk kebutuhan pengambilan video saja. Tidak seperti kamera DSLR yang bisa digunakan untuk mengambil gambar dan video, kamera video ini hanya bisa digunakan untuk menhasilkan video dan bayangan bergerak lainnya. Jenis kamera ini banyak digunakan oleh para  contributor berita televise untuk memberikan video liputan.

Hasil dari kamera bisa langsung di edit dan hasil editannya juga langsung di kirim ke kantor berita melalui jaringan internet. Dengan demikian, kamera ini akan mempermudah para jurnalis dan contributor berita untuk memudahkan kerja mereka.  Hal tersebut sangat beralasan mengingat bentuk kamera ini yang cukup mudah untuk digunakan dan bisa menghasilkan kualitas video yang mendekati dengan HD (high definition).  Untuk kebutuhan video bloging, kamera ini juga sangat direkomendasikan karena kualitas dan fleksibilitasnya.

8. Kamera Medium Format

Jenis  kamera digital selanjutnya yang banyak digunakan oleh para kebanyak fotografer ialah Kamera Medium format. Bagi anda yang awam dengan dunia fotografi, mungkin belum mengetahui ,  bahkan belum pernah mendengar kamera digital ini. Namun, bagi anda yang suka akan fotografi pasti sudah tidak asing dengan kamera jenis ini.

Kamera Medium Format

Kamera medium format ini mempunyai banyak keunggulan dan salah satunya ialah ketajamannya dan detail dari hasil objek yang difoto. Kamera jenis ini memang biasanya hanya digunakan untuk kepentingan komersial saja. Hal tersebut di sebabakan karena kamera ini sanggup menghasilkan foto atau gambar dengan ketajaman yang sangat detail.

Banyak kelebihan yang dimiliki oleh kamera medium format ini juga menyebabkan tidak semua fotogarfer bisa mengoperasikan kamera ini. Ada beberapa pengaturan dan fitur yang hanya bisa dimaksimalkan oleh fotografer tertentu saja.

Selain itu, dibalik banyak keunggulan yang ditawarkan oleh jenis kamera digital ini, harga yang dipatok untuk kamera ini cukup mahal, bahkan sangat mahal dibandingkan dengan jenis kamera lainnya.  Harga yang dipatok kamera medium format ini setara dengan harga kamera DSLR pro tipe body only. Wow luar biasa bukan?

Jika anda seorang fotografer professional, maka tidak ada salahnya anda menginvestasikan uang anda untuk membeli kamera medium format ini. Tentu hal tersebut bisa anda lakukan jika memang dengan dengan membeli kamera jenis tersebut bisa menghasilkan uang kembali.

 9. Boutique Kamera

Jika dilihat dari bentuknya, jenis kamera digital ini sekilas mirip dengan kamera saku.   Ukuran Boutique kamera ini memang tidak lebih besar dibandingkan dengan kamera saku. Namun demikian, jika dilihat lebih jauh dan mendalam, kamera ini mempunyai fitur dan juga spesifikasi yang berkualitas dan mumpuni.

Boutique Kamera

Maka dari itu, kamera ini tidak salah jika diembel-embeli dengan kata butik di depannya. Meski ukurannya tergolong kecil dan ringkas,kamera ini mempunyai kualitas yang tidak kalah dengan kamera DSLR. Hal tersebut terletak pada sensor kamera yang  dimiliki oleh kamera ini. Kamera ini dibekali dengan sensor full-frame yang setara, bahkan lebih baik jida dibandingkan dengan sensor kamera DSLR.

Namun demikian, harga yang dipatok untuk kamera ini juga terbilang cukup mahal, bahkan terbilang sangat mahal. Sebagai contoh, kamera butik dengan merk Leica M9 yang sudah second saja harga jualnya bisa mencapi 35 juta rupiah. Sementara  itu, untuk tipe lainnya dengan merk Leica M Monochrom harga jualnya bisa mencapai lebih dari 70 juta rupiah.  Gimana, anda tertarik membelinya?

10. Kamera Smartphone

Jenis kamera digital terakhir, namun bukan yang paling akhir ialah kamera smartphone. Diantaranya jenis-jenis kamera di atas, ada satu kamera yang banyak digunakan oleh banyak orang yakni kamera yang ada pada smartphone. Lima tahun belakangan, hampir semua pabrikan smartphone sudah membekali semua produksi smartphonenya dengan kualitas kamera yang sudah mumpuni. Untuk kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera ini juga cukup bagus dan tajam.

kamera smartphone

Belakangan ini, produsen smartphone tersebut juga semakin lebih gencar dalam merilis generasi ponsel yang dibekali dengan kualitas kamera yang lebih baik, hampir semua di atas 13 mp. Jika anda suka melakukan swafoto, maka kamera smartphone ini bisa menjadi pilihan yang paling ideal.

Ukuran yang ramping dan berat yang ringan, tentu akan memudahkan anda dalam melakukan swafoto dengan teman-teman anda. Bahkan kamera ini juga sudah dibekali dengan tongkat, untuk memudahkan mengambil gambar. Mengantisipasi jika jaraknya tidak terjangkau oleh tangan.

Selain itu, sekarang ini kebanyakan orang juga lebih suka memotret dengan menggunakan kamera smartphone. Selain karena praktis, memotret dengan menggunakan kamera digital ini juga sangat mudah. Hampir semua pengaturan dalam kamera ponsel tersebut bisa di-setting otomatis.  Anda hanya tinggal membidik objek foto dan langsung saja memngambil gambarnya.

Kamera jenis ini juga mungkin termasuk dalam kamera yang banyak digunakan oleh berbagai orang dari berbagai latar belakang fotografi, baik itu pemula hingga fotografi professional. Terlebih  perilaku manusia milenial yang mana suka mengabadikan objek foto dalam berbagai kesempatan dan kemudian bisa langsung di upload ke social  media mereka. Adanya jejaring social media seperti facebook, Instagram, dan Youtube  juga mempengaruhi banyak pecinta fotografi yang menggunakan kamera ponsel untuk mengabadikan tiap momen mereka.

Penutup

Itulah beberapa jenis kamera digital yang bisa anda ketahui.  Sebenarnya masih ada beberapa jenis lainnya yang bisa anda ketahui. Namun demikian, 10 jenis tersebut merupakan jenis kamera yang banyak digunakan oleh para fotografer di Indonesia baik yang masih pemula atau yang sudah profesional.

Jenis kamera mana yang akan anda pilih, tentunya hal tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan anda. Jika memang anda seorang fotografer pemula, maka sebaiknya anda juga memilih kamera digital yang mempunyai fitur-fitur yang masih simpal terlebih dulu. Hal tersebut dikarenakan supaya anda lebih mudah dalam mengoperasikannya.

Namundemikian, jika anda termasuk dalam fotografer yang sudah pro, maka anda tentunya bisa membeli jenis kamera di  atas sesuai dengan kebutuhan anda. Misalkan saja jika senjata utama anda ialah kamera DSLR, maka anda bisa mempunyai kamera cadangan seperti kamera prosumer yang mempunyai ukuran yang lebih fleksibel dan cukup ringan, namun mempunyai kualitas gambar yang hampir setara dengan kamera DSLR.

Hal yang harus di garis bawahi ialah anda harus membeli kamera digital yang sesuai dengan kebutuhan anda dan juga sesuai dengan  budget yang anda miliki. Jika memang anda membeli kamera untuk keperluan komersial, tentu tidak mengapa jika anda membeli jenis kamera digital dengan harga mahal.